Home » » Cara Mengobati Munculnya Selaput Putih Pada Mata Kucing

Cara Mengobati Munculnya Selaput Putih Pada Mata Kucing

Selaput Putih Pada Mata KucingBanyak teman-teman cat lover yang mengirim e-mail karena munculnya selaput putih pada mata kucing. Dan mereka khawatir tentang kondisi kucingnya tersebut. Maka saya berusaha menjelaskan dalam artikel ini dan mengunakan foto dari salah satu cat lover yaitu sdri cicilia larasati. Mengapa saya mengunakan foto tersebut.... alasannya adalah karena gambarnya sangat jelas dan kwalitasnya bagus sekali.
Selaput putih pada kucing adalah membran niktitan atau bisa disebut juga Tertia palpebra tetapi juga dikenal sebagai membran pengerjap atau kelopak mata ketiga.
Munculnya selaput putih pada mata kucing bisa menunjukkan bahwa adanya masalah pada kucing itu, masalah itu bisa karena penyakit mata atau penyakit-penyakit pada kucing secara umum. Atau bisa juga karena faktor stress pada kucing yang disebabkan oleh perubahan cuaca, makanan, kondisi tidak nyaman, ada hewan lain atau yang lainnya.
Selaput putih pada kucing sangatlah lebar dan bisa menutupi seluruh matanya. Fungsi selaput putih pada kucing secara normal adalah melindungi kornea dari gangguan yang bisa menyebabkan trauma atau luka pada kornea kucing. Anatomi dari membran niktitan sangat kompleks dengan lipatan jaringan yang ditutupi oleh selaput lendir khusus (konjungtiva) yang menghadap permukaan bagian dalam kelopak mata (permukaan palpebral) di satu sisi dan kornea di sisi lain (permukaan bulbar). Pada permukaan bulbar terdapat folikel limfoid yang berfungsi sebagai kelenjar getah bening mata serta mengusir kotoran yang masuk dalam mata.
Ketika kucing waspada, sebagian besar selaput putih pada mata kucing akan tersembunyi di dalam rongga mata dan hanya sebagian kecil yang terlihat di sudut bagian dalam mata. Namun jika kucing sedang terlihat santai, saat tidur atau saat berkedip, menyebabkan adanya retraksi bola mata oleh satu set otot rangka dan menyebabkan membran niktitan / selaput putih mata kucing akan bergerak melintasi permukaan mata dari sudut, tepatnya bergerak dari bagian bawah mata ke sudut bagian atas. Gerakan Selaput putih/membran niktitan pada kucing juga sebagian diatur oleh sistem saraf simpatik serta oleh sel otot polos dalam membran niktitan.
Untuk pengobatan munculnya selaput putih yang menutupi mata kucing, harus dicari penyebabnya terlebih dahulu. Secara umum pengobatan yang dilakukan adalah pengunaan antibiotik secara topikal dan intramuskular, pengunaan antidepresan dan multivitamin sangat dianjurkan. Serta pengunaan larutan isotonis untuk mencuci mata kucing, contohnya insto. Demikian mengenai munculnya selaput putih yang menutupi mata kucing, semoga bermanfaat.



2 komentar:

  1. Kucing saya persis kaya gitu. berarti obatnya cukup diberi insto atau bagaimana? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain insto, maka yang perlu anda lakukan adalah mencari penyebab munculnya selaput putih tersebut. Karena jika tidak, maka setelah pemberian insto akan sembuh dalam beberapa saat, namun kemudian akan muncul kembali, kecuali jika selaput tersebut muncul hanya karena adanya serbuk sari atau benda lain yang bisa hilang dengan menggunakan insto tersebut.
      Penyebab munculnya selaput tersebut biasanya karena adanya depresi, yg bisa terjadi akibat sakit seperti demam, diare, adanya luka, radang, serbuk sari, benda asing yang masuk ke mata atau bisa juga lingkungan yang tidak nyaman seperti adanya gangguan pada kucing anda tersebut, contohnya perkelahian dengan kucing lain.

      Delete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger