Konsultasi Penyakit Hewan Online


Selamat datang di Konsultasi Penyakit Hewan Online, Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang penyakit hewan anda di sini. Untuk itu kami berharap agar Anda mengisi form isian dibawah dengan benar, lalu klik submit.
Konsultasi ini bersifat gratis, artinya tidak dipungut biaya apapun dan kami tidak mengambil keuntungan apapun dari konsultasi penyakit hewan ini.
Jawaban yang akan kami kirim ke E-Mail Anda berupa Diagnosa, Analisa Penyakit, Solusi dan Saran Pengobatan. Sehingga jika alamat e-mail anda tidak benar (salah ketik, kurang hurup, email tidak terdaftar dsb) maka jawaban tidak terkirim (failure notice), maka pastikan alamat email anda di ketik dengan benar.

Syarat dan Ketentuan :
  • Ketepatan diagnosa kami tidak 100 % benar, karena kami tidak memeriksa sendiri kondisi fisik hewan dan gejala kliniknya, serta tidak ada hasil uji laboratorium baik itu uji feses/tinja maupun uji darah, sehingga tingkat ketepatan diagnosa dibawah 100 %. 
  • Diagnosa yang kami berikan berdasarkan pendekatan gejala klinik yang terjadi pada hewan anda sesuai informasi yang Anda berikan kepada kami. Sehingga jika anda memberikan informasi yang salah maka diagnosa-nya-pun akan salah juga dan menyebabkan obatnya juga akan salah.
  • Diagnosa yang kami berikan bukan untuk di adu dengan diagnosa dokter hewan lain. 
  • Diagnosa dan Saran Pengobatan ini bersifat GRATIS, maka tidak ada kewajiban dari kami untuk langsung menjawab pertanyaan Anda. Mungkin bisa 1 atau beberapa hari kemudian jawaban kami kirim ke Anda, tergantung dari kesibukan kami di dunia nyata (mohon maaf dan harap maklum)
  • Saran pengobatan yang kami berikan tidaklah mengikat artinya boleh dilakukan, boleh juga tidak dilakukan. 
  • Kesalahan pemberian obat baik cara, aplikasi, jenis obat sehingga menyebabkan hewan mengalami cidera, luka atau bahkan bisa meninggal baik karena penyakit itu sendiri atau karena obat, bukan menjadi tanggungjawab kami. Semua itu menjadi tanggungjawab Anda sendiri. Jika anda setuju silahkan isi form dibawah, namun jika Anda tidak setuju harap jangan isi form di tersebut. 
  • Dengan mengisi form dibawah berarti anda telah menyetujui syarat dan ketentuan dari konsultasi penyakit hewan online.
Catatan Penting
Diagnosa dan Pengobatan akan lebih tepat jika Hewan Anda langsung diperiksa oleh Dokter Hewan di Klinik Hewan atau di tempat praktek yang mempunyai peralatan medis yang lengkap beserta hasil uji lab.





127 komentar:

  1. Maaf dok, saya mau tanya .
    Tadi siang kucing saya muntah, warna nya orange tidak berbusa, dan ada campuran sisa makanan nya .
    Kalo untuk makan, dia biasa nya pagi makan, siang di kasih makan pun dia makan !!
    Tadi pagi sih udh di kasih makan sama ibu saya, tp saya gag tau porsi nya banyak/tidak .
    Tp tadi sebelum muntah sekitar jam 11, saya kasih makan dia gag makan, dan setelah muntah hanya makan 1 butir lalu dia gag mau lagi .
    Kenapa ya dok ?'

    ReplyDelete
  2. Pro: @Sdri ella moncella,
    Jawaban sudah kami kirim ke alamat email anda. Jika masih kurang jelas silahkan hubungi kami via email.
    Terimakasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok mohon bantuan nya, saya ada anak kucing yg ditinggal induk nya, umur nya kira2 2bln, sudah hampir 1mimggu nggak mau makan, keadaan nya lesu sering tidur, pernah saya liat BAB nya berair dan berdarah, gusinya pucat, sekarang saya kasih susu SGM LLM, dan saya oleskan minyak kayuputih....
      Apa solusi nya dok???
      Sebelumnya saudaranya mati gara2 seperti ini juga dok




      Delete
  3. Dok mohon bantuan nya, saya ada anak kucing kira2 berumur 1bln
    Dia nggak mau mkn n' minum, pernah saya liat BAB nya berair dan berdarah, kondisi nya sekarang kurus dan sering tidur, sekarang saya kasih susu SGM LLM dngn cara paksa...
    Apa solusi dan obat nya dok????
    Saudara nya mati juga karna begini....
    Saya takut klo sampai sampai matu, anak kucing ini ditinggal induk nya...
    Terimakasih sebelum nya dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu infeksi saluran cerna, solusinya adalah pemberian antibiotik jenis furazolidone, ampicilline, sulfadiazine atau antibiotik yang lain yang efektif di saluran pencernaan kucing (pilih salah satu ya).
      Untuk pemberian susu tetap dilanjutkan, sehingga asupan nutrisinya tetap ada... atau jika kondisinya parah bisa mengunakan infuse dektrosa dan infuse lactat ringer, ini untuk mengganti glukosa darah sebagai sumber energi dan mengganti cairan tubuh.

      Delete
  4. dok, anak kucing saya baru beberapa hari lahir, tapi dia lahir dalam keadaan matanya terbuka. hingga hari keharimatanya terus terbuka. tidak seperti bayi kucing pada umumnya yang lahir dalam keadaan mata tertutup. beberapa hari ini matanya seperti menjadi 'borok' karena terus dijilati oleh si ibu kucing. matanya seperti rusak. dan saya tidak bisa melakukan apa apa.
    saya pikir dengan dijilati ibunya mata kucing itu bisa smbuh. namun saya lihat tadi pagi malah seperti luka basah yang menganga sedikit berdarah. saya sedih melihatnya.
    apa yang bisa saya perbuat selain ke dokter hewan. karena di daerah saya tidak ada dokter hewan. mohon bantuanya.. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi mata kucing anda mengalami infeksi, jika dibiarkan lama kelamaan akan menimbulkan nanah dan bisa menyebabkan kebutaan. Induk kucing yang menjilati mata anaknya sudah menjadi hal yg umum terjadi dan merupakan alamiahnya seperti itu, namun akan menjadi masalah jika mata anaknya sudah terbuka. Mulut adalah tempat mengunyah makanan, didalam mulut biasanya ada sisa makanan yg merupakan sumber bakteri, kemudian bakteri itu di transfer ke mata anaknya dengan melalui air liur dengan cara menjilat mata anaknya, kemudian apa yang terjadi... bisa anda bayangkan kan..? itu yang terjadi pada anak kucing anda.
      Seharusnya ada beberapa uji darah yang harus dilakukan jika di bawa ke dokter hewan, namun karena di tempat saudari jauh dari tempat dokter hewan, maka itu mungkin sulit untuk anda lakukan. Ya sudah kalau begitu akan saya coba bantu sebisa mungkin.
      Lakukan berberapa langkah cara mengobatinya, yaiut:
      1. Untuk sementara pisahkan dahulu dengan induknya, ini pekerjaan sulit, karena si anak pasti akan mengeong terus. Tapi jika anda sulit untuk memisahkan, biarkan saja seperti itu.
      2. Anda harus sering membersihkan mata anak kucing tersebut dengan boorwater,
      3. Setelah pemberian boorwater, oleskan obat salep mata, gunakan jenis tetrasiklin. 3 x 1 hari.

      Demikian semoga ini dapat membantu,

      Delete
  5. Kucing saya udah 4-5 hari gak mau makan sama sekali, badannya lemes bgt cuma tidur doang, minum cuma sesekali aja. suara meongnya berubah. suka batuk seperti mau mengeluarkan sesuatu dari tenggorokan tp kesulitan kadang akhirnya malah muntah busa berwarna putih. badannya sempat panas tp skrg sudah turun namum msh tetap blm mau makan. matanya berair dan sayu sekali. umurnya 11 bulan. harus bagaimana ya saya? gak tega banget liatnya, mohon bantuannya :'( terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban sudah kami kirim via e mail, mohon dilihat emailnya ya..

      Delete
  6. terimakasih dok, sudah menanggapi pertanyaan-pertanyaan saya. Alhamdulillah kucing saya sudah sembuh walaupun yang sau ga tertolong. sekali lagi makasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang bisa membantu sesama, dan saya turut berduka terhadap kucing yg satunya.
      Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  7. Permisi dokter saya mau tanya, anjing saya 2 ekor usia 5 bulan. saat ini sedang sakit badannya kejang2, gemetar dan tidak kuat berjalan, batuk pilek lendirt erus nangis teriak2 mengeluh kesakitan sepertinya hampir lumpuh dan matanya ada kotornya, tidak nafsu makan. saya beri tetracyline 500 mg 1x sehari dan imbost force dan obat batuk baru2 ini tambah vitamin b komplek. di daerah saya tidak ada dokyer hewan atau tmpt pengobatan hewan. apa pengobatan yang diberikan sudah tepat atau ada pengobatan lain? menurut informasi yg sy browse gejala mirip DISTEMPER. Mohon petunjuknya. Jawabnya bisa langsung diemail. terima kasih.

    ReplyDelete
  8. dok,kucing saya kemarin sepertinya keguguran.pagi-pagi sudah mengeluarkan cairan bening disertai darah,terus menerus sampai siang dan dia tidak mau makan dan minum.menjelang sore tatapannya mulai tidak bergairah dan kerjanya tidur terus.saat subuh dia pup (warnanya kehitaman dan lebih terlihat seperti lumpur daripada kotoran kucing).setelah itu dia msih blm mau minum atau makan,lalu masih dengan badan lemas dia kabur.

    Adakah harapan dia sembuh?
    dari dulu dia tidak begitu banyak makan,lalu beberapa bulan yang lalu sempat ada benjolan di salah satu payudaranya.Sekitar awal Desember lalu dia baru melahirkan anak pertamanya dan hanya satu anak yang dilahirkannya.

    ReplyDelete
  9. Pemisi dok...

    saya mau tanya dok.
    ini kucing saya sakit..., badanya agak panas dari kmrn...
    dan kucingnya itu kaki kananya agak pincang...dan skrng nafsu maknya sangat berkurang... dan makanya hanya sdkit.
    dan ktka sya priksa tanganya gk ada luka luar...
    namun kayanya kucingnya agak menahan rasa sakit bila berjalan...

    saya mo tanya dok...
    kira2... kucing saya itu knpa ya ?
    dan klw perlu obat apakah yng perlu di berikan dok..?

    smntra ini sya kasih oabt amoxcilin sktr 60mg ...
    apakah sdh tpt dok ??
    kucing saya ini berumur -/+ 5 bulan.

    mohon pencerahan dok....
    saya tkut kucingnya knpa2..:(

    email saya:mimpi_5@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  10. Dok mau tanya dong. Saya baru ambil kucing tetangga umurnya 2 bulan. Karena sebenernya gak diurus, cuma disimpen di kardus di halaman jadi tergolong kucing liar kali ya...
    1. Dia kadang-kadang suka bersin. Kenapa ya? D:
    2. Dari kemaren malem mata kanannya tiba-tiba bengkak dan banyak belekannya. Kenapa ya? D: Sementara ini saya bersihin belekannya pake tisu/kapan dicelup air hangat, terus dikompres air hangat, dan dikompres air rebusan sirih...
    4. Makan lancar, dia juga lincah suka main.. Biasa aja.
    3. Sakitnya apa ya, pengobatannya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umur kucing yang 2 bulan memang rentan terhadap penyakit, apalagi sejarahnya tidak pernah menyusui induknya, sehingga maternal antibodi dari induk kurang sempurna diturunkan ke anaknya. Ada beberapa penyebab bersin pada kucing, seperti infeksi rhinotracheitis, bordetella bronchoseptica, alergi serbuk sari, herves virus dsbnya. Itu semua juga mempengaruhi mata kucing menjadi berair, bengkak ataupun belekan.
      Hal paling utama adalah bagaimana mengetahui penyebab pasti dari bersin tersebut, dan untuk mengetahui penyebab pastinya maka harus dilakukan pemeriksaan fisik yang didukung dengan pemeriksaan darah kucing. Sehingga pengobatan pada kucing anda tidak meraba-raba.
      Namun untuk penanganan awal adalah bagaimana menciptakan atau membuat daya tahan tubuh kucing menjadi kuat.
      Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk membuat daya tahan meningkat.
      1. Berilah obat cacing secara berkala 2-3 bulan sekali.
      2. Berilah nutrisi dengan protein yang tinggi. Jangan memberikan kucing dengan protein dibawah 26 %, harus diatas itu, apalagi kucing anda berumur 2 bulan maka protein makanannya harus tinggi.
      3. Berilah multivitamin pada kucing anda setiap hari minimal 1 kali sehari.
      4. Berilah madu setiap hari, untuk menambah energi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

      Sedangkan untuk belekan pada mata kucing anda, bisa mengunakan obat genoint yang mengandung antibiotik gentamicin.
      Mungkin itu yang bisa kami jelaskan, semoga dapat membantu, dan diucapkan terimakasih.

      Delete
  11. Dok, sy mau tanya. Anjing sy umurnya 7 tahun, mini pinscher. udah 1 hari lemas2, badannya panas, dan sepertinya dia merasa kedinginan kyk demam, krn sesekali gemetaran. Mata sebelah kirinya juga berair, ada beleknya. Udah sy obatin pake obat tetes, tp ga ada perubahan. Kira2 sakit apa ya dok? Trus kira2 obatnya apa ya dok?
    Sy takut anjing sy kenapa2 :(
    Makasih sebelumnya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuknya bibit penyakit (bisa bakteri ataupun virus)ke dalam tubuh anjing akan menimbulkan demam pada penderita. Ciri-ciri demam pada anjing adalah tubuh menggigil, mata berair, nafsu makan menurun, anjing sering minum dan sering merasa haus, serta suhu tubuhnya tinggi.
      Untuk mengetahui penyebab pastinya demam pada anjing tersebut, apakah oleh virus atau bakteri, tidak bisa hanya mengandalkan gejala klinik, kecuali pada penyakit anjing yang khas, seperti parvovirus ataupun distemper yang mempunyai gejala yang pathognomonis. Dibutuhkan uji lanjutan oleh dokter hewan.
      Untuk pengobatan tergantung dari causa atau penyebab demam anjing tsb, namun jika gejala menunjukkan non-spesifik, maka terapi yang digunakan untuk mengatasi dan mengobatinya adalah terapi empiris dengan mengunakan antibiotik broad spectrum / spektrum luas, bisa per oral ataupun via muskular/otot. Contohnya adalah amoxillin, penstrep, oxytetracyklin, enrofloxacine dsbnya. Kemudian pengunaan multivitamin sangat dianjurkan, untuk kasus seperti itu bisa mengunakan biosalamin untuk meningkatkan stamina anjing dan penambah energi.
      Mungkin itu yang bisa kami jelaskan semoga dapat membantu. Trims.

      Delete
    2. Kalau sy kasi amoxilin, kira2 dosisnya berapa ya dok?
      Krn anjing sy kecil beratnya sekitar 3-4 kg, sy takut salah kasi dosis.
      Makasi sebelumnya.

      Delete
    3. Amoxicillin 125 mg, berikan 1,5-2 cc x 2 kali sehari, namun perlu diperhartikan jika ada efek hipersensitivitas amoxicillin tersebut, obat harus dihentikan.

      Delete
    4. Makasih ya dok, anjing saya udah sehat lagi :)

      God bless

      Delete
    5. Sama-sama, senang bisa membantu anda.
      Jarang-jarang lho yg mengucapkan terimakasih, dan ternyata masih ada yang menjunjung nilai-nilai budaya Indonesia seperti anda dengan ucapan tersebut, untuk itu saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas komentar dan kunjungannya di www.penyakithewan.com
      eh, bukan berarti saya gila ucapan itu ya.... ada yg mengucapkan atau tidak, selama saya bisa membantu tetap akan saya bantu. Karena sebaik-baiknya orang adalah, orang yang bisa berguna bagi orang lain tanpa pamrih apapun. Ya gak....

      Delete
  12. dok saya mau tanya..kelinci saya ad timbul bengkak disekitar pipinya dan sekarang semakin besar, kira - kira bagaimana cara mengobatinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bengkak itu bisa disebabkan karena radang, tumor atau cancer. Untuk radang, Biasanya bengkak tersebut diikuti oleh adanya pembengkakan didaerah kelenjar pertahanan lokal (lgl. retroparingeal atau di lgl.mandibularis yang terletak di belakang telinga dan dibawah tulang geraham berbentuk lonjong dan agak kenyal keras jika terjadi radang).
      Untuk pengobatan radang, anda bisa mengunakan obat hydrocortison, atau bisa juga mengunakan terapi dengan kompres air hangat. Pengunaan antibiotik untuk kasus ini sangat dianjurkan. Antibiotik yang disarankan adalah oksitetraciklin, ampicilin atau antibiotik lain berspektrum luas.
      Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi dokter hewan terdekat.
      Demikian, semoga dapat membantu.

      Delete
  13. Hehehehe
    Iya dok, tetap semangat membantu yg membutuhkan yaa ...
    Sukses selalu :)

    ReplyDelete
  14. permisi dok. kucing saya ada kerak warna coklat di depan kupingnya dan di sekitar leher. apakah itu termasuk scabies ? dan pengobatannya bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakit Scabies memang sering menyerang daerah telinga, penyebanya adalah sarcoptes scabei, merupakan parasit yang menyerang daerah kulit lapisan bawah. Ciri-cirinya adalah kulit terasa gatal sehingga kucing sering mengaruk atau mengesek-gesekan kulit ke benda lain, kulit kucing bersisik, berkerak, bulu kucing yang terserang scabies rontok dan bisa menularkan kepada kucing lain.
      Untuk pengobatan secara tradisional bisa menggunakan lengkuas,serbuk belerang, sedikit minyak goreng agar bahan-bahan tersebut melekat dikulit.
      Namun jika sudah terlalu parah dan tidak bisa disembuhkan dengan obat tsb diatas, maka kita bisa mengunakan ivermectine, untuk itu segeralah ke dokter hewan terdekat.
      Disamping hal tersebut diatas, hal lain yang harus kita lakukan adalah pembersihan lingkungan dari parasit tersebut terutama di kandang pada sela-sela dinding, ini dilakukan agar penyakit scabies tidak muncul kembali.

      Delete
  15. dok, kelinci saya br semalam mencret, paginya langsung saya kasih diapet, madu n antangin. siang hari fasesnya msh sdkt sekali mencret ditambah lendir, namun beberapa jam kemudian dia sudah bisa loncat dari kandang (karena dibuka di bagian atas kandang) tetapi masih saja tidak mau makan sampai skr. untuk fases sendiri blm keluar lagi. jika seperti yang saya ceritakan, apakah kelinci saya sudah sembuh atau belum? lalu bagaimana dengan nafsu makannya?

    mohon bantuannya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum sepenuhnya sembuh, sehingga itu masih berpengaruh pada nafsu makannya, jadi lanjutkan terus pengobatan herbalnya. Akan lebih bagus jika pengobatannya ditambah dengan temulawak, tempe busuk dan kunyit agar proses penyembuhannya cepat dan itu juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan.
      Demikian, semoga cepat sembuh ya..trims

      Delete
  16. dokter saya mau tanya, kmrn kucing saya keguguran dan keluar 1 janin. janinnya sudah segedhe anak tikus tp agak gedhe lagi sih. kmrn sempat keluar darah dari kelaminnya. saya harus gmn ya dok? kira-kira apakah masih ada janin lagi didalam perut kucing saya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar masih ada, untuk itu perlu pemeriksaan lebih mendalam oleh dokter hewan. Jika tidak keluar maka itu sangat membahayakan induknya, kasus yang biasa terjadi adalah terjadinya maserasi, mummifikasi, endometritis dan menyebabkan kemandulan pada kucing anda bahkan bisa menyebabkan induk kucing meninggal.
      Langkah yang dianjurkan adalah mengeluarkan embrio/fetus/anak kucing dalam kandungan secara paksa, biasanya mengunakan hormon perangsang seperti oksitosin atau prostaglandin / PGF2 alfa dan hormon lain yang mendukungnya sesuai dengan kondisi pada saat itu serta obat-obat lain pendukungnya. Contohnya jika cerviks tidak mau membuka maka pemberian hormon relaksin sangat dianjurkan termasuk pengunaan antibiotik yang sesuai.
      Atau bisa juga dilakukan operasi cesar atau istilahnya ovariohysterktomi (OH) untuk mengeluarkan bayi kucing tersebut dalam kandungan induk kucing, namun cara ini membutuhkan biaya yang mahal.
      Mungkin itu yang bisa kami jelaskan, semoga dapat bermanfaat.

      Delete
  17. Selamat sore Dok,

    Saya punya kucing persia umur 4 bulan dan kebetulan belum divaksin karena saya baru adopsi seminggu yg lalu. Kucing saya ini sekarang lg batuk2 dok tapi ga sampe muntah kayak keselek gitu dan klo tidur ngoroknya kenceng banget kayak. makannya masih rakus jg ampe skrg. Kira2 penyakit apa ya dok?apakaj ada obat yg bs saya berikan ke kucing tsb..terima kasih dok

    ReplyDelete
  18. Pro gobit
    Selamat sore juga,
    Kucing anda mengalami penyempitan bronchus pada saluran pernafasan, mungkin disebabkan perubahan cuaca, alergi, pengaruh asap atau zat lain yang menyebabkan ngorok pada kucing anda.
    Untuk pengobatannya sementara adalah gunakan bronchodilatator atau segeralah ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan.

    ReplyDelete
  19. Selamat sore dok
    Kucing saya habis keracunan bedak kutu, sudah kita kasih air kelapa dan sudah mau makan, namun sekarang tidak mau makan dan bab nya cair seperti air kecing....mohon solusinya dong..sebelumnya saya ucapkan Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam ...
      Sebelum kami menjawab mohon disebutkan kandungan zat aktif bedak kutunya apa...? Bedaknya tertelan atau terhirup...?

      Delete
  20. Dok,kucing saya 2 hari yg lalu muntah2. Tdinya dia masih mau makan,tp lama2 dia ga mau makan n ga mau minum.
    Gimana cara ngobatinnya ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diketahui dahulu penyebab muntahnya apa..? apakah karena parasit/ cacing, apakah karena gastroenteritis (radang usus dan lambung, apakah adanya obstruksi dikerongkongan, atau penyebab yang lain. Untuk itu cobalah anda periksakan ke dokter hewan anda.
      Namun biasanya atau hampir sebagian besar muntah pada kucing adalah karena gastroenteritis, sehingga pengobatannya adalah dengan menggunakan obat antiemesis, renitidin dan antibiotik per oral. Selain itu, karena kucing tidak mau makan maka pemberian suport terapi dengan multivitamin dan infus sangat dianjurkan (namun ini tergantung kondisi tubuh kucing itu sendiri).
      Mungkin itu yang dapat kami jelaskan semoga dapat membantu.

      Delete
  21. Dok, kucing sy lagi ngorok, kayakx susah nafas.. td sempat minum minyak ikan gitu... umurnya baru 3 bulan.. sekarang kelihatannya lg lemas.. tiduran melulu, padahal sebelumnya aktif.. cara ngobatinnya gmna dok..? apa ngoroknya akan hilang dengan sendirinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya pengobatan itu hanyalah membantu kekebalan tubuh untuk bersama-sama membunuh kuman penyakit, dan proses tersebut semuanya tergantung dari daya tahan tubuh. Bisa saja penyakit sembuh dengan sendirinya jika tubuh mempunyai daya tahan dan kekebalan yang tinggi, namun tidak sedikit hewan yang sakit tidak bisa sembuh dengan sendirinya dikarenakan daya tahan tubuh yang lemah atau kuatnya kuman yang masuk kedalam tubuh, sehingga disinilah peranan obat untuk membantu tubuh melawan penyakit tersebut.
      Mengenai ngorok pada kucing, penyebabnya adalah adanya penyempitan pada trackhea kucing, ini biasanya karena adanya infeksi bakteri ataupu adanya alergi terhadap sesuatu (bisa karena asap, debu ataupun serbuk sari). Untuk pengobatan pada kasus ini adalah pemberian obat yang bekerja didaerah pernafasan seperti tylosin, spiramicin, eritromicin atau gentamicin. Perlu juga penambahan bronkhodilatator dan anti alergi serta pemberian multivitamin.
      Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan fisik dan pemberian obat yang tepat.
      Mungkin itu yang bisa kami jelaskan semoga dapat membantu. Trims

      Delete
  22. sore dok..
    saya mau konsul nih, kucing saya sudah seminggu mengeluarkan cairan putih terus dari kelaminnya. sekarang jadi kurusan karna nafsu makannya berkurang. itu penyakit apa ya dok? obat untuk menyembuhkannya apa ya? ga tega kalau liat kucing saya mengeluarkan cairan terus menerus.
    bisa email ke saya shanti.apriliyanti@yahoo.com / shanty@tourbola.com

    thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mbak, kucingnya jantan atau betina..? Umur kucingnya berapa..?

      Delete
  23. dokter, anjing shih-tzu jantan saya berumur 2,5 tahun, dua hari mengalami lemas, tidak mau makan. Saya sudah bawa ke dokter untuk check up, katanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan, hanya perlu di ganti makanannya saja untuk variasi. Namun, setelahnya, ia masih lemas, dan hanya makan sedikit. anjing saya tidak mengalami muntah ataupun keanehan pada tinjanya, namun yang sedikit menganggu, saat anjing saya bernafas dalam tidurnya, tubuh anjing saya seperti menggigil. Saya banyak mendapat masukan dari teman saya bahwa mungkin saja, anjing saya ingin kawin, atau flu. Karena memang anjing saya sempat kehujanan. Mohon bantuannya dokter.. Terima kasih:( email: lauralintang@rocketmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi tubuh hewan termasuk anjing, hampir sama dengan manusia dalam hal ketahanan tubuh terhadap penyakit. Jika hal tersebut dibiarkan maka penyakit akan mudah masuk kedalam tubuh anjing. Hal yang perlu dilakukan adalah
      1. Berilah madu 1 sendok makan pada pagi, siang dan sore, ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh anjing dan menganti energi didalam tubuhnya.
      2. Berilah vitamin B-Komplek 2 kali sehari selama 3-5 hari untuk merangsang nafsu makan anjing.
      3. Berilah antibiotik, bisa mengunakan oksitetraciklin ataupun amoxicillin. Biasanya yang mudah dipasaran adalah amoxicillin, bisa anda beli di apotik terdekat. Berikan 3 kali sehari selama 5 hari berturut-turut, mengenai dosis tergantung berat anjing anda. Sebagai patokan 50 kg Berat Badan dosis amoxicillin 500 mg untuk satu kali minum.
      4. Berikan makanan yang berwalitas yg menjadi kesukaannya dengan nilai protein yang tinggi.
      5. Jika anjing anda belum pernah diberi obat cacing, maka berilah obat cacing sehari sekali selama dua hari berturut-turut.
      Mungkin itu yang bisa kami sampaikan semoga dapat membantu.

      Delete
  24. Pa dokter. obat mata buat kucing apaan..kucing nya gejala batuk piek n matamya bengkak bnyak kotoran..klo di artikel ktana radang paru..obatnya apaan..tau ga? MkasihKucing nya ga mau makan, ga mau minum susu...ibunya juga kasian ngeliatnya..dieemm aja kya yg stres kya yg bingung ngehadapin anak2nya pada sakit..ibunya juga jdi ikut ga nafsu makan..ada ga obat herbal atw obat yg murah..di internet obatnya mahal2..terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda bayangkan, jika anda terserang flu atau batuk pilek... apa yang terjadi??? mata akan terasa perih dan sakit bukan... Hal ini sama dengan kucing, flu merupakan salah satu tanda radang paru, namun bukan berarti jika flu kucing sakit radang paru (ingat "salah satu tanda" dan masih ada tanda yang lain, sehingga disinilah letak peranan dokter hewan untuk memeriksa dan menentukan diagnosa sampai memberikan obat).
      Pilek merupakan gejala adanya infeksi saluran nafas, mulai dari hidung, trakea sampai paru-paru dan penyebabnya juga macam-macam, bisa karena bakteri, bisa juga karena virus.
      Memang obat hewan itu mahal-mahal dan belum tentu juga anda tepat dalam mendiagnosa penyakit kucing anda, sehingga menurut hemat saya segeralah ke dokter hewan terdekat agar mendapat perawatan dan obat yang tepat.

      Delete
  25. Dok,saya punya brung hantu jenis celepuk, seminggu saya membeli si edu, dia sehat, baik2 saja, makan teratur, bahkan saya sempat melatih dia untuk terbang di pekarangan depan.
    namun 2hr ini kepala terus menunduk seperti kepala.x tertimpa sesuatu yg sngat berat, dia mulai tdak bertengger dan selalu berada d dasar sangkar, setelah itu dia menjadi sulit mkan kalau tidak samapi diamsukkan ke mulutnya, saya baca d forum pecinta owl dikatakan sebaikx saya memberi super-N dan kroto hdup sebagai ekstra makanan dsmping jangkrik, namun hingga sore tadi edu bhkan tergeletak seperti tak bertenaga dok, namun kaki.x seperti mencoba berdri, saya bingung harus bagaimana kah saya? karena tidak ada dokter hewan di kota saya dok :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang anda tidak menyebutkan ciri-ciri kotorannya (feses/berak), apakah hijau, putih seperti kapur atau mencret...? Namun akan saya jelaskan sebagai berikut.
      Ada beberapa kemungkinan penyebab penyakit burung hantu anda, yang pertama adalah penyakit bakterial seperti :
      1. Kolera unggas, penyakit ini memiliki ciri kepala tertunduk lesu, nafsu makan menurun, demam, berak berwarna hijau. Bisa diobati dengan antibiotik jenis oksitetraciklin, contoh merk dagangnya tetrachlor.
      2. Pullorum, penyakit ini juga menyebabkan kepala tertunduk lesu dan tidak bertenaga, memiliki berak encer atau mencret berwarna putih seperti kapur. Ini juga bisa diobati dengan antibiotik jenis tetrachlor tapi lebih efektif memakai penstrep.
      3. Collibacilosis, hampir sama dengan dua penyakit diatas, kepala tertunduk lesu, tidak bertenaga, berak diare dan sering diikuti dengan penyakit ngorok dan berkembang menjadi CRD (chronic repiratorik disease). Penyebabnya adalah sumber air yang tercemar oleh E. Coli. Pengobatannya juga bisa mengunakan tetrachlor.

      Saya tidak tahu kandungan obat super N itu apa, sehingga saya tidak bisa menyimpulkan apakah itu perlu dilanjutkan pengobatannya atau tidak.

      Kemudian kemungkinan yang kedua adalah penyebabnya virus, seperti ND/tetelo jenis pencernaan, Flu burung, marek disease. Untuk penyakit virus ini tidak ada obat yang efektif kecuali vaksinasi terhadap penyakit yang menyerang itu. Jika burung hantu anda terserang penyakit virus (seperti ND/tetelo jenis pencernaan, Flu burung) yang saya sebutkan tadi diatas maka kemungkinan sembuh sangat kecil, namun itu semua kehendak Yang Diatas, namun jangan berkecil hati kita harus tetap berusaha dan berdoa.

      Untuk meningkatkan tenaga dan energi burung hantu anda bisa menggunakan obat yang mengandung ATP biasanya yang sering beredar dipasaran adalah merk biosalamin. Secara praktek obat tersebut memang di suntikan didalam daging, namun berdasarkan pengalaman obat itu bisa diminumkan.

      Mungkin itu yang bisa saya jelaskan semoga dapat membantu dan bermanfaat. trims

      Delete
  26. Dok, saya punya anjing mini pom umurnya 4bulan,,, saya mau nanyk dok di bagian perut anjing sya ada benjolan kecil,,, n sering di jilat2 penyebabnya apa ya dok,,,,.???apa bisa ilang..... n di teliganya ada seperti ketombe warna coklat tpi bukan ketombe dan sering garuk2 ..... apa bisa hilang......???? Kasik solusinya ya dok. Makasi

    ReplyDelete
    Replies

    1. Sudah pernah di grooming apa belum...? di grooming dulu aja, namun jika tidak hilang maka perlu pengobatan dengan intermectine. Benjolan tersebut dijilat terus karena adanya rasa gatal termasuk juga di bagian telinga.
      Benjolan itu bisa saja disebabkan oleh adanya parasit, jika diluar tubuh pengobatan bisa dimandikan secara teratur atau di grooming, namun jika didalam tubuh maka pengobatannya dengan mengunakan intermectine dengan dosis 0,01 ml per Kg Berat Badan via injeksi.
      Mudah-2an ini bisa membantu, terimakasih

      Delete
  27. Selamat pagi dok saya nemu kukang dan saat saya lihat kukang tersebut bulunya pada rontok akhirnya saya rawat cuma saya tidak tau cara mengatasi bulu rontok tersebut dan kukangnya juga sering garuk-garuk. kira-kira kukangnya kenapa ya dok?? dan untuk mengobatinya bagaimana? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus seperti itu lebih banyak terjadi karena tungau, bisa mengunakan intermectin dengan dosis 0,01 ml per kg Berat Badan.

      Delete
  28. dok,kucing saya umur 6bln,pgi msih mau makan,hbis itu tidur trus,dan ga mw makan,seperti mw muntah tpi ga keluar"..3hr yg lalu dia jilatin adiknya yg cacingan,tp sudah di kasih combantrin smua. Kira" knp ya dok? Dan mhon solusinya..trimakasih

    ReplyDelete
  29. malam dok, saya mau tanya, anjing saya kena gunting cukur, trus kulitnya sobek,apakah lukanya bakal parah atau cuma jdi koreng aj nntinya ? terima kasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luka tidak akan parah jika tidak ada infeksi bakteri... biasanya bakteri akan membuat terjadinya nanah di daerah luka tersebut, namun anda bisa mencegah dengan cara mencegah infeksi sekunder dengan pembersihan daerah luka dengan antiseptik seperti rivanol, alkohol 70 % dan yodium tinktur, anda juga bisa mengunakan antibiotik jenis sulfa seperti sulfanilamid (obat yang biasa digunakan untuk manusia jika terjadi luka). Namun Jika lukanya lebar maka perlu adanya penjahitan di kulit tersebut.
      Semoga ini dapat membantu, terimakasih.

      Delete
  30. Sore dok

    saya ada kucing, sudah dua hari badannya lemas, seolah ga bertenaga, tapi masih lancar jalan sih, hanya lambat saja, biasanya aktif tapi sudah dua hari ga aktif itu si empus, fisik normal dan tidak kurus, tp memang sedikit kurus, wajahnya seakan pucat, hidung yang biasanya berwarna pink seolah terlihat pucat, mohon bimbingannya dok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa kemungkinan penyebab penyakit saudara, yaitu bisa karena kekurangan zat besi ( Fe ) dalam tubuh sehingga menyebabkan anemia, bisa juga karena kekurangan vitamin B-Komplek, atau bisa juga karena adanya infeksi ( bisa akibat bakteri/virus/parasit, untuk parasit contohnya adanya infeksi cacing pada kucing anda). Untuk mengatasi masalah tersebut maka gunakan obat hematopan + biosalamin + antibiotik, serta pemberian obat cacing.
      demikian semoga dapat membantu. trims

      Delete
  31. Pagi dok, saya ada kucing kampung jantan 1 tahun 8 bulan, dari kemarin dia tidak mau makan, biasanya kalau dikasih kuning telur+ madu dia masih mau, kalau ini tidak mau sama sekali. Sekarang dia cuma jalan sedikit dan langsung tidur. Suhu badannya agak panas, Flu tidak ada, tidak diare ataupun muntah, saya pegang perutnya juga tidak kembung ataupun nyeri saat ditekan. Kira2 kucing saya kenapa ya dok? Untuk pertolongan pertama harus dikasi apa dulu? Trimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada infeksi bakteri didalam tubuh kucing anda. Untuk masalah seperti itu bisa anda gunakan obat amoxicillin syrup 125 mg dengan dosis 0,5 ml via oral sehari 3 x selama 3-5 hari. dapat dikombinasikan dengan multivitamin syirup dengan dosis 0,5 ml.
      Semoga ini dapat membantu...

      Delete
  32. sore dok, sejak seminggu yang lalu ada benjolan di telinga kelinci saya. Semakin lama semakin membesar hingga menutupi rongga telinga kelinci saya. telinga yang ada benjolannya itu jd tidak bisa ditegakkan lagi. Namun, nafsu makan kelinci saya masih normal. Kira-kira itu apa ya dok? apakah itu abses? bagaimana pengobatannya? apa ada pegobatan secara non-surgical? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benjolan tersebut didalam lubang telinga atau diluar..? jika didalam telinga maka itu menunjukkan adanya peradangan pada saluran telinga, anda bisa menggunakan obat tetes telinga seperti erlamicetin, Otozambon, Otopain, Cendofenikol atau yg lainnya.
      Namun jika benjolan itu di luar telinga kelinci, maka ada dua kemungkinan yaitu bisa jadi tumor atau bisa juga abses. Perbedaannya biasanya tumor itu berjalan agak lambat dan berlangsung lama, bisa mencapai bulanan. Sedangkan untuk abses bisa berjalan harian atau mingguan dan relatif cepat terjadinya bengkak, dan biasanya materi abses adalah nanah dan jika dipegang seperti balon yg berisi air.
      Untuk mengatasi abses pada telinga kelinci,yg harus dilakukan adalah mengeluarkan materi nanah atau cairan yg ada di dalam benjolan tersebut. Bisa mengunakan spuit 3 ml, 5 ml atau 10 ml. Jika anda sudah berhasi mengeluarkan nanah diabses dengan cara disedot dengan spuit tersebut maka langkah selanjutnya adalah memasukkan penstrep ke dalam bekas abses tersebut.
      Demikian semoga ini dapat membantu.

      Delete
  33. dok, sy punya kucing usianya 1th, nama Ciby, dia suka (tdk terlalu sering) **maaf** muntah tanpa sebab. dan kalau munth ada ccing kcil wrna putih, apakh itu ccing askaris?, tp untungY dia tdk ada masalah dgn makan & BABnya. Kejadian ini sdh brlangsung sktr 3blnn. sy kira dia hnya skit biasa, tp stlh sy prhtikan ada cacingY sy kasing dgn dia dok, sy hrs beri dia obat apa y?
    maaf 1 pertnyaan lg, dia jg pilek & batuk (tdk sering) lumayan lm,. sy hrs beri obat apa y?
    terimksh bnyak,.dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umur kucing sekitar 1 tahun memang sering mengalami cacingan, hal ini karena kadar eosinofil yang belum sempurna atau belum optimal, sehingga kita perlu menambahkan obat cacing pada kucing umur satu tahunan.
      Ada beberapa pilihan obat cacing, yaitu jenis albendazole, piperazine, pirantel pamoate, mebendazole, oxbendazole, ivermectine dll. Silahkan ada pilih untuk mengobati cacing pada kucing anda.
      Demikian semoga ini dapat membantu. trims

      Delete
  34. Dok saya punya kucing umur 5 tahun jenis persia sudah di vaksin felocell 3,skrg lg sakit dan sdh saya bw ke dokter hewan dan di diagnosa feline panleukopenia...oleh dokter diberi obat amoxilin 125mg dan vitamin anabion,dan sempat sembuh 3 harian kucing saya dan sekarang kok tidak mau makan + puppy + muntah 2 x , badan lemas sekali,makan sy kasih makan basah sy blender...yg saya tanyakan apakah virusnya kembali menyerang kembali atau bagaimana ya dok? langkah apa yg saya harus lakukan,skrg saya kasih amoxilin 250mg 2 x 1 3mg (suntikan)+ anabion...saya skrg hopeless terhadap kucing saya ini , dan sedih sekali karena tidak kunjung membaik....mohon petunjuk,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vaksin felocell sudah setahun lebih ya...? sehingga terjadi kebocoran imunnya... semestinya kemarin itu pengobatannya dilanjut terus sampai benar-benar sembuh.. terutama pemberian anabion. Sedangkan untuk amoxicillin berguna agar tidak muncul infeksi sekunder oleh bakteri yg sering muncul dan memperparah keadaan. Untuk itu obat yg anda berikan dilanjut terus tidak apa2.
      Pada prinsipnya untuk mengobati panleukopenia adalah meningkatkan daya tahan tubuh kucing dengan ATP-Asam Amino, sodium cacoylate-cyanocobalamin. Atau dalam merk dagang bisa dengan kombinasi Biosalamin + Hematopan.
      Kemudian untuk mengatasi muntah akibat bisa mengunakan renitidin, dan untuk mengatasi dehidrasi dan kekurangan nutrisi terutama glukosa darah maka bisa mengunakan infus dextosa. Jika anda sulit mencari pembuluh darah di kaki kucing maka bisa via subcutan (dibawah kulit, diatas daging) di daerah yang memiliki kulit yang longgar seperti daerah punggung atau daerah sekitar leher.
      Jika anda mempunyai madu, maka itu boleh diberikan 3 kali sehari. Ini berguna sebagai pengganti energi dan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh.
      Mungkin itu yg bisa kami jelaskan semoga dapat membantu. Trims.

      Delete
    2. Vaksin felocell 3 nya expired tanggal 27-7-13....oke akan saya coba beri madu + anabionnya...saran anda sangat membantu dok,klo untuk biosalamin + hematopan akan saya coba cari di apotik blok m / bisa di beli di anda...terimakasih

      Delete
  35. lalu bgaimn dgn pilek&btukY, apa tdk mslah dok, krn sdh ckup lm dia sperti itu
    Terimaksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batuk juga bisa disebabkan karena adanya migrasi larva cacing ke dalam paru-paru.. jadi obati dahulu cacingnya ya... tiga hari berturut-turut ya.. kemudian diulang 1 bln kemudian setelah itu harus rutin per 2-3 bulan. Sepertinya cacing di tubuh kucing anda sudah sangat parah.
      Yakinlah jika kekebalan tubuh kucing tidak terganggu oleh maka batuk dan pilek akan hilang dengan sendirinya. Jika tidak hilang nanti konsul lagi ya... trims.

      Delete
  36. malam dok. saya punya kucing persia umurnya sekitar 2/3 tahunan. hari ini di bagian belakang telinganya ada luka akibat dia suka menggaruk-garuk telinganya dikarenakan kemarin2 ada seperti jamur di bagian telinga dan leher. Apa solusi saya utk kucing saya tersebut dok agar lukanya dan jamurnya hilang? mohon balasannya dok. trims ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tungau... anda bisa mengunakan sulfur, sulfur atau belerang tersebut diolesi pada bagian yang terinfeksi. Ini harus rutin pagi, siang dan sore hari. Perhatikan apakah ada perubahan membaik selama 3 hari.

      Namun jika tidak sembuh juga dan tetap membandel juga maka, gunakan obat yang kandungannya ivermectine. Ada beberapa merk dagang yaitu ivomec, intermectin dll. Untuk dosis intermectin gunakan 0,02 ml per 1 kg BB (Berat Badan) lewat suntikan di subcutan ( dibawah kulit) atau bisa juga di muscular (daging). Obat ini di ulang 2 minggu kemudian walaupun sudah terlihat membaik, ini dimaksudkan agar tidak muncul lagi.
      Sedangkan untuk mengobati lukanya, bisa diobati dengan di olesi alkohol 70 %, lalu berikan yodium tinktur atau bisa juga mengunakan obat semprot seperti limoxin-25 Spray yang mengandung obat oksitetracyclin.

      Demikian semoga ini dapat membantu, trims.

      Delete
  37. siang dok
    ini kucing saya jenis anggora pada telinga pinggir bawah kanan kiri seperti ada robekan , seperti terbelah 2, tapi tidak ada darah dan nanah
    bagaimana dok? gejala apa itu dan apakah tidak apa2 kalau dibiarkan?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara bersihkan dengan alkohol 70 %, lalu olesi dengan iodine atau yodium tinktur. Lihat perkembangan lebih lanjut pada beberapa hari kedepan.

      Delete
  38. Dok kucing saya tidak mau makan, sudah 3 hari...badan nya lemas, badannya kmrn panas...bagaimana ya dok penanganan nya ?

    ReplyDelete
  39. Pagi dok,
    Mau tanya dok,kucing saya sudah 3 hari tidak mau makan..jenis kucingnya kucing kampung.
    Badannya aga panas, lemas, tapi tidak ada tanda2 flu..bagaimana penanganan nya ya dok ?
    Sampai saat ini yang saya lakukan adalah memberinya susu dan bubur bayi secara paksa (cekok) walaupun tidak pernah banyak masuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berikan Amoxicillin syirup 125 mg dengan dosis 1 ml x 2 kali sehari dan multivitamin sirup 1 ml x 2 kali sehari.
      Semoga ini dapat membantu. trims

      Delete
  40. pagi dok , saya punya kucing anggora betina usia 10 bulan . beberapa hari yang lalu nafsu makannya turun , jadi pendiem dan berat badannya turun.dia jadi lebih suka tidur seharian , padahal biasanya aktif sekali.kemudian 2 hari yg lalu dia masih bisa berjalan dok , tpi kemaren kaki-kakinya jadi kaku , dia tidak bisa berdiri dan berjalan.makannya harus disuapi , minumnya di cekoki.dia nggak diare dok , karena pagi ini dia BAB dan itu normal sperti biasanya . kira-kira kenapa ya dok ? lalu obatnya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda berikan vitamin B-Komplek yaitu B1-B6-B12.
      Jangan lupa juga diberi obat cacing ya...

      Delete
  41. Pagi Dok.. saya mau tanya kalau kamper/kapur barus di taruh di dekat kandang hewan (misalnya: kelinci) apakah itu aman?

    Thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kurang bagus karena kapur barus itu mengandung naftalena, Mahluk hidup, termasuk hewan yg sering menghirup udara yang mengandung naftalena lebih berisiko terkena chromosomal aberrations, yg merupakan penyebab kanker.
      Mungkin itu yg bisa kami jelaskan, semoga dapat bermanfaat. trims.

      Delete
  42. dok,saya mau tanya..
    kucing saya umur 9 bulan beratnya mungkin 2-3 kg.sekitar 4 hari yang lalu (skrg tggl 6/8/13) seperti tersedak,dia batuk2 dan suaranya hilang..karena biasanya kucing saya berisik jadi sya tau.
    kemudian disusul mata berair disebelah kiri.
    dan batuk menjadi semakin parah dan sering kali seperti ingin muntah.
    serta bersin2 juga..
    lalu yang terakhir.kemarin (tggl 5/8/13) jam 7 malam kucing saya muntah berwarna kuning dan mengeluarkan cacing.nafsu terus menurun dari hari pertama, dan makin lama napsu makan hilang dan ga mau minum dok.
    untuk antisipasi saya sudah kasih obat cacing drontal (ini baru pertama kali saya berikan) setengah tablet.

    gimana ini dok ya?sebenarnya apa penyakit kucing saya.kalau memang cacingan kenapa bisa batuk, bersin dan mata berair?

    terima kasih dok..mohon bantuannya
    Fredy
    laruku190991@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing anda mengalami infeksi cacing askaris, memang gejalannya seperti itu. Perjalanan cacing seperti ini :
      Kucing menelan telur cacing - telur cacing menetas di perut kucing - larva cacing ascaris ini akan masuk melalui dinding usus kucing - cacing masuk ke dalam saluran darah dan mengikuti aliran darah sampai ke hati anak kucing - cacing ini akan ke paru-paru ( melalui aliran darah yang ada di paru-paru, cacing akan memecah pembuluh darah kapiler kemudian masuk sampai ke kantung udara paru-paru). Cacing ini kemudian akan menuju ke saluran pernafasan atas sehingga cacing akan sampai di kerongkongan. Setelah sampai dikerongkongan maka cacing akan tertelan kembali ke usus anak kucing dan menjadi cacing dewasa dan berkembangbiak yang akan merusak usus anak kucing.
      Sehingga kejadian muntah akibat cacing askaris ini sangat sering terjadi. Pengobatan yang anda lakukan sudah tepat.

      Delete
  43. Siang dok, kucing mc saya, mulut membuka terus seperti tidak bisa bernapas lewat hidung, mengeluarkan liur dan ada noda hitam pada bibir bawah. Napsu makan berkurang, bersin2 dan batuk batuk seperti ingin mengeluarkan sesuatu/spt ingus, kemarin sempat muntah sekali.
    Mohon bantuannya dok..
    Skarang ini tidak ada satupub klinik hewan yg buka dikarenakan hari raya.
    Regards

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda lihat daerah gusi atau gigi kucing anda, apakah ada kelainan atau tidak. Untuk pengobatannya harus via injeksi antiradang dan antibiotik beserta suport terapi. Jika kucing anda tidak mau makan maka jalan satu-satunya adalah melalui cairan infus sebagai pengganti makanan atau nutrisinya. Pengobatan ini harus intensif. Dan jika perlu dilakukan uji lab untuk mengetahui penyebab pastinya.

      Delete
  44. Selamat pagi dok saya mau tanya kucing saya umur 3bulan biasanya lincah,sekarang jadi lemas dok,gamau makan terus matanya sayu.gimana dok penanganannya? terima kasih Sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pertanda bahwa kucing anda sedang sakit, mengenai pengobatannya maka harus diketahui dahulu penyebab dan jenis penyakitnya. Hampir rata-rata kucing yang sakit tidak mau makan dan lemas, ini akibat reaksi tubuh yang terserang bakteri ataupun virus.
      Untuk sementara coba anda berikan madu 2-3 kali sehari untuk menganti asupan makanan, kemudian susu juga jangan lupa, lalu berikan antibiotik jenis amoxicillin 125 mg syrup 0,2 ml 2 kali sehari.
      Mudah-mudahan ini dapat membantu.

      Delete
  45. Siang dok....kucing jantan saya brrumur 16bulan pupnya selalu lembek bahkan cair dengan intensitas pup yang tinggi.dimata sebelah kananya juga berair tp anehnya berwarna merah bata.kemudian kucing brtina saya yang sedang hamil juga diare dengan intensitas yang tinggi juga.apa yang harus saya lakukan dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda perhatikan jenis makanannya.. jika perlu di ganti dengan makanan yang lain, kemudian untuk mengobatinya berikan serbuk arang atau jika mau yang mudah belilah pil norit. Jika itu pengobatan tersebut tidak membuahkan hasil dan kucing anda masih diare, maka berilah obat yang mengandung furazolidone via oral.
      Mudah-mudahan itu dapat membantu.

      Delete
  46. Dok mau nanya, kucing saya umurnya 1 tahun lebioh 9 bulan, sekarang dia keadaannya seperti yang skit, terus anusnya kaya lecet gitu warna merah. badannya terutama perutnya panas, skrotumnya kaya yang mau lepas gitu. Matanya jg kadng kadang berselaput. Dia ga nafsu makan walaupun dikasih makanan enak kesukaannya. Kira-kira kenapa ya dok? terus cara pengobatannya gimana? Mohon bantuannya karena didaerah saya jauh dari dokter hewan.
    Tambahan: sekarang dia mengeluarkan pup cair ketika dia jalan, tapi sepertinya dia ga ngerasa dia pup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada masalah pencernaan pada kucing anda, coba untuk sementara berikan obat yang mengandung furazolidon. Selaput yang muncul pada kucing tersebut disebabkan adanya tekanan yg menyebabkan stres akibat sakit yang diderita kucing anda. Dalam kondisi tersebut, secara otomatis kucing tidak mau makan.

      Delete
  47. contoh obatnya apa ya dok? terus dosisnya bagaimana? kira kira obatnya bisa dibeli di apotek atau ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk dagangnya dialet, dosisnya 2-5 mg pemberian sehari 2 kali.

      Delete
  48. malam dok , mau tanya aku punya kucing kampung umurnya 3 bulanan, dia tiba-tiba nggak mau makan terus muntah-muntah ada cacing ,asal nya gemuk tapi tiba-tiba badannya kurus padahal baru hari sakitnya. badannya lemes, hampir gak bisa jalan, trus dia sering ke kamar mandi. kira-kira kucing saya kenapa ya dok, dan gimana cara nanganinnya?? mau ke dokter hewan, tapi jauh banget dari rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada prinsipnya, apapun jenis hewan tersebut, baik itu kucing ataupun yang lain, umur muda sangat rentan sekali terserang cacingan... terutama cacing askaris.
      Dan bahayanya infeksi cacing ini menimbulkan efek negatif lainya seperti kucing tiba-tiba tidak mau makan, lemas, diare, mudah terjadinya infeksi sekunder oleh bakteri dan menurunkan tingkat kekebalan tubuh terhadap penyakit lain, sehingga pada saat umur-umur muda pemberian obat cacing setiap 2-3 bulan sangat disarankan untuk mengatasi masalah tersebut. Obat cacing di pasaran untuk hewan banyak dijual dan kandungannya juga bermacam-macam seperti albendazole, piperazin sitrat, ivermectine, oxbendazole, mebendazole dan lain-lain.
      Untuk mengatasi sakit pada kucing anda tersebut, maka yang harus dilakukan adalah pemberian obat cacing dan pemberian vitamin B komplek, pemberian susu juga boleh dilakukan.
      Demikian, semoga itu dapat membantu, trims.

      Delete
  49. dok, saya mau taya merek dagang susu bubuk lactosa b yang sachetan itu guna nya untuk apa ya?
    saya punya kucing anggora umur 2 bulan betina tadi pagi dia muntah-muntah warna hijau dan kemaren malem nya dia mencret ..
    setelah itu siang nya dia muntah lendir ..
    ga mau makan sama sekali, minum juga sedikit ..
    itu kenapa ya dok dan cara menanganinya bagaimana?
    saya sempat kasi lactosa b setengah sachet dan saya campur dengan air..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susunya mungkin gak cocok, jadi untuk sementara di stop dahulu susunya, nanti jika sudah sembuh ganti susu yang sesuai, gak perlu mahal yang penting cocok untuk kucing dan yang perlu diperhatikan jika dalam keadaan diare jangan diberikan susu dahulu.

      Ada beberapa kucing jika diberi susu mengalami diare, ini akibat sistem pencernaan yg tidak bisa menerima susu, namun jika diberikan sedikit demi sedikit dalam waktu yang lama, maka si kucing akan teradaptasi.

      Kemudian yang perlu dilakukan adalah memberikan zat arang aktif dan air kelapa, semoga ini dapat membantu.

      Delete
  50. baik dok terimakasih ...
    tapi saya kasi lacto b itu ketika si kucing sudah muntah warna hijau itu ...
    sebelumnya dia kasih makan seperti biasa, cuman makanannya saya campur dgn kucing saya yang lain yg sakit, karena makanannya gak di makan saya kasikan ke kucing saya yang sehat ..
    eh malem nya kok mencret trs pagi nya muntah2 ..
    ada rekomendasi ga dok merek dagang zat arang aktif ataupun susu buat kucing??
    terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarangkan lagi diare jangan beri susu dulu, zat arang aktif itu ada didalam pil Norit, jika dalam waktu 2-3 hari tidak sembuh setelah pemberian pil norit tsb maka pemberian obat supertetra dan renitidin selama 5 hari dapat dilakukan.

      Delete
  51. maaf dok
    saya mau tanya kenapa kucing saya lemess mau makan dikit tapi hbs itu tidur matanya berair terus dan maunya tidur terus tidak ada aktivitas sama sekali tolong diberi tau cara pengobatannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu merupakan ciri-ciri umum bahwa kucing anda sedang sakit, gejala kucing sakit sering ditunjukan dengan nafsu makan menurun atau tidak mau makan sama sekali, demam, tidak bergairah, lemas, lesu, sering tiduran, sering ke kamar mandi, bulu kusam, mata sayu sampai merah berair dan gejala umum lainnya.
      Mengenai penyebabnya bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri, dan untuk menentukan penyebab pastinya harus melalui pemeriksaan secara mendetail oleh dokter hewan sehingga diagnosa penyakitnya ketahuan.
      Untuk sementara dalam rangka mengatasi dan pertolongan pertama, berilah multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh (bisa mengunakan vitamin untuk anak-anak) berilah 0,5 ml 2 kali sehari (pagi dan sore), perlu juga pemberian amoxicillin syirup 125 mg sebanyak 0,5 ml 3 kali sehari pagi, siang dan malam hari.
      Semoga ini dapat membantu.

      Delete
  52. Dokter mohon bantuannya, saya berdomosili di kabupaten yang gak ada Dokter Hewan. Jadi bingung karena anjing saya (betina) terdapat benjolan di bagian kelaminnya. Seringkali mengeluarkan darah, sampai netes-netes. Pernah saya kasih antibiotik dan vitamin B komplek, tapi hanya berhenti pendarahannya beberapa hari, ketika obat dihentikan benjolan terlihat lebih besar. Penyakit apa itu ya dok? Jenis obat apa yang bisa saya berikan untuk anjing saya? Makasih penjelasannya dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemberian antibiotiknya berapa lama..? Penyakit itu bisa aja vaginitis, tumor, prolapsus uteri, pyometra atau yang lain. ok, gini aja coba kirimkan gambarnya via email.

      Delete
  53. malam dok, saya punya kucing kampung berumur 3 bulanan.. dia punya benjolan di lehernya. awalnya kecil, trus lama kelamaan benjolan tsb jadi besar trus dia jadi sering muntah. trus tadi muntahnya keras, dan si bnjolan tadi jadi berlubang. nah dari lubangnya itu kayak keluar nanah dok...
    mohon bantuannya dok, terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya abses, bisa karena bakteri seperti pasteurela multocida, bisa juga karena demodex, pengaruh hipertiroidism ataupun pengaruh makanan kelebihan protein atau zat lain yg membuat seperti itu.
      Untuk mengatasi itu, bersihkan benjolan yang berlubang tersebut dengan alkohol 70 %, dan berikan yodium tinktur / obat merah secara rutin setiap hari.

      Kemudian berikan antibiotik oksitetraciklin 250 mg per oral dengan dosis 5-10 mg/ kg Berat Badan pada pagi, siang dan sore/malam hari selama 5 hari.
      Akan lebih baik lagi jika dilakukan injeksi penicilin-streptomicin.
      Jika hal tersebut tidak juga sembuh segera dibawa ke dokter hewan terdekat.

      Delete
  54. Dok saya pecnta kucing, sking cntanya sya sering mmberi makan kucing liar d area tmpat sampah. 3hri yg lalu sya mmbwa slah 1 ank kucing pulg krumah yg k0ndisinya skit mencret. Brhubung sya jg punya kucg d rmh, maka sya jauhkan. Sblum sy bwa pulang kucing itu sdah mncret, , dn akirny sya ptuskn untk mrwatnya krna ksihan dn induknyapun sdah mati. Kucing it kra" usianya 2buln, perutny gemuk, tp tulang leher, punggung smpek pantatnya kalu dpegang terasa men0njol, matany sering belekan, nafsu makannyapun bagus. Yg sya tanyakan : gmana cra menangani mencretnya, trus apakah dg k0ndisi bdan yg gemuk d perut tp tulangny men0njol itu bisa d katakan gemuk sehat ato tdak.
    Sblumnya mksh untk ptunjuknya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah pemberian obat cacing, biasanya kucing liar memiliki resiko yang sangat besar terhadap cacingan dan itu bisa menyebabkan diare. Pada kasus cacingan perut nampak buncit, mencret, terkadang akan muntah mengeluarkan cacing. Kondisi tersebut akan menurunkan daya tahan tubuh, sehingga penyakit lain mudah muncul dan menginfeksi.
      Hal ke dua perut buncit juga bisa disebabkan kurangnya gizi terutama protein yang berasal dari induknya berupa susu, untuk itu pemberian makanan yang berkwalitas dan minum susu formula sangat disarankan.

      Delete
  55. Sore Dok, saya mau tanya, 2 hari yang lalu, anjing saya (maltese) tanpa sengaja menelan stocking kaos kaki kecil (seukuran angkle), sampai saat ini she anjing saya tidak muntah2, tidak mencret dan masih mau makan walaupun tidak terlalu banyak. Hanya saja, saat ini dia kurang begitu lincah seperti biasanya.
    Apakah saya harus menunggu sampai stocking tersebut keluar melalui pubh nya atau harus diambil langkah operasi dok?
    Mohon masukannya ya dok. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dalam waktu 3-4 hari tidak keluar maka lebih baik di bawa ke dokter hewan atau klinik hewan, takutnya terjadi penyumbatan di lambung, obstruksi, tympani, kembung, dan konstipasi diusus, yang ditandai dengan anjing tidak BAB.. hal ini sangat berbahaya bagi anjing.
      Mungkin itu yang bisa kami sampaikan, semoga tidak terjadi hal buruk dengan anjing anda.

      Delete
  56. Pagi dok. sy ingin meminta saran dari dokter. jadi begini, kucing sy telah berumur 7 bulan merupakan kucing kampung yg dr kecil di rumah sy namun tetap hidup bebas keluar rumah. Awalnya kucing sy sehat, bawel semangat, dan nafsu makan. Sampai dengan malam 2 hari lalu, malam itu dia tidak pulang ke rumah dan kemarin pagi ketika dia pulang dia ga nafsu makan. Siangnya tiba2 dia kejang2, kemudian normal lagi, tapi cara berjalannya berubah, kaki belakangnya lemas,dan seperti lumpuh.

    akhirnya sy bawa ke vet, dan dikasih obat flu dan demam katanya karena demam makanya kejang. Kemudian diberi obat namun tidak ada perubahan. sy kasih makan semalam dia ga mau makan malah tiba2 loncat keluar kandang dan kabur keluar rumah. sy ga tau dia hilang kemana semalam. tadi pagi sy ngeliat dia di kolong mobil tetangga, sy panggil dia ga menyahut malah lari2 keliling ga jelas dengan kakinya yg lumpuh itu.

    sy cb search di internet, sy ketemu artikel tentang FIPV dst, kalo dibaca2 gejalanya mirip dengan kucing sy..Kira2 apa kucing ane memang kena penyakit itu ya? Kenapa vet cuma bilang demam dan dikasih suntik demam? Kira2 ada cara penyembuhannya ga tidak? Atau obat apa? mungkin ntar sy coba beli sendiri obatnya.
    makasih dok.

    tambahan urgent :

    skarang kucing sy tiba2 matanya berair terus kayak mau merem terus bawaanya kucing sy. di sekitar hidung kucing ada coklat2 yg sy ga tau apa itu darah mimisan atau apa. :(
    dan dia tidak nafsu makan dari semalam tidak makan juga :(

    mohon bantuannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejang-kejang pada kucing memang bisa disebabkan oleh demam, namun bisa juga karena gangguan pada sistem syaraf. Gangguan sistem syaraf ini bisa disebabkan adanya penyakit lain seperti rabies, FIPV, trauma benda tumpul pada otak kecil, kekurangan vitamin B komplek dll.
      Khusus untuk FIPV ( Feline Infeksius Peritonitis Virus) adalah penyakit yg disebabkan oleh virus corona yg menyerang peritonium. Peritonium itu adalah selaput penggantung usus, nah dengan adanya FIPV ini, pengantung tersebut mengalami peradangan. Sehingga menyebabkan adanya penumpukan cairan di perut kucing, dan bila disentuh pada perut tersebut, kucing akan merasa sakit. Karena penyakit ini menyerang diperut secara otomatis, kucing tidak mau makan, jalannya tidak beraturan akibat menahan sakit pada perut, atau bahkan bisa terjadi kelumpuhan pada kaki belakang akibat adanya gangguan inervensi syaraf pada kaki belakang.
      Untuk pengobatan FIPV ini sendiri pada dasarnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, contohnya dengan pemberian multivitamin + Adenosin Triposphat + Vitamin B komplek, pemberian madu.
      Penambahan anti radang seperti phenilbutazone sangat dianjurkan, kemudian terapi empiris dengan pemberian antibiotik yg berguna untuk mencegah infeksi sekunder juga sangat dianjurkan.
      Mungkin itu yang bisa saya informasikan, semoga dapat membantu. trims

      Delete
  57. Permisi dok... saya mau tanya mulai kmarin sore kucing saya muntah2 cairan kuning disertai adanya cacing, stelah itu tidak mau makan padahal pagi dan siang masih normal dan makan sperti biasa... sampai pagi ini sudah skitar 4 kali muntah masih cairan brwarna kuning...
    tidak ada nafsu makan (mngkin d sebabkan dari mualnya), penanganan yg tepat sperti apa y ??? apakah stelah racunnya keluar bisa kmbali normal lagi ??? bgaimana dngan pmberian antibiotik (ex; amoxilin) ?
    Terima kasih sblumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah pemberian obat cacing, kemudian pemberian renitidin, dan untuk antibiotik boleh diberikan jika anda yakin ada infeksi bakteri di dalam lambung kucing anda.

      Delete
  58. Hallo Dok,

    Saya mempunyai Anjing, dalam beberapa hari ini, anjing saya tidak mau makan, dan suka muntah, sudah 4 hari ini dy tidak makan, dan tiba-tiba tidak mengonggong, biasanya kalau saya ulang kerja, dia selalu sambut saya.. apakah ada penyakit yang diderita dan apa seolusi Dok

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muntah pada anjing bisa disebabkan oleh salah makan, adanya infeksi bakteri, infeksi cacing atau bisa juga adanya infeksi virus pada saluran pencernaannya. Dan setiap ada permasalahan di seluaran cerna, maka hal tersebut mempunyai resiko tidak mau makan, dan terkadang juga akan diare serta lemas. Kondisi anjing tidak mau makan akan menyebabkan kekurangan asupan gizi dan energi, sehingga penyebaran penyakit akan lebih cepat. Untuk itu harus segera di bawa ke dokter hewan terdekat untuk mengatasinya.
      Ada beberpa treatmen yang akan dilakukan, yaitu pengobatan utama dan memulihkan energi serta meningkatkan kekebalan tubuh anjing. Langkah-langkah yang di ambil biasanya adalah pemberian antibiotik khusus pencernaan, multivitamin cianocobalamin-B12, triptopan, renitidin dan infus dektrosa. Obat-obat tersebut harus dilakukan secara bersamaan, dan mungkin butuh obat lain yang harus diaplikasikan tergantung kondisi tubuh anjing anda.
      Mungkin itu yang bisa kami jelaskan semoga dapat membantu.
      Trims.

      Delete
    2. Terima kasih Dok.. saya akan coba..

      Delete
  59. assalamu alaikum.. apa kabar dok (maaf klo panggilan saya salah) mau tanya dok. Mata kucing anggora saya kok tiba2 saja bengkak, merah, mengeluarkan cairan berwarna putih ato mungkin airmatanya, sebelumnya tidak nampak gejala dia akan sakit, hanya terlihat agak sedikit lemas.. kebiasaan dia klo pagi saya ajak ke t4 rumput yg gak tinggi n gak pendek, biasanya dia makan rumput n lari,, apakah mungkin matanya ketusuk rumput llu menjadi begitu?? atau ada penyakit yg dia alami?? nafsu makannya skrg berkurang dan saya sangat kasihannn melihatnya dok, dia ucek2 sampai berbunyi2, n selaput/kulit dlm matanta memerah..
    terimakasih dok..

    ReplyDelete
  60. pagi dok sy punya kucing hutan usia 2bulan kira" awalnya makan nya lahap tapi sekarang dia malah ga mau makan , mencret terus muntah" bdan nya jd lemas. itu kenapa ya dok . lalau sy beri susu kedelai baik gak untuk kesehatan nya?

    ReplyDelete
  61. Dokter,3 hari yang lalu kucing saya berumur 2 bulan saya mandikan karena badannya penuh dengan pupnya. Setelah mandi keesokan harinya sudah tidak mau makan. Saya sudah menyuapnya hanya sedikit sekali yang mau ditelan. Gejala yang ada hanya lemas. Obat apa yang harus saya berikan dan bagaimana cara perawatannya. Mohon dokter bisa membantu saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  62. malam dok.. mohon advise : kambing PE saya baru saja melahirkan 2 hari yang lalu sekarang terken flu,tidak mau makan hingga sangat lemah sampai tidak bisa berdiri lagi. kebetulan istri saya perawat maka sekarang kambingnya lagi di infus glukosa 5% drip neorubion. (pake obat untuk manusia). Obat apa sekiranya untuk mengatasi penyakit ini dok ? terima kasih.

    ReplyDelete
  63. emergency nih dok.. mohon advice kambin PE saya yang baru meelahirkan 2 hari yang lalu terkena flu, tidak mau makan sampai sangat lemah akhirnya tak kuat berdiri lagi. sekarang lagi diberikan cairan infus glukosa 5% dengan di drip neurobion (pake obat manusia) anak-anaknya saya berikan susu SGM 1. pengobatan apa yang harus saya berikan dok ? saya di pedalaman Kalimantan jadi tidak ada dokter hewan.

    ReplyDelete
  64. dok kalau kambing dikasih obat nafsu makan manusia apa perbedaanya dok

    ReplyDelete
  65. dok mau taya soal kambing saya kalau obat nafsu makan manusia tak kasih ke kambing saya apa bisa gemuk dok

    ReplyDelete
  66. selamat pagi,,, mohon penyelesaiannya... saya mempunyai seekor hewan kuskus yang saat ini sedang di serang penyakit,,, dia mengalami pilek,,,nafas nya jadi terganggu dan jarang buang air besar.. setiap saya kasih makan dan minum susu selalu saja tidak dimakan atau bahkan di tumpahkan. mohon solusinya dok,,,,,

    ReplyDelete
  67. selamat malam dokter..sya menemukan persia male tgl 17 nov 2013. sore harinya sy langsung bawa ia ke drh karna mencret. drh memperkirakan usiany sekitar 1 tahun. ada bercak jamur 2 spots. diduga cacingan. diberi obat: prokolin,flagyl,enzyme pno, immuni x, nutrical cat,cendo genta, chlonimau.
    24 nov 13 kondisi mencret jauh lebih baik tapi feses belum berbentuk padat kering dan masih lembek.tgl 24 nov 13 sy cekup ke drh, karna drh meminta contoh feses utk memastikan penyakit cacing dan hasilny negatif.tgl 24 nov 13, persia diberi obat viralys dan megaofa untuk nutrisi bulu dan kulit karna bagian terkena jamur bulunya di cukur(botak pada bagian yg terinfeksi jamur).2hari ini sejak jumat22nov 13 persia bersin tp tidak sering dalam 1 hari
    jam 14.00 wib sy beri persia viralys, megafa tetapi jam 17.00 WIB persia justru mengalami pup bercak darah.fesesny masih lembek dan belum berbentuk padat
    kenapa ini terjadi y docter?
    apa tidak cocok obat?
    makanan yg saya berikan selama tgl 17 nov-24 nov ini adalah:makanan kering "me-o", makanan basah "frikes" dan ikan cue rebus+nasi
    apakah setiap konsultasi ke dokter hewan,dokter selalu memberikan obat ( a medicine minded doctor)?
    mohon bantuanny dokter..
    trimakasih
    #Kori Margita

    ReplyDelete
  68. selamat malam dokter..sya menemukan persia male tgl 17 nov 2013. sore harinya sy langsung bawa ia ke drh karna mencret. drh memperkirakan usiany sekitar 1 tahun. ada bercak jamur 2 spots. diduga cacingan. diberi obat: prokolin,flagyl,enzyme pno, immuni x, nutrical cat,cendo genta, chlonimau.
    24 nov 13 kondisi mencret jauh lebih baik tapi feses belum berbentuk padat kering dan masih lembek.tgl 24 nov 13 sy cekup ke drh, karna drh meminta contoh feses utk memastikan penyakit cacing dan hasilny negatif.tgl 24 nov 13, persia diberi obat viralys dan megaofa untuk nutrisi bulu dan kulit karna bagian terkena jamur bulunya di cukur(botak pada bagian yg terinfeksi jamur).
    jam 14.00 wib sy beri persia viralys, megafa tetapi jam 17.00 WIB persia justru mengalami pup bercak darah.fesesny masih lembek dan belum berbentuk padat
    dan sejak jumat 22 nov persia bersin tidak sering paling sekali 1 hari tapi itupun tidak setiap hari.apakah bersin karna perubahan cuaca atau persia terkena penyakit lain?
    kenapa ini terjadi y docter?
    apa tidak cocok obat?
    makanan yg saya berikan selama tgl 17 nov-24 nov ini adalah:makanan kering “me-o”, makanan basah “frikes” dan ikan cue rebus+nasi
    apakah setiap konsultasi ke dokter hewan,dokter selalu memberikan obat ( a medicine minded doctor)?
    mohon bantuanny dokter..
    trimakasih
    #Kori Margita

    ReplyDelete
  69. Selamat pagi dok, saya ingin bertanya. Kucing saya berumur 2 bln, jenis kampung. Sejak beberapa hari lalu tdk mau makan dan badan lemas (aktivitas tdk selincah biasanya). Awal2 sering muntah, pernah ada cacing juga. Selain itu kotoran berwarna putih. Skrg badan mengurus. Yg ingin saya tnyakan, kira2 kucing saya sakit apa ya dok? Diberi obat apa? Dosisnya?. Selain itu pakan yg cocok utk kondisi seperti ini apa ya dok?. Email saya iqbaludinakbar(at)yahoo(dot)com. Terima kasih sebelumnya dok...

    ReplyDelete
  70. Selamat siang dok,

    Saya punya seekor kucing betina umur sekitar 5 atau 6 tahun, jenis kucing kampung/kucing kebanyakan. Dari kelaminnya sering mengeluarkan cairan kental berwarna putih keruh (kekuningan), datangnya hampir setiap bulan layaknya manusia mestruasi. Kondisi selain itu kucing saya normal, hanya saja akhir-akhir ini cairan itu keluar terus menerus dan dalam jumlah banyak. Itu penyakit apa yaa dok? Trima kasih..

    ReplyDelete
  71. saya mau konsultasi. saya punya kucing awalny segar bugar tapi tidak tahu kenapa tiba tiba saya lihat kakinya pincang, lalu saya taruh ke box tdurnya, setelah bangun tiba tiba badannya panas sama tubuhny nggak mau gerak sama sekali aku kasih makan nggak mau terus saya coba kasih susu kadang juga air yang di campur madu dia mau, hari besoknya dia kembali badannya panas sama gemeteran terkadang kakinya juga dingin. saya masih nyoba suapi dia pake susu sama madu terkadang juga aku kasih daging ikan yang di potong kecil kecil dia masih mau makan dengan cara di suapi. hari besoknya masih sama tubuhnya panas kadang juga dingin lagi dan tubuhny nggak mau di gerakin hanya kepalanya aja yang gerak gerak, sampe sekarang di hari ke 3 masih seperti itu. itu kucing saya kenapa ya?

    ReplyDelete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger