Home » » Pengobatan Radang Mata Pada Kelinci

Pengobatan Radang Mata Pada Kelinci

Tanda-tanda radang mata pada kelinci biasanya terjadi penumpukan belek (kotoran), mata memerah terutama daerah konjungtiva, kemudian mata berair yang ditunjukkan dengan basahnya daerah bulu mata. Kelinci yang sering terkena penyakit radang mata adalah kelinci yang masih kecil (anak kelinci), walaupun terkadang kelinci dewasa juga dapat mengalaminya. Hal ini dikarenakan faktor daya tahan tubuh, pada kelinci yang kecil daya tahan tubuh relatif lebih rendah dan belum optimal dibandingkan dengan kelinci dewasa.
mata kelinci belekan
Radang Mata Kelinci ( belekan)
Mata belekan pada kelinci ini merupakan akibat adanya infeksi bakteri. Bakteri ini bisa secara langsung menyerang atau dapat pula didahului dengan adanya alergi akibat debu. Mata yang terkena debu menyebabkan kelinci mengaruk-ngarukkan matanya, sehingga terjadi iritasi dan luka didaerah mata tersebut dan bakteri dapat dengan mudah menginfeksi mata kelinci tersebut.
Akibat infeksi mata pada kelinci menyebabkan nafsu makan menurun sehingga berat badanpun akan turun. Untuk itu segera diambil tindakan pengobatan yang efektif untuk mengatasinya. Cara yeng efektif untuk pengobatan adalah membersihkan area mata dengan air/cairan yang isotonis seperti boorwater dengan mengunakan kapas untuk menghilangkan belek mata kelinci tersebut. Langkah lebih lanjut adalah mengunakan tetes mata yang mengandung antibiotik atau bisa juga mengunakan salep mata yang mengandung gentamicin atau antibiotik lainnya. pengobatan ini tidak hanya sekali, namun dilakukan 3 kali sehari selama 5 hari berturut-turut sampai radang mata pada kelinci sembuh.
Demikian pengobatan dan penanganan radang mata pada kelinci, semoga dapat bermanfaat.





4 komentar:

  1. saya mau tanya, kelinci saya diujung matanya ada gumpalan lendir dan darah, dan di bawah matanya ada seperti bekas darah. apakah itu termasuk radang mata atau kudis? trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudis itu disebabkan oleh parasit, sangat jarang terjadi didaerah mata kelinci apalagi diselaput lendirnya. Yang terjadi pada Kelinci anda itu termasuk radang selaput mata, sehingga pengobatan dengan obat salep/tetes mata sangat dianjurkan.

      Delete
  2. tanya dong..
    kelinci saya di bawah matanya ada gumpalan seperti lendir
    apa itu termasuk belek'an?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada kelinci, belekan itu merupakan suatu materi kotoran yang ada di mata kelinci akibat adanya sakit mata yang umumnya disebabkan oleh bakteri. Lendir pada mata kucing atau yang biasa disebut mucus merupakan awal dari penumpukan kotoran tersebut, lama-kelamaan akan mengumpul dan membentuk belek. Untuk itu harus segera di obati segera mungkin. Pengunaan salep mata yang mengandung antibiotik sangat dianjurkan.
      Mungkin itu yang bisa saya sampaikan atas kunjungannya disampaikan terimakasih.

      Delete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger