Home » » Penyakit Mata Pada Kucing

Penyakit Mata Pada Kucing

Mungkin saat ini kucing anda mengalami penyakit mata, tapi jangan khawatir saya akan berusaha menjelaskan penyebab sakit mata pada kucing dan pengobatannya. Penyebab sakit mata pada kucing bermacam-macam, bisa karena infeksi bakteri, virus, cacing mata,  jamur, terkena debu dan alergi, atau karena tumor. Untuk mata kucing yang terkena tumor maka saya sarankan untuk dilakukan enukleasi atau pengangkatan bola mata. Ini bisa dilakukan oleh dokter hewan, sedangkan untuk sakit mata yang disebabkan oleh bakteri, debu, jamur dsb, bisa kita lakukan pengobatan sendiri jika anda jauh atau kita tidak mengetahui tempat praktek dokter hewan. Tetapi jika anda mengetahui letak praktek maka saya sarankan untuk dibawa ke dokter hewan terdekat, mengapa? karena dengan membawa ke dokter hewan maka diagnosa penyakit mata akan lebih akurat serta pengobatannya akan lebih tepat. Penyakit mata ini jika dibiarkan akan menyebabkan kebutaan pada kucing tersebut, jadi segera mungkin untuk dilakukan pengobatan.

Konjungtivitis Atau Randang konjungtiva pada kucing
Konjungtiva pada kucing dapat mengalami iritasi, biasanya disebabkan karena alergi akibat adanya serbuk sari, rumput, dll, atau adanya infeksi virus, bakteri, atau jamur. Jika bagian putih mata (sklera) juga meradang, kondisi ini disebut sebagai 'mata merah muda. " Kejadian konjungtivitis pada kucing merupakan hal yang umum terjadi.

Gejala yang muncul pada konjungtivitis adalah mata kucing berair, bengkak, kucing merasakan perih pada matanya serta gatal, jika disertai adanya infeksi bakteri maka biasanya akan muncul belekan atau kotoran pada mata kucing. Pengobatan yang di sarankan untuk penyakit mata konjungtiva kucing adalah mengunakan obat tetes mata atau salep mata. Jika penyebabnya adalah bakteri maka aplikasi antibiotik pada salep mata sangat diwajibkan, sedangkan jika karena alergi maka gunakan nati radang seperti hidrokortison. Untuk pengobatan mengunakan tetes mata maka aplikasinya dengan durasi 2-3 jam sekali, sedangakan untuk salep mata gunakan 2-3 kali sehari.

Konjungtivitis bisa menyebabkan ulkus kornea dan akhirnya bisa menyebabkan buta pada kucing. Kemudian yang lebih hebat lagi karena adanya rasa gatal maka kucing akan mengaruk-garuk matanya sehingga akan memperparah keadaan. Lalu penyakit mata ini bisa menular ke kucing yang lain, jadi berhati-hatilah.

Cacing Mata Pada Kucing
Cacing mata pada kucing disebabkan oleh Thelazia californiensis. Disamping menyerang kucing, cacing ini juga dapat menyerang anjing, domba, kambing atau sapi. Penyakit ini juga disebut Thelaziasis, diambil dari nama cacing penyebabnya.

Gejala yang nampak adalah adanya air mata yang berlebih, pada duktus lakrimalis biasanya akan terlihat cacing berbentuk putih, mata kucing akan sensitif terhadap cahaya dan terkadang dapat berkembang menjadi konjungtivitis pada mata kucing tersebut.

Siklus cacing thelazia yang dewasa akan bertelur di mata kucing kemudian menjadi larva. Larva akan dimakan oleh lalat, namun larva tersebut tidak mati melainkan akan berkembang selama 30 hari, lalu larva thelazia tersebut bergerak ke mulut lalat, sehingga jika lalat hinggap di mata kucing maka larva akan terdeposisi dimata kucing dan menginfeksinya serta berkembang menjadi dewasa selama 3-6 minggu.

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah mengunakan antelmintika via injeksi seperti ivermectin dengan dosis 0,2 mg/kg berat badan dan diulangi lagi setelah 2 minggu kemudian.

Penyakit Mata Kucing karena Feline Herpesvirus
Feline herpesvirus (FHV-1) adalah virus penyebab rhinotracheitis pada kucing. FHV-1 biasanya menginfeksi kucing muda, tapi bisa tetap tertidur selama bertahun-tahun, dan muncul kembali jika kucing tertekan kekebalannya.

FHV-1 adalah salah satu penyebab paling umum dari konjungtivitis pada kucing. Anak kucing muda yang paling sering terkena, dengan ciri-ciri kedua mata kucing tersebut memiliki debit yang cukup jernih atau berawan. Dalam hampir semua kasus, anak kucing juga memiliki tanda-tanda infeksi pernapasan, seperti pilek, kemudian terjadi ulkus oral. Pada kucing dewasa, sering hanya satu mata yang terkena, dan biasanya tidak ada tanda-tanda pernapasan. Untuk pengobatan, salep antibiotik sering digunakan untuk mencegah infeksi bakteri sekunder. Jika infeksi parah, terutama pada anak kucing, obat antivirus yang digunakan.

FHV-1 ini adalah penyebab paling umum dari ulkus kornea pada kucing. Setiap kucing dengan ulkus kornea harus diperiksa dan dicurigai adanya infeksi FHV-1 dan obat antivirus harus segera diaplikasikan. Jika terjadi ulkus kornea mata kucing akibat FHV-1 maka itu karena adanya infeksi bakteri sekunder, sehingga pemberian antibiotik sangat dianjurkan. Ulkus mata ini sangat perih, sehingga kucing yang terkena sering diobati dengan pereda nyeri via oral atau suntik, bisa juga menggunakan salep atropin untuk melebarkan mata dan mengurangi rasa sakit.

Idoxuridine adalah agen antivirus yang umum digunakan pada kucing. L-lisin, yang merupakan asam amino, telah ditemukan untuk mengganggu replikasi FHV-1. L-lisin diberikan secara oral dan penggunaannya dalam kombinasi dengan idoxuridine direkomendasikan sebagai pilihan pertama terapi. Jika kombinasi ini tidak efektif, obat lain, sendiri atau dalam kombinasi, dapat digunakan.

Demikian semoga bermanfaat.




195 komentar:

  1. selamat siang mimin, mata pada kucing saya mengalami pembengkakkan.
    seperti ciri2 pertama "KONJUNGTIVITIS", pertama matanya mengalami belekan, setelah belekannya hilang matanya memerah, sekitar 3-4 hari pada bola matanya membengkak dan sedikit berwarna abu pudar gitu.
    apakah hal tsb memang sama dgn konjungtivitis?, apakah obatnya hanya dgn tetes mata, tetes mata itu khusus kucing atau yg biasa dipakai manusia?
    terima kasih, mohon pencerahannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake kunyit aja. olesin disekitar mata kucing (bukan bola matanya). biasanya sih 4 atw 5 kali per 2hari sekali. di jamin cepat sembuh. pertama di oles pasti bakal bnyak kotoran (tai mata) sehingga terlihat bertambah parah. tapi jgn khawatir. itu tandanya sdh mulai bereaksi. terus aja berikan sampai sembuh. pengalaman sih ane punya kucing kalau sakit mata aneolesin kunyit. kalau penyakit yang laen cuman di kasih propolis. caranya basahin jari kita dgn propolis gak perlu banyak. asal terlihat basah aj dikit. trus masukan ke mulut kucing. lakukan terus sampai si kucing sehat. mudahkan hehe... ini juga pengalaman ane. habis dirumah banyak kucing ane juga kagak mau kucing2 ane dirumah nyimpan penyakit.

      Delete
  2. Sebelumnya terimakasih atas kunjungannya.... Jika melihat apa yg anda ceritakan tersebut maka dapat saya sampaikan bahwa awal mulanya mata kucing anda mengalami konjunctivitis dan sudah terinfeksi bakteri serta saat ini sudah berkembang menjadi parah. Untuk itu segeralah lakukan pengobatan dengan menggunakan salep mata yang mengandung antibiotik. Saran saya gunakan salep mata yang mengandung antibiotik gentamicin, cari di apotik manusia atau di toko obat manusia terdekat. Obatnya sama dengan sakit mata pada manusia, oleskan pada mata yang sakit 3 kali sehari selama 7 hari berturut-turut. Jika sakit berlanjut segera di bawa ke Dokter Hewan terdekat untuk di diagnosis lebih lanjut akan kemungkinan infeksi virus/ tumor/ parasit. Semoga ini dapat membantu dan kuncing anda segera pulih kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas sarannya.
      apakah dioleskan pada bola matanya, atau sisi luar?

      Delete
  3. bola matanya lebih bagus atau pada ujung bola mata... nanti akan menyebar dengan sendirinya.... semoga lekas sembuh.

    ReplyDelete
  4. kucing saya berusia 3 bulan persia peranakan, sekarang kondisinya sedang sakit mata seperti berair dan bersin2. sudah dikasih obat tetes mata xytrol tapi engga fungsi, kira2 obat apa lagi ya, trims

    ReplyDelete
  5. Gejala dengan mata kucing berair ditambah bersin-bersin merupakan suatu bentuk adanya peradangan (bisa jadi) di organ hidung/sinusitis, radang di trachea atau diseputar saluran pernafasan. Artinya tidak selalu mata berair karena adanya infeksi pada mata dan itu bisa jadi suatu gejala klinik peradangan sebuah organ lain, sebagai informasi bahwa terdapat saluran air mata dari hidung menuju ke mata yg bernama ductus nasolakrimalis, sehingga apabila adanya peradangan di hidung pun bisa menyebabkan keluarnya air mata pada kucing. Sehingga pemberian obat tetes mata menjadi kurang efektif. Yang saya khawatirkan adalah adanya infeksi virus (feline hervesvirus), Untuk itu pengobatan yg saya anjurkan adalah meningkatkan kondisi tubuh kucing dengan multivitamin + pemberian nutrisi yang cukup, kemudian untuk mencegah adanya infeksi sekunder dari bakteri maka pemberian antibiotik via muscular sangat dianjurkan.
    Untuk masa perawatan usahakan suhu di lingkungan cukup hangat agar proses penyembuhan lebih cepat terjadi. Jika disuhu yg dingin misalnya 25 C maka tubuh kucing akan menggunakan energinya untuk melawan suhu yg dingin tersebut, sehingga kekebalannya terpecah menjadi 2.
    Jika masih bingung maka cobalah ke dokter hewan terdekat untuk melakukan pengobatan dan meminta advisnya. Nanti akan didiagnosa apakah penyakit tersebut benar2 sakit mata atau penyakit yg lain dengan melihat suhu tubuh, pulsus, gejala klinis, jika diperlukan uji lab. dll.
    Demikian semoga dapat membantu. terimakasih.

    ReplyDelete
  6. sore min, mau tanya. kucing saya umur 3 bulan. kalo ngantuk atau abis bangun tidur mata sebelah kiri-nya kecil sebelah, belekan dan terlihat seperti berair. itu kenapa ya? udah sekitar sebulanan. diobati pake tetes mata manusia bisa tidak? atau salep mata manusia? tp dia tidak terlihat gatal

    ReplyDelete
  7. Belekan pada mata kucing merupakan manifestasi dari infeksi bakteri, namun tidak menutup kemungkinan ada penyebab utamanya, sedangkan belekannya merupakan infeksi bakteri ikutannya. Contoh penyebab utama misalnya debu, parasit (cacing mata) atau jamur... Nah, untuk itu perlu dipastikan apakah penyebab utamanya. Jika hanya disebabkan oleh bakteri maka cari obat mata yang mengandung antibiotik, itu akan sangat membantu, selama antibiotik tersebut belum resisten terhadap bakteri tsb. Jika sudah resisten cari jenis obat antibiotik yg lain ( chlorampenicol, ampicilin, gentamicin atau yg lain). Tapi sekali lagi mohon dicek atau diperiksa penyebab utamanya ya... Jika sudah diobati penyebab utamanya maka insyaallah akan sembuh. demikian semoga dapat membantu.

    ReplyDelete
  8. permisi, kucing saya umurnya sekitar 2 bulan. beberapa hari yang lalu dia lemas dan tidak nafsu makan, tapi hari ini dia sudah mau makan cukup banyak. malam hari saya lihat dia tidak ada bersama saudara2nya yang lain. ketika saya cari ternyata dia sedang menyendiri dan ternyata bola matanya yang sebelah kiri menonjol keluar seperti mata kepiting. kira kira obatnya apa ya? apakah jalan satu-satunya harus dioperasi? terima kasih banyak atas penjelasannya

    ReplyDelete
  9. Coba anda perhatikan dan periksa mata kucing tersebut, apakah mata yang menonjol tersebut akibat tumor atau tidak, kemudian jika tidak ada tumor tidak perlu untuk dioperasi. Namun biasanya tumor berjalan dalam waktu agak lama untuk membentuk benjolan bisa beberapa minggu sampai beberapa bulan tergantung jenis tumornya. Namun jika tidak ada tumor maka pengobatan secara topikal dan injeksi akan cukup membantu, sedangkan jenis obatnya tergantung dari diagnosa penyakit kuncing anda. JIka kondisi tersebut dibiarkan, ada kemungkinan mata kucing akan mengalami glaukoma atau keluarnya bola mata dari tempatnya. Jadi saran saya lebih baik segera dibawa ke dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan dan penentuan diagnosa penyakit mata kucing tsb. Tingkat kesembuhan tergantung seberapa parah kondisi mata kucing anda dan semakin cepat penanganan akan semakin cepat menghindari hal2 yg tidak diinginkan. semoga dapat membantu...

    ReplyDelete
  10. Halo min salam kenal. Senang sekali saya bisa menemukan blog ini. Saya mau tanya min, kucing saya sdh 2 hr ini matanya berair. Awal nya hanya mata kiri nya saja esok nya di ikuti mata sebelah kanan. Pada pinggir matanya memerah sepertinya meradang dan sedikit bengkak. Saya sudah berikan obat tetes mata erlamycetin chloramphenicol. Apakah pemberian obat ini sdh benar? Dan berapa kali sehari sebaiknya saya berikan? Terimakasih banyak sebelum nya :)

    ReplyDelete
  11. Jika melihat tanda klinis, analisa saya memang kucing anda mengalami radang conjungtiva dan jenis obat yg anda berikan sudah sangat benar dan insyaallah akan sembuh, namun perlu dipantau perkembangannya selama 4-7 hari selama pengobatan. Jika mengalami perbaikan maka tuntaskan pengunaan obat tersebut sampai sembuh benar. Tapi jika tidak ada perbaikan maka kemungkinan besar obat tsb sudah resisten, sehingga perlu diganti antibiotik yg lain. Pengunaan obat tersebut cukup 3-4 kali sehari ( pagi-siang-sore-malam). Mudah-2an ini dapat membantu dan semoga lekas sembuh. trims.

    ReplyDelete
  12. selamat malam...
    saya punya kucing, sudah beberapa hari ni kucing saya mengalami kelainan.
    ciri-cirinya: selaput putih mata kucing saya mulai menutupi kornea.itu terjadi di kdua mata kucing saya. apa kucing saya termasuk mengalami penyakit konjungtivitas, atau penyakit lain (kalo penyakit lain,apa nama penyakit tsb n cara pengobatannya)..

    lalu beberapa hari yang lalu kucing saya mengeluarkan pup dengan warna hijau n sedikit kental serta mengeringis seperti kesakitan saat mengeluarkan pup'a tsb. apa yang terjadi dengan kucing saya??? (maaf klo pertanyaan diluar topik)

    ReplyDelete
    Replies
    1. anonymous, saya memiliki kucing yang selaput putih mata menutupi kornea kedua mata kucing saya. mohon petunjuk penyembuhannya. no. hp saya, 08787 870 8700. sms ya, nanti saya telefon. terimakasih sebelumnya.

      Delete
    2. Selaput putih pada mata kucing menunjukan bahwa kuncing sedang dalam keadaan depresi atau bisa juga disebabkan adanya gangguan pada mata kucing itu sendiri, contohnya kurangnya cairan air mata, konjungtivitis dll.
      Untuk pengobatannya adalah mengatasi depresi dan pemberian obat penambah air mata yang isotonis, contohnya insto.
      Demikian, semoga ini dapat membantu.

      Delete
  13. Untuk penyakit mata kucing anda tersebut, mohon maaf saya belum bisa menyimpulkan diagnosa dan pengobatannya. Untuk itu mohon kirimkan foto mata kucing anda ke saya (burhanwulanto@yahoo.co.id)agar saya bisa jelas melihat dan menentukan diagnosanya. Kemudian untuk pup yang berwarna hijau akibat cairan pankreas yg berlebih, mungkin ada infeksi di lambung atau usus bagian depan (gastritis atau enteritis). Untuk pengobatan pup yang berwarna hijau anda bisa mengunakan antibiotik jenis oksitetrasiklin. Demikian semoga dapat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas informasi'a dan akan saya kirim foto kucing saya.

      Delete
  14. Salam cat lovers, mau nanya kucing sy umurnya kurang lebih 3 bualan. Sebelumnya mencret dn matanya berair setelah di periksa drh dan dikasih obat mencret + disuntik cacingan alhamdulilah mencretnya sudah gk, tp Ќεήåpªª matanya masih berair. Apakah penyakit ini bisa menular ke manusia maklum newbie,
    Mohon sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga pak, obat yg diberikan oleh kolega saya itu adalah obat cacing yg diberikan per oral dan antibiotik via injeksi yg berguna utk mengobati diarenya, bukan utk obat mata, karena beliau berfikir bahwa diare atau mencret bisa menyebabkan kematian, sehingga penyakit utamanya yang perlu di obati terlebih dahulu. Memang mata kucing berair bisa disebabkan oleh cacing mata atau bakteri, yang bisa disembuhkan dengan pemberian antibiotik + obat cacing. Namun pemberian antibiotik via injeksi utk pengobatan mata kurang efektif, karena bakteri yg menyebabkan sakit mata ada diluar tubuh sehingga untuk kontak antara bakteri dengan antibiotik yg diberikan via injeksi sangat kecil sekali. Akan lebih baik jika pemberian pengobatan sakit mata via topikal seperti tetes mata atau salep mata yg diberikan secara langsung ke mata kucing tersebut. Bakteri penyebab sakit mata pada kucing bisa saja menularkan ke manusia, jika kita tidur bersama, cairan mata kucing terkena dengan mata kita baik secara langsung atau tidak langsung (perantara tangan, lap atau peralatan lain). Tapi tidak perlu khawatir, jika kita selalu menjaga hygine dan sanitasi semua bisa terkendali. Seperti cuci tangan dengan sabun setelah menyentuh mata kucing atau mengobatinya, termasuk lap dan peralatan lainnya.

      Delete
  15. maaf, numpang tanya, Jumat kemarin tgl 21 Septbr 2012. kira2 umurnya 4 bln`an..
    Saya temukan dia di jalan raya depan rumah sy dlm keadaan yg sangat kurus, mata belekkan kering ( sama sekali tdk bisa melihat ) untung keadaannya sehat.
    selama ini sy blm membawanya ke dokter hewan, sy hnya merawatnya dgn cara setiap matanya mulai berair sll sy bersihkan lalu meneteskannya dgn tetes mata yg biasa orang pakai( rekomendasi keluarga), apa itu benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih ada orang seperti anda yg mau berbaik hati merawat kucing tersebut. Terimakasih sebelumnya ya..., cara yg anda lakukan sudah tepat hanya perlu ditambah dengan pembersihan mata terlebih dahulu dengan air bersih yg hangat, bisa juga di campur daun sirih yg diremas2(daun sirih itu mengandung antibiotik alami) atau bisa juga anda mengunakan boorwater untuk membersihkannya. Setelah itu baru gunakan obat tetes mata. Lakukan hal ini 3-4 kali sehari, mudah2-an segera sembuh. Jangan lupa setelah sembuh segera untuk di vaksin rabies agar kita sebagai pemilik aman dari penyakit rabies (penyakit rabies ini sangat berbahaya dan bisa menular ke manusia serta belum ada obatnya, hanya ada serum (SAR) dan vaksin (VAR)utk manusia, itupun susah sekali mencarinya). Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
    2. Selamat Pagi Oom/tante,
      Kucingku umur 3,5 bln turunan Persia Himalayan. Matanya berair terus tapi tidak merah. Kayaknya tertular sakit mata temanya. Aku konsultasi drh via tlp disarankan pake obat tetes mata Erlamicetin 1x sehari apa direkomendasi?. Satu hal lagi kuping kucingku tiap hari dibersihin tapi selalu kotor. Aku baca artikel di internet kemungkinan dlm saluran kupingnya ada kutu. Sudah aku kasih Earmites produk IM Organik tp msh belum sembuh. Apakah bisa diobati dgn Erlamycetin utk tetes kuping, seperti halnya utk tetes mata. Tks atas advis dan pencerahanya

      Delete
    3. Selamat malam mas budi, maaf agak malam menjawabnya, karena siang tdk bisa buka blog ini, sibuk ama kerjaan kantor. Begini mas, obat tetes mata Erlamycetin mengandung antibiotik jenis chlorampenicol 0,5 % dan memiliki cairan yang isotonis. Obat jenis ini sangat cocok utk conjungtivitis, iritis, dan pengobatan sakit mata karena bakteri. Menurut saya pengunaan obat ini 3 kali sehari dengan cara diteteskan pada mata kucing anda.
      Kemudian mengenai banyaknya kotoran di telinga tidak selalu ada kutu mungkin juga ada infeksi telinga karena bakteri. Jika disebabkan oleh kutu maka kucing akan sering mengaruk2an telinganya kemudian sering mengeleng-gelengkan kepalanya. Nah jika disebabkan bakteri maka gejala tersebut tidak ada, maka pengunaan Erlamycetine 1 % bisa digunakan. Yang lebih bagus gunakan Erlamycetin khusus untuk telinga karena kandungan chloramphenicol-nya lebih besar dari pada Erlamycetine untuk mata. Demikian semoga dapat membantu..

      Delete
    4. Jadi apa yg sy lakukan sll ini tdk salah kn? krn sy sama sekali belum pernah punya kucing yg belekkan. Lalu dgn obat tetes mata tadi, hrs brp tetes setiap pemakaian?
      Dan, apakah boleh digunakan terus menerus? Krn Obat tetes mata yg sy pakai, adalah yg biasa dipakai manusia,., Nama obat Tetes mata untuk kucing apa? beli diapotek biasa ada? Kalau dgn harga, Apakah mahal?
      Terima kasih, atas balasannya,.,.,

      Delete
    5. Insyaallah gak salah, pemberian cukup satu tetes saja.. Pengunaan obat tetes mata yang mengandung antibiotik secara terus menerus akan menimbulkan efek negatif yaitu resistensi antibiotik dan munculnya mikroflora seperti jamur karena ketidakseimbangan mikroorganisme di area tersebut. Namun jika obat tetes mata tidak mengandung antibiotik maka, tidak jadi masalah jika diberikan terlalu sering contohnya obat tetes mata insto (@R)cs. Demikian Semoga dapat membantu.

      Delete
    6. Maaf, merepotkan lagi. sy mau tanya lagi, sy pernah di beri tahu teman, kalau kucing belekkan itu hrs sering dilakukan pemijatan di dekat mata (Antara mata dgn Hidung) apakah benar?
      Lalu, hr ini sy menemukan lg kucing kampung dipasar, kira2 usiannya sama, dia jg sedng belekkan, tp nafasnya jg kayak antara sesak & pilek, itu knp ya? hrs sy obati dgn cara apa? kucing ini sdh mau makan nasi pake ikanpindang( ikan yg sdh dikukus) tdk mau diberi makanan kucing. tdk masalah kn?
      Sebelumnya sy mengucapkan bnyk trima kasih atas infonya, yah walaw sy sgt suka kucing, tp kalau sakit belekkan & pilek, jujur baru kali ini, jd agak bingung,.,
      terima kasih ,.,.(lagi)

      Delete
    7. Saya senang bisa membantu orang2 yg membutuhkan,..jadi gak masalah kog.... Pemijatan tersebut dimaksudkan utk melancarkan peredaran darah di daerah sekitar mata dan di daerah tersebut juga ada saluran air mata antara mata dan hidung namannya ductus nasolacrimalis, pemijatan itu saran yg bagus... kemudian mengenai makanan kucing yg tinggal dipasar tentu dia belum adaptasi dengan makanan kucing pabrikan, jika ingin menganti makanan maka campurkan sedikit demi sedikit makanan kucing pabrikan dengan makanan ikan pindang tersebut sampai suatu saat bisa full makanan pabrikan.
      Mengenai sesak napas dan pilek bisa ada beberapa kemungkinan yaitu bisa kondisi tubuh yg sedang drop, sinusitis atau radang paru-paru pada kucing tersebut. Pengobatan yang biasa dilakukan adalah pemberian suport terapi dengan multivitamin plus antibiotik yg efektif bekerja di saluran pernapasan, contohnya spiramycin, tylosin, eritromycin atau gentamycin via injeksi. Namun saran saya adalah karena kucing tersebut masih baru dan kita juga belum tahu tentang derajat kesehatannya maka lebih baik di bawa ke dokter hewan terdekat agar di diagnosis status kesehatannya, ini demi kebaikan kucing itu sendiri dan kita sebagai pemiliknya. Hal ini saya sarankan demikian karena banyak sekali penyakit dari kucing yang bisa menular ke manusia atau yg biasa disebut penyakit zoonosis, contohnya rabies dan toxoplasmosis.
      Demikian semoga menjadi jelas adanya dan saya ucapkan terimakasih kembali.

      Delete
  16. Assalamualaikum min,,
    saya punya anak kucing 4 ekor bulan pertma mereka dah mulai terkena sakit mata sampai saat ini,tapi kadang sakit matanya itu hilang kadang kambuh lagi,,mohon saran untuk menanganinya..terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam wr.wb....
      Jika keadaanya begitu maka kita harus sering2 membersihkah mata kucing tersebut dengan dengan air hanggat, bisa di campur dengan daun sirih atau gunakan boorwater untuk membersihkannya (gunakan kapas). Iritasi mata kucing bisa disebabkan oleh debu atau benda asing lainnya, sehingga jika sering dibersihkan maka diharapkan kita bisa mengurangi dan menghilangkan benda asing tersebut. Perhatian jika kondisi seperti ini pengunaan tetes mata yg mengandung antibiotik akan sangat berbahaya, karena pengunaan antibiotik yg terlalu sering tanpa melihat rotasi pengunaan antibiotik, akan menimbulkan resistensi antibiotik jenis tersebut. Untuk itu pengunaan tetes mata yang mengandung antibiotik bisa dilakukan dalam hal keadaan yg mendesak dan yakin bahwa penyebab sakit mata dikarenakan bakteri.
      Demikian semoga berkenan dan bermanfaat, serta dapat membantu. Terimakasih.

      Delete
  17. Assalamualaikum,
    Saya punya anak kucing umur 5 bulan. Sdh 2minggu selaput matanya menutupi hampir sluruh bola matanya. Jd obat apa yg hrus sy berikan? Trims sblmx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf yang anda maksud, kelopak mata menutup mata atau ada selaput putih menutup bola mata..? Jika selaput putih yang menutup kornea mata kucing anda, maka penyakit itu disebut Keratitis. Keratitis ini dibedakan menjadi 2 yaitu keratitis epitel dan ulserativa. Penyebab keratitis biasanya oleh pengaruh fisik, kimia maupun mikroorganisme. Yang paling sering terjadi adalah keratitis ulserativa, yang disebabkan oleh trauma, kekeringan atau oleh bakteri dan virus. Sedangkan peranan bakteri atau jamur dalam hal ini hanyalah sebagai oportunis. Mikroorganisme yg sering menyerang biasanya adalah mycoplasma dan chlamydia.
      Pengobatan antibakteri/antibiotik via topikal akan efektif untuk mencegah dan membunuh bakteri yg menginfeksinya, namun jika penyebabnya adalah jamur maka antibiotik tidak akan menyelesaikan masalah, hanya akan mencegah infeksi sekundernya saja, demikian juga jika penyebabnya virus. Untuk itu diperlukan diagnosa yang tepat untuk penentuan obatnya. Karena keratitis ini bisa disebabkan oleh virus, jamur atau bakteri dengan gejala klinis yg sama. Saran saya segera bawa ke dokter hewan terdekat,... semoga ini bisa membantu.
      Namun jika kelopak mata kucing tidak mau membuka karena adanya kotoran/belekan maka dapat saya pastikan karena infeksi bakteri, maka pengobatannya bisa mengunakan obat tetes mata yang mengandung gentamycin.

      Delete
    2. Ass,
      Mksd sya slaput putih yg mnutupi sbagian bola matax. Jd ia trkena keratitis. Klo misalx krn trauma obat apa yg hrus sy brikan? Trims sblmx wss.

      Delete
    3. Wa'alaikumsalam,... pada kejadian trauma ada sel-sel yang mengalami cidera. Cidera ini bisa permanen atau hanya sementara tergantung lokasi dan jenis cidera, contoh pada cidera memar otot akan sembuh dengan sendirinya namun jika terdapat luka pada kulit/otot maka akan membentuk jaringan ikat/parut (fungsi kulit menjadi menurun). Pada organ mata yang cidera termasuk agak susah untuk sembuh, tapi kita hanya bisa mencegah perluasan area cidera trauma tersebut. Cara yang efektif untuk mengatasi hal itu menurut saya adalah memperlancar peredaran darah di daerah mata dengan cara menghangatkan area mata kucing (gunakan nasi hangat yang dibungkus dengan kain bersih), sehingga pembuluh darah di daerah mata mengalami dilatasi dan peredaran darah menjadi lancar untuk memperbaiki sel-sel di mata, disamping itu perlu juga dipertimbangkan dengan mengunakan antiradang seperti hydrocortison injeksi(bukan yg salep ya, itu untuk kulit bukan untuk mata)atau bisa juga mengunakan antiradang Phenylbutazone dan antibiotik untuk mencegah infeksi sekundernya.
      Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
  18. Selamat Malam.
    Dengan kucing sy, dibilang sesak nafas y tdk, dbilang pilek jg tdk,. hnya sj "meong"nya agak serek lh,. sy sh maunya d_bw kedokter hwan, tp
    1.takut biayanya,. yah maklum lh sy hnya seorang peljr yg hna kerja smpingan,. tentu utk kedokter hewan kn btuh biaya,.,.
    2. sy amat sngat takut dgn anjing (hehehe) liht anjing sj sy bs langsung asma,.,

    Wah, ternyata penyakit kucing bnyak jg ya?? dr kecil ibu sy sdh sangat suka kucing, kata ibu sy,. kucingnya ibu dulu tdk sakit yg aneh2,. paling2 hnya pilek ( dikasih obat biasa, 1/4 dosis)
    Dibilang khawatir sih tdk,. hnya sj sy kasihan dengr nafasnya,. tdk ada gejala yg mengkhawatirkan,,. napsu makan biasa, bahkan terus meningkat,., dgn mata ( sesuai dgn saran anda) alhamdullilah sdh mulai berkurang, dgn pub`Y tdk ada yg slah,. hnya sj dia paling mudah haus,.,.minggu ini sdh hampir genap 3 minggu,. alhamdullilah keadaannya jauh membaik,.
    so.. next stepnya bagaimn? what must I do?

    terima ksih banyak,,.(maaf agak banyak)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam juga mbak syanis,
      Memang untuk di bawa ke Dokter Hewan memerlukan biaya, tetapi tidak semahal yg anda banyangkan.. Biaya yang kita hitung adalah harga obat + Jasa. Jika obat yg kita berikan tidak banyak maka biayanya pun murah.
      Keuntungan di bawa ke dokter hewan adalah kita bisa mengetahui secara detail mengenai kesehatan kucing kita, kemudian akan disarankan jenis vaksin yg harus diberikan untuk keselamatan kucing dan pemilik. Jangan takut mengenai biaya ya.......
      Ok, balik ke pertanyaan anda, jika melihat apa yg anda ceritakan tentang kondisi kucing tersebut, sepertinya tidak ada yg harus dikhawatirkan, hanya saja perlu di beri multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jika daya tahan tubuh meningkat maka serak tersebut juga akan hilang dengan sendirinya. Nafsu makan yg meningkat menunjukan kondisinya baik-baik saja, ini perlu dipertahankan.
      Demikian semoga dapat membantu. Terimakasih kembali.

      Delete
    2. assalamualaikum
      Huft,., lega sy mendengarnya,. alhamdullilah,.,
      ya insya allah kalau ada rezeki sy akan coba bw kedokter hwan,,., Terima kasih banyak atas info yg sangat berguna ini,.,
      wassalamualaikum

      Delete
  19. Ass..
    Trima ksih sblmx. Sblmx saya mndiagnosa kucing sy keratitis disebabkan karna trauma dan anda menyarankan utk mengobati cidera yg ada. Akan tetapi tdk ada tanda2 cidera sdkitpun pd kucing sy. Maka sy kmbali bertax, ini peny.keratitis disebabkan oleh faktor apa ya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...Begini..., cidera yg dimaksud bukan pada organ tubuh yg lain tapi di mata kucing tersebut (goresan luka akibat berkelahi, cakaran kucing sendiri, benda asing dimata dll) dan jika tidak ada bekas luka/goresan pada mata kucing, ada kemungkinan mata kucing anda terinfeksi mikroorganisme ( bisa itu bakteri, virus ataupun jamur) atau adanya gangguan pada kelenjar atau saluran air mata yang menyebabkan kekeringan pada mata kucing tersebut. Kemudian jika kita berbicara menggenai mikroorganisme maka penentuan jenis mikroorganisme yang tepat akan sangat membantu dalam hal penerapan pengobatannya.
      Nah, tentunya untuk menentukan jenis mikroorganisme tsb dibutuhkan pemeriksaan gejala klinis dan pemeriksaan laboratorium (untuk peneguhan diagnosa), sehingga saya sarankan untuk segera dibawa ke dokter hewan terdekat.
      Demikian bu/mbak rista semoga ini dapat membantu.

      Delete
  20. selamat sore, senang sekali bisa menemukan blog ini >.<
    mohon bantuannya >.<

    saya punya kucing, kira2 +- 6 bulan,
    2 hari ini kucing saya mengalami sakit mata, jenis nya mirip konjungtivitis, namun terjadinya di kedua matanya dan hampir menutupi kornea mata (saya baca bbrp diatas dan mungkin masalahnya mirip),

    kebetulan kucing saya ini keturunan cat flu (nenek, dan ibunya) saya juga tidak tau pasti, namun pernah baca2 kalo cat flu itu tidak bisa hilang, dan jika punya anak, anaknya akan terinfeksi juga,

    tapi selama ini kucing saya yg ini tidak apa2, sejak lahir saya selalu memperhatikan takut2 terkena sakit yang sama, matanyapun tidak pernah berair/belekan seperti kasus2 kucing saya sebelumnya >.<

    namun sudah 2 hari ini matanya tiba2 seperti itu, ada masalah juga sepertinya dengan pencernaan (pup nya mencret) dan hari ini tidak mau makan (kemarin masih mau makan) >.<
    saya sudah coba beri erlamycetin tp belum ada perubahan, mohon bantuannya, apa jenis penyakitnya berbeda dan bagaimana cara penanganannya, terimakasih sblmnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore juga,
      Cat flu adalah nama penyakit yg bisa disebabkan oleh feline herpes virus, calicivirus, Chlamydophila felis, atau Bordetella bronchiseptica. Jika penyebabnya cat flu adalah Feline herpes virus, maka kucing itu akan membawanya seumur hidupnya atau biasa disebut hewan carrier (pembawa/penyebar).
      Nah, sebelum kita lakukan penanganan, maka kita perlu ketahui dahulu tentang :
      -Pernahkah kucing tersebut di vaksin Feline Herpes Virus-1 dan Feline Calicivirus (FCV)?
      - Jika sudah pernah, kapan terakhir divaksin FHV-1 & FCV?
      Seperti hal yang kita ketahui bahwa feline herpesvirus bisa menyebabkan konjungtivitis. Sehingganya pengobatan dengan erlmycetin (chlorampenicol) tidak menyembuhkan hanya mencegah adanya infeksi sekunder oleh bakteri.
      Saya tidak tahu apakah ibu/nenek kucing anda mengalami cat flu yang disebabkan oleh herpesvirus atau bukan. Jika disebabkan oleh herpesvirus maka kemungkinan besar akan menurun akibat kontaminasi dari kotoran induknya.
      Namun sebelum ditentukan diagnosanya maka uji laboratorium sangat dianjurkan. Jika sudah positif terinfeksi herpesvirus maka, pananganannya adalah kita perlu obat anti virus bisa mengunakan idoxuridine, antibiotik, L-lisin, ATP dan Multivitamin. Intinya bagaimana menghambat perkembangan virus dan mengertak antibodi dengan peningkatan stamina.
      Susah ya... ya udah daripada pusing-pusing, bawa aja ke dokter hewan terdekat. Yang jelas gambarannya seperti itu. Demikian semoga dapat membantu ya....

      Delete
    2. sore :D
      sebelumnya terimakasih sekali ya sudah mau membantu XD
      hari rabu sang kucing sudah dibawa ke dokter, dan katanya terkena infeksi, tapi entah infeksi apa, sang dokter tidak menjelaskan, saya hanya dikasi obat antibiotik & vitamin, dan kata dokter bagian matanya tidak ada masalah, tp sudah beberapa hari ini sih matanya semakin kurang baik, jadi saya masih agak khawatir T_T untuk makan & minum, sekarang sudah mau sendiri :D kemarin2 masih disuapin :D

      untuk cat flu ini, yg awalnya menderita adalah nenek kucing, nah sang nenek ini sudah meninggal >.< lalu dia punya anak, ibu dari kucing yang sakit, ibu kucing ini memang kena cat flu juga dari kecil, kata dokter menular dari ibunya,saat masih kecil sudah diobati,dan divaksin, tapi matanya masih berair sampai sekarang, tapi tidak merusak matanya, hanya berair2 terus pada mata bagian kanan >.<

      saya mau tanya, apa cat flu akan terus menurus menurun sampai ke kucing saya yg sakit ini juga? karena kebetulan betina, dan apa terus sampai keturunan2 berikutnya? :o

      terimakasih sblmnya ya :D

      Delete
  21. saya punya anak kucing berumur 1 bulanan, akhir2 ini kucing saya matanya berair dan merah, dan saya lihat mata kucing tersebut seperti tidak ada mata nya karena tertutup oleh kotoran, dan kucing saya bersin2

    apakah ada obat alaminya untuk menyembuhkan nya ?
    terimaksih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda cari obat genoint di apotik terdekat, teteskan 3-4 kali sehari selama 5 hari berturut-turut. Mudah2-an lekas sembuh dan senang bisa membantu anda, terimakasih kembali.

      Delete
    2. kira-kira harganya berapa ?

      Delete
    3. Mohon maaf, hanya apotik yang tahu harganya... mungkin antar apotik berbeda2 harga di daerah Indonesia ini.... namun tidak mahal, ....

      Delete
    4. apakh dgn obat genoint, bersin2Y bs sembuh?

      Delete
    5. tidak, itu untuk obat tetes mata... sedangkan bersin itu akibat adanya benda asing yg ingin dikeluarkan dari hidung. Benda asing itu bisa karena serbuk sari, bakteri, parasit ataupun virus.

      Delete
    6. lalu obat utk bersinY apa? koQ sdh 3 bln ini bersinY g sembuh2?? sy kwtr,. terimh ksh,.,

      Delete
    7. Cobalah anda lihat dan periksa dahulu pada rongga hidungnya lalu bersihkan dengan hati-hati dengan cutton bud yang diolesi dengan babby oil. Jika tidak ada sesuatu (misalnya kutu), maka kemungkinan adanya penyebab lain. Untuk itu segeralah ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

      Delete
  22. Pro Petricia Dona @
    Selamat Sore juga.....
    Cat Flu yang disebabkan oleh virus herpes menular melalui kotoran induk kucing kepada anaknya. Potensi penularan bukan hanya anaknya saja, namun bisa ke pada kucing lain. Herpesvirus ini menular bukan secara vertikal (menurun ke anaknya melalui plasenta induk ke anak di saat dalam kandungan), melainkan secara horizontal. Hanya saja pada tahap perkembangan anak yang dicampur induk yang terinfeksi hervesvirus itulah yang menjadi sebab penularan dari induk ke anak.
    Pada kucing yang terinfeksi hervesvirus ini akan muncul gejala klinis pada saat kekebalan tubuh menurun akibat cuaca, stress, keadaan lingkungan yg tdk mendukung, atau penyakit lain yg menyebabkan immunosupresi dan lain-lain.
    Jika melihat sejarahnya seperti itu maka lingkungan rumah anda, kemungkinan besar sudah terkontaminasi dengan cat flu. Jadi walaupun kita membawa kucing lain ke dalam lingkungan tersebut maka cepat atau lambat akan terinfeksi oleh cat flu juga.
    Dan menurut hemat saya yang harus kita lakukan untuk menghilangkan penyakit tersebut adalah mendekontaminasikan lingkungan rumah dan kandang kucing dengan desinfektan, kemudian untuk kucing yang baru sebelum di pelihara di rumah harus sudah di vaksin Feline Herpesvirus (FHV-1) minimal 1 bulan sebelumnya. Jangan baru satu minggu di vaksin FHV-1 kemudian langsung di masukkan ke dalam lingkungan tersebut, kekebalan belum optimal terhadap penyakit Feline Herpesvirus.
    Untuk kucing yang sudah pernah di vaksin FHV-1 akan lebih baik menerima booster vaksin FHV-1 lagi untuk mengoptimalkan titer antibodi terhadap herpesvirus tersebut.
    Demikian semoga dapat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sebelumnya atas bantuannya ya dok,
      maaf baru datang lagi, berarti rumahku ya yang lingkungannya kurang baik, soalnya sudah beberapa kali pelihara kucing memang rata2 penyakitnya sama, jadi agak khawatir pelihara kucing sekarang karena kasihan,tetapi dilain sisi juga masih sayang dengan kucing >.<

      Delete
    2. Ini hanya saran ya....
      Pertama :
      Sterilkan rumah anda dari kucing-kucing yang terindikasi cat flu (tapi biasanya jika satu kena maka kemungkinan yang lain kena juga).
      Kedua :
      Dekontaminasi Lingkungan Rumah (tempat-tempat bermain dan tempat tinggal kucing).Untuk mendekontaminasi lingkungan, silahkan anda beli handsprayer (bisa dibeli di toko pertanian), lalu isilah handsprayer tersebut dengan air yang dicampur lysol dengan perbandingan 1 lysol : 20 air. Semprotkan pada daerah yang pernah menjadi tempat bermain dan tempat tinggal kucing (jangan sampai terlewatkan daerah2 tersebut). Termasuk kandang, tempat minum, tempat makan kucing, di cuci dengan bersih memakai deterjen dan dibilas dengan lysol, lalu dibiarkan beberapa hari dan cuci lagi dengan deterjen dan dibilas dengan air.
      Ketiga :
      Untuk memelihara kucing yg baru tunggu minimal 3-4 minggu, agar kita yakin penyebab cat flu hilang dari lingkungan rumah kita.
      Keempat :
      Sebelum dimasukkan kelingkungan rumah, lebih baik divaksin dahulu secara lengkap, baik itu untuk penyakit herpes virus, calicivirus, panleukopenia, dan rabies. Utamakan dahulu vaksin herpes virus ya.... vaksin yang lain menyusul.

      Mudah2an jika itu semua dilakukan maka kucing-kucing anda yang baru akan terbebas dari cat flu dan penyakit lainnya.

      Delete
  23. assalamualaikum .
    saya punya kucing muda .
    selama 3 hari ini matanya agak sayup .
    bagian selaput putihnya itu naik sampai separuh matanya sehingga penglihatannya terganggu .
    tetapi jika malam dia beraktivitas normal meskipun matanya agak sayup .
    yang bikin khawatir itu, pernah seperti sesak napas dan napasnya seperti anjing dengan menjulurkan lidahnya .
    dan saat tiduran napasnya cepat sekali .
    itu kenapa ya ?
    kucing saya terkena penyakit apa ?
    terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam sdr. Angga Yudha......
      Sebelumnya terimakasih atas kunjunganya ya...,
      Kucing yg mengalami sesak napas memiliki ciri: bernafas melalui mulut, nafas tersengal-sengal, dan intensitas nafas cepat dan dangkal. Penyebab sesak nafas akibat adanya gangguan di saluran pernafasan, bisa terjadi karena sinusitis, tracheitis, radang di paru-paru / pneumonia. Penyebabnya bisa karena bakteri atau virus. Untuk bakteri, biasanya yang menyebabkan gejala klinis selaput putih mata seperti kucing anda itu, disebabkan oleh bakteri Bordetella Bronchiseptica yang disertai sesak nafas dan konjungtivitis. Pengobatan yang dianjurkan adalah pemberian antibiotik via injeksi yang bekerja di saluran penafasan seperti spiramycin, tylocin, eritromycin, gentamycin.
      Nah, jika penyebabnya adalah Feline Herpesvirus maka saran yang harus dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar virus yg ada didalam tubuh menjadi dormant dan tidak berkembang. Pada kondisi tubuh kucing yang fit dan optimal, virus herpes pada kucing tidak akan muncul. Virus itu akan muncul pada kondisi tubuh drop dan stres. Solusi yang lain mungkin perlu di lakukan vaksinasi FHV-1. Namun pemberian vaksin FHV-1 pada kucing yang terinfeksi Feline Herpesvirus memiliki resiko yang tinggi dengan rasio keberhasilan 50 : 50.
      Untuk mengetahui apakah kucing tersebut terkena bakteri atau virus memang susah, hanya dokter hewan yang mengetahuinya, yaitu dengan cara melihat gejala klinis lainnya dan pemeriksaan sitologi kucing tersebut.
      Demikian penjelasan dari saya semoga dapat membantu.
      Terimakasih.

      Delete
    2. maaf mau bertanya lagi .
      tetapi gangguan pernapasannya itu hanya sehari itu saja .
      untuk selanjutnya yang terlihat adalah matanya yang semakin sayup, selaput putih semakin menutupi matanya separuh dan seperti sensitif terhadap cahaya .
      kalau siang biasanya ceria sekali sekarang hanya tiduran saja .
      dan kalau melihat hanya membuka matanya sedikit seperti memercingkan mata .
      tetapi jika malam hari aktivitasnya normal dan selaput putihnya tidak samapai separuh menutupi matanya.
      penyakit pastinya itu karena penyakit atau penyakit pernapasan ?
      terima kasih .

      Delete
    3. Jika tidak melihat sendiri kondisi kucingnya susah juga ya utk mengetahui penyakitnya...., tapi akan saya coba bantu dengan kemungkinan-kemungkinan penyakit yang menyerang kucing anda.
      1. Apakah kucing anda pernah di vaksin rabies dalam kurun 1 s/d 2 tahun kebelakang? jika sudah berarti aman dari penyakit rabies, karena salah satu ciri penyakit rabies adalah takut cahaya, kemudian lama2 tidak kenal dengan tuannya.
      2. Apakah kucing anda pernah terluka 1-2 minggu kebelakan karena logam berkarat. Jika tidak pernah berarti aman dari penyakit tetanus yang disebabkan oleh clostridium tetani. Penyakit ini pun sama yaitu takut cahaya.
      Maaf nanti disambung lagi ya... saya mau jemput anak dulu...

      Delete
    4. untuk membawanya ke dokter hewan plus biaya obat atau injeksinya membutuhkan biaya sekitar berapa ?
      terima sekali untuk infonya ya :)

      Delete
    5. Biaya dokter hewan di setiap daerah, berbeda-beda.... untuk pengunaan antibiotik via injeksi jika di Kota Metro-Lampung tidak lebih dari 50 ribu sudah termasuk jasa.
      Karena memang PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) belum menentukan penyetaraan biaya pengobatan penyakit-penyakit yg ditangani oleh dokter hewan di Indonesia.
      Tapi mudah2-an di daerah saudara biayanya kurang dari biaya dokter hewan di Kota Metro.
      Mudah2-an ini dapat membantu ya... terimakasih kembali.

      Delete
    6. sangat membantu saya .
      terima kasih banyak .
      wassalamualakum wr.wb :)

      Delete
  24. Ass wr wb.

    Saya pny kucing berusia 2thn 2bln, dr kecil mata sering berair dan belekan, hal tsb kadang hilang namun akan timbul lagi. Sy bertanya pd dokter hewan sy namun beliau hny menyarankan menggunakan tetes mata manusia.
    Hari ini kucing sy kembali berair di mata dan belekan tp berwarna kecoklatan.
    Ap yg harus sy lakukan ? Krn setiap hal tsb timbul, dokter sy hny menyarankan menggunakan obat tetes.
    Dan apa hal tsb akan terus berlangsung ? Alternatif obst apa yg bs sy gunakan ? Karena sudah bbrp kali ini berwarna kecoklatan, sy beri tetes mata tapi sebulan kemudian muncul lg.

    Mohon bantuannya.
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam,
      daya tahan terhadap penyakit setiap individu memang berbeda2, termasuk organ mata, ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, memang jika sudah sakit ya harus di obati memakai obat tetes mata tersebut... tidak ada jalan lain. Namun sebenarnya kita bisa mencegahnya sebelum sakit yaitu menjaga kebersihan area mata. Disamping untuk mengindari infeksi bakteri, menjaga kebersihan area mata juga berguna untuk menghilangkan alergen yang membuat mata berair. Menjaga kebersihan dapat dilakukan dengan cara mengunakan boorwater setiap sore atau malam hari. Memang agak merepotkan, namun saya pikir itu salah satu cara untuk menghindari infeksi mata kucing anda yang rentan terhadap penyakit mata.
      Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
  25. saya mau bertanya, kucing saya sekitar 4bulan. pupil mata sebelah kanannya mengecil, sedangkan yg sebelah kiri itu baik2 saja.
    itu apa penyebabnya & bagaimana mengatasinya ? :"O

    terimakasih.. T^T

    ReplyDelete
  26. setelah saya lihat lagi, ternyata mata kanannya yg normal. dan mata kiriny pupilnya membesar. Mohon bantuannya :"

    ReplyDelete
  27. Terima kasih atas jawabannya..

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang bisa membantu anda.
      Terimakasih kembali.

      Delete
  28. Tolong bantu saya. Kucing saya matany bengkak , seperti ada gumpalan daging merah di seluruh matanya & kucing saya sudah tidak bisa melihat lagi. Kucing saya masih kecil. Kata sodara saya menurutnya itu masih bisa disembuhkan tapi dia tidak tau bagaimana cara menyembuhkannya , karena dia bukan perawat hewan.

    Saya harus bagaimana?. Saya tidak memiliki cukup biaya untuk ke dokter hewan. Apakah ada alternatif yang mudah & terjangkau?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah jika kondisinya seperti itu akan saya bantu sebisanya.
      Langkah 1 :
      Bersihkan mata kucing anda dengan boorwater lalu kompres mata kucing anda dengan air hangat (lebih sering lebih bagus), lalu berilah obat tetes mata genoint 3 x 1 hari.
      Langkah 2 :
      Suntiklah kucing anda dengan antiradang (phenylbutazone) dan antibiotik (penstrep-200). Mengenai dosis tergantung berat badan kucing tsb.
      Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
    2. Sore min..saya juga punya kasus yg sama.kucingnya baru dipungur dari jalan karena kasihan gak ada yg ngambil.tadi dibawa ke dokter..kt dokter blom bisa disuntik karena masih kecil bgt.akhirnya dikasih salep+vitamin.kira2 saya pwrlu cari secondbopinion gak min?atau coba dulu obatnya bebrapa hari?
      Makasih min...

      Delete
    3. Saya kira tidak perlu mencari second opinion, karena obat yg diberikan berupa salep tsb pasti mengandung antibiotik, sedangkan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh (karena pada prinsipnya : kucing akan sembuh dengan sendirinya jika daya tahan tubuh optimal dan pembentukan antibodi/zat kebal akan bekerja sempurna). Untuk obat injeksi memang jika kucing terlalu kecil akan berdampak buruk, bukan karena jarumnya tapi karena obatnya. Dokter hewan tersebut sudah memperkirakan kemampuan tubuh kucing siap menerima Obat injeksi atau belum.
      saran saya jika dalam waktu 5-7 hari tidak ada perubahan maka boleh beralih ke dokter hewan lain, dengan catatan sudah pernah di obati dengan obat A dan B serta belum menunjukan perkembangan kesembuhan yang positif, mohon untuk diperiksa kembali penyakitnya.
      Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, terimaksih kembali.

      Delete
    4. Makasih min atas penjelasannya...hari senin tepatnya setelah pergi ke dokter 1 akhirnya saya bawa ke dokter yg ke 2.kata dokternya harus dijilatin sama induknya biar bisa cepat sembuh.cuma kan pastinya gak bisa.kemudian disuruh tetesin cendo fenicol 2xsehari.bagaimana menurut mimin,?maaf banyak tanya.atau ada rekomendasi obat yg lain?terima kasih sebelumnya

      Delete
    5. Cendo fenicol merupakan obat mata yang mengandung cloramphenicol, bisa juga diterapkan.. gak masalah itu.

      Delete
    6. Siang min...saya mau tanya lagi.kemarwn ke dokter lagi dan mata sebelah kiri gak bisa diselamatkan kata dokteenya.skrg yg kanan ada tambahan swlaput putih di atas sebelah kiri sehingga semakin menutupi.pemberian cendo fenicol masih dilakukan tetapi seperrinya gak ada peeubahan yg berarti,matanya tetap berair.o ya kemarin sempat disuntik anti biotik di kulit bukan diotot karena dia masih kecil.kira2 ada obat lain gak min?takut kl matanya tambah parah dan dia gak bisa melihat
      Makasih

      Delete
    7. Mohon maaf baru bisa membalas, baru pulang dari perjalanan dinas jadi gak buka blog.... mohon dicoba sebelum pengobatan dibersihkan dulu matanya dengan air hangat atau boorwater, jika tanggal 20/12/2012 besok tidak sembuh maka ada kemungkinan bahwa penyakit mata tersebut disebabkan oleh virus. Tidak ada antibiotik yg efektif untuk itu, hanya sebagai pencegah infeksi sekunder, namun itu penting sekali. Biasanya yg menyebabkan penyakit tambah parah adalah infeksi sekundernya. Langkah yang paling bagus menurut saya adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan pemberian multivitamin bisa via oral atau dicampur makanan/minuman. pengobatan dengan cendo fenicol tetap harus diberikan sampai obat tersebut habis, jika sudah habis ganti dengan antibiotik lain, contohnya gentamicin.
      Ada cara lain yg mungkin bisa dijadikan sebagai referensi pengobatan yaitu pemberian madu murni (harus benar2 murni)satu tetes tiap hari. Madu selain sebagai sumber energi, ternyata juga bisa berguna sebagai antibakteri dan antivirus sehingga menurut saya itu bisa dicoba. Demikian yg bisa saya jelaskan, semoga bermanfaat.

      Delete
  29. kotoran pada mata kucing itu harus selalu d bersihkan ? apa ada jdwal rutinnya ? trus klo iya bagaimana cara membersihkannya ? saya baru memelihara kucing, dan kucing saya masih kecil, tolong bntuannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita membersihkan kotoran pada mata kucing cukup satu minggu sekali saja dengan mengunakan boorwater dan kapas. Namun jika belum satu minggu sudah kotor lagi maka perlu dibersihkan lagi, jadi tida terpatok pada waktu dan rutinitas. Ini berbeda jika mata kucing kita sakit, jika itu terjadi maka wajib dibersihkan minimal 2 kali sehari dengan boorwater tsb.
      Demikian semoga dpt membantu. Terimakasih.

      Delete
  30. Kalau kucing kena feline herpesvirus kira kira sembuhnya berapa lama? :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kucing pernah terinfeksi Feline herpesvirus maka virus tersebut akan tetap didalam tubuh kucing sampai hayatnya dan akan menyebabkan penularan pada kucing lain. Virus tsb akan menimbulkan gejala disaat kondisi tubuh kucing menurun. Jadi sebelum terkena infeksi herpesvirus lebih baik dilakukan vaksinasi agar kucing kita terbebas dari penyakit tsb.
      demikian terimakasih.

      Delete
  31. saya mau bertanya,,kenapa ya setelah dilihat2 kucing saya umur 4 bulanan, titik pada bola matanya(warna hitam) beda ukurannya antara yang kanan dan kiri..apakah terkena penyakit ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan penyakit, prediksi saya mungkin itu bawaan dari lahir yg muncul akibat kelainan genetik.

      Delete
  32. Selamat siang... maaf saya mau tanya... sebelumnya, saya punya anak kucing empat (ditambah ibunya satu, bapaknya ga bertanggung jawab, hehehe...), jenis kucing saya kucing kampung, kucing saya datang pas hamil dan melahirkan dirumah saya, semenjak itu saya punya kucing... :) , kira2 usianya ada 3 bulanan...

    semenjak kira2 2 minggu yang lalu, anak kucing yang pertama sakit mata, matanya belekan, terus beberapa minggu kemudian anak yang kedua dan ketiga juga tertular sampai sekarang, matanya belekan (seperti bernanah, tapi kayanya bukan nanah, hanya akumulasi air mata yang mengental), berair dan kelopak mata bagian dalamnya bengkak memerah, tapi nafsu makannya masih lahap dan bagus, tapi kalau menjelang malam hari, matanya bisa sembuh seketika (tapi dengan kerak belek yang mengering) aktifitasnya lincah seperti biasanya...

    penyakit itu kembali muncul saat bangun tidur (ketika tidur matanya berair), dan mulai deh bengkak lagi dan belekan.. saya bersihkan kalau sudah mulai membasahi (meng-kerak) di bulu2 halus di bawah matanya dengan air hangat dan kapas, tapi setiap selesai dibersihkan, kelopak matanya membengkak dan mengeluarkan lendir, apakah gesekan kapas terhadap kelopak matanya merangsang iritasi sehingga membengkak? kira2 kucing saya kenapa ya? terus apa obatnya apa? saya tinggal jauh di kota kecil dan belum ada dokter hewan disini.

    terimakasih, semoga cepat ditanggapi. :)

    oh ia, anak kucing yang satu lagi hebatnya ga tertular penyakit mata tersebut, meskipun dia suka bermain2 dan menjilati saudara2nya yang lain yang sedang sakit mata. mudah2han bisa bertahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam.. maaf saya hanya bisa menjawab pada malam hari, soalnya siang kerja.
      Bedanya kucing dengan manusia seperti itu, semua kucing bapaknya pasti tidak mau bertanggungjawab sama dengan hewan lain, hanya ingin enaknya aja. Tapi ada juga lho manusia yg seperti kucing atau hewan lain yg tidak mau bertanggungjawab pada anaknya... hayoo siapa itu...??!!hehehehe....
      Begini ya, pada saat tidur aktifitas mata tidak ada dan kelopak mata menutup, jadi pada saat itulah akumulasi cairan dalam bentuk kotoran (belek) menumpuk. Sebenarnya siang juga seperti itu, namun langsung terusir dengan kedipan kelopak mata.
      Langkah untuk mengatasi hal belekan yg anda lakukan sudah tepat, namun perlu ditambahkan daun sirih sebagai antibitik alami (herbal). Cuci dahulu daun sirih dengan air bersih, lalu masukan kedalam air hangat dan di remas-remas daun sirih tersebut. Gunakan untuk mencuci mata kucing anda 3 sampai 4 kali sehari (pagi, siang, sore dan malam). Setelah itu gunakan obat tetes mata genoint, berikan setelah anda selesai mencuci mata kucing tersebut.
      Mengenai kucing yg satu lagi lambat laun pasti tertular, saat ini mungkin kekebalan tubuhnya masih bagus namun nanti disaat kondisi tubuh menurun, maka kemungkinan besar akan tertular penyakit mata dari rekannya tsb.
      Saran saya cepat-cepatlah untuk diobati bagi kucing yg sakit dan berikan pencegahan sedini mungkin pada kucing yang sehat.
      Satu lagi saran saya ya.... bapaknya kucing jangan ditiru ya....!!
      Demikian semoga lekas sembuh. Terimakasih.

      Delete
    2. hehehe... OK deh.. :)
      oh ia satu lagi... nanti pas pemberian tetes matanya kan kucing suka garuk2 mata dengan tangannya, lalu dijilat deh tangannya... apa itu ngga berbahaya kalau obat tetes matanya ter-jilat sama si kucing...???

      Terimakasih banyak ya...

      Delete
    3. Obat tetes mata tersebut dibuat dalam bentuk cairan yang isotonis (sesuai dengan cairan tubuh) jadi tidak masalah. Dijamin 100 % aman untuk dikonsumsi oleh siapapun yg penting jangan satu botol ya....

      Delete
  33. Selamat malam.. Saya mau tanya soal keadaan anak kucing saya. Umurnya baru sebulan. Di mata nya terlihat selaput putih transparan seperti agar-agar. Kira-kira dia kena penyakit apa ya? Dan perawatan apa yang sebaiknya saya lakukan? Tidak ada dokter hewan di sekitar daerah saya.. Terima kasih ya sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu termasuk radang konjuntiva, mengenai penyebab konjunctivitis harus uji lab dahulu untuk menentukan apakah disebabkan oleh bakteri atau virus. Untuk pengobatan akibat bakteri pada selaput mata kucing anda gunakan obat erlamycetine, cari di toko obat atau apotik terdekat, berikan 3 - 4 kali sehari x satu tetes saja. Demikian semoga lekas sembuh.

      Delete
    2. Terima kasih sudah membalas.. Uji lab bisa dilakukan dimana ya selain di dokter atau rumah sakit hewan? Apabila virus, saya harus bagaimana? Kelopak matanya terlihat bengkak hari ini.. Saya benar-benar bingung :(

      Delete
    3. Uji lab dapat dilakukan di BPPV atau bisa juga di universitas yang ada fakultas kedokteran hewan, namun uji lab harus berdasarkan rujukan dari dokter hewan, hasil ujinya pun yang bisa mengetahuinya adalah dokter hewan. Tidak semua jenis virus yang akan diperiksa, hanya beberapa virus yang mengarah ke diagnosa dokter hewan tsb ditambah diferensial diagnosa (diagnosa banding) untuk meneguhkan diagnosanya.
      Jika terinfeksi virus maka jalan satu-satunya adalah melakukan suport terapi + antivirus (jika ada, tergantung jenis virusnya)+ antibiotik + obat lain yg mendukung kesembuhan, tergantung gejala kliniknya.
      Untuk sementara coba dulu obat yg saya sarankan, jangan panik dahulu ya...

      Delete
  34. Selamat malam, saya mau menanyakan kucing saya, awalnya mata sebelah kiri bengkak hampir tidak bisa membuka matanya sama sekali, lalu sembuh beralih ke mata sebelah kanan tanpa bengkak tp selalu berarir dan belekan terus sampai saat ini. Saya perhatiin bulu2 sekitar mata sampai telingga tipis karena sering digaruknya. Apa penyakit kucing saya, cacing mata atau sejenis radang konjutivas terima kasih. Mohon dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sdr/i core, komentar anda tidak terpantau karena masuk ke spam jd agak telat membalasnya. Mata kucing anda terasa gatal sehingga dia mengaruk terus pada matanya. Ada kemungkinan karena alergi (bisa debu, serbuk sari atau yg lain). Langkah yang tepat menurut saya adalah sering-seringlah membersihkan mata kucing anda dengan boorwater dan setelah itu berilah salep mata yang mengandung cloramphenicol. Mudah-mudahan dalam satu minggu sudah sembuh.
      Tapi coba dulu perhatikan pada mata kucing anda dengan seksama pada bagian bawah kelopak ( dibuka) apakah ada benang putih kecil-kecil atau tidak?, jika ada, maka pemberian obat cacing sangat dianjurkan. cacing dimata bisa juga menyebabkan rasa gatal. Demikian semoga dapat membantu. terimakasih.

      Delete
  35. selamat pagi,,saya mau tanya,,kenapa ya kucing saya selalu sembelit (susah buang air besar), saya perhatikan setiap mau pup,kucing saya seperti berusaha dengan susah payah mengeluarkan pup nya tapi tidak keluar,,pada suatu saat pup yang susah dikeluarkan itu sudah bisa dikeluarkan tetapi menyangkut di lubang pup nya,,,kira2 apa penyebab kucing saya sembelit seperti itu ?? (dirumah,saya kasih dryfood serta daging yg sudah digoreng) trus bagaimana pencegahan dan obatnya ya ?? terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sembelit bisa disebabkan karena kurang minum, coba untuk sementara waktu diberi air minum susu minimal satu kali sehari. Dan coba perhatikan nafsu minumnya.. jika nafsu minumnya kurang, maka makanannya jangan yg kering agak basah sedikit aja. Tapi hati2 terhadap makanan yg basah karena cepat basi, jadi usahakan pemberian makannya untuk sekali makan jangan sampai sisa. Karena makanan basi sumber bakteri dan bisa menyebabkan penyakit pencernaan pada kucing, misalnya diare. Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
  36. malam min.... saya dah baca beberapa ttg penyakit kucing, tp krn takut salah beli obat nya mending sy tanya sm mimin langsung....

    Gini..., kucing di asrama melahirkan 3 minggu lalu, anaknya ada 3. tp bebrapa hr yang lalu, da 1 ekor yang sakit. sakit nya itu, matanya sebelah sudah buta krn tertutup /lengket. trs flu, hidung nya tersumbat, bernafasnya dari mulut, ga' mau netek sama ibunya. jd makin tambah kurus dan lemas. sy kasi obt pilek yg biasa sy minum tp g berani banyak2. sehari 3 x. sy bersihkan jg mata dan mulutnya sma tisu basah. tp hari ini matanya makin parah. mata nya yg sebelah lg jg belekan dan hampir menutup. pa mank ajal nya mau datang ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam momon..., memangnya saya ini hantu mimin yg dulu main sinetron di TV...!! enak aja..hehehe... (becanda),

      Masalah ajal kan hanya Allah yg tahu, sebagai manusia kita harus berusaha sebisa mungkin ya gak..? Memang umur kucing yg masih tiga minggu sangat rentan terhadap serangan penyakit karena kekebalan tubuhnya belum sempurna, ia hanya mengandalkan maternal antibodi dari induknya yang berasal dari susu kolostrum ibunya. Dan melihat gejala yg anda informasikan, kemungkinan besar kucing tersebut terserang penyakit saluran pernafasan dan berkembang adanya infeksi sekunder oleh bakteri. Penyakit saluran pernafasan bisa karena pneumonia, laringotracheitis, sinusitis, atau penyakit virus feline hervesvirus. Pengobatan dengan obat pilek manusia (kandungan obatnya parasetamol, acetaminopen, pnenylpropanolamin HCL)tidaklah dapat membantu banyak (hanya obat simtomatik), obat tersebut bukan untuk membunuh penyebab utama penyakit malah bisa memperparah keadaan kucing tersebut.
      Untuk pengobatan kondisi seperti itu harus diberikan suport terapi seperti pemberian ruboransia, infus dextrose/lactat(tergantung keparahan), antibiotik dan obat-obat lain yang sesuai dengan diagnosa penyakitnya. Disinilah pentingnya ketepatan diagnosa untuk segera menentukan jenis obat yang harus di aplikasikan. Ke depan, saran saya adalah....jika menemui kasus seperti ini segeralah di bawa ke dokter hewan terdekat ya....jangan sampai terlambat.
      Demikian yg bisa mimin jelaskan, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

      Delete
    2. maaf y.... bis g tau hrs panggil apa... klw gt sy panggl dokter ja ya...

      bknnya g mau dbw ke dokter hewan, tp tmpt sy ini jauh dr kota. g tau jg dokter hwan dmn tmpt nya. td sdh minta obt ke klinik sy kasi tau ciri2 sakitnya, trs dibuatin obt puyer sm perawatnya. td sore dah dikasi minum. tp yg smpt bwt kaget adalah, ketika lg bersihin matany, sy lap pake tisu basah+air. tiba2 dianya garuk matanya yg sebelah trs ngeluarin cairan putih kental. tp ttp sy lap. stlh itu matanya sdh kebuka sedikit yg td nya tertutup krn lengket. tp g tau lg nih pa ketutup lg... kucing nya lg tidur...

      Delete
    3. Baiklah akan saya coba mambantu, walaupun saya tidak melihat dan memeriksa keadaan kucing anda secara langsung tapi jenis obat yg saya informasikan hanya dari cerita anda saja, dalam bahasa kedokteran anamnese. Sehingganya diagnosa dan pengobatan hanya secara umum saja. Begini obatnya:
      Pertama, belilah obat tetes/salep mata yg mengandung antibiotik (kandungannya bisa gentamicin atau cloramphenicol) berikan 3-4 kali X satu hari selama 5-7 hari, jika ada perbaikan kondisi (tingkat kesembuhan membaik) lanjutkan sampai benar-benar sembuh matanya. Jangan dihentikan jika belum benar-benar pulih, hal ini bisa menyebabkan resistensi antibiotik dan bila suatu saat kambuh lagi maka antibiotik tersebut tidak akan efektif/manjur lagi.
      Kedua, belilah antibiotik amoxiciline (di gerus dan bagi menjadi 20 bagian yg sama) berikan 2 x sehari pagi dan sore. Atau anda dapat membeli dalam bentuk amoxiciline sirup berikan )0,25 ml x 3 sehari dan akan lebih bagus lagi jika dicampur multivitamin.
      Ketiga, belilah larutan infus dektros lalu berikan melalui mulut (diminumkan)1-2 ml x 4-5 sehari.
      Berilah susu dengan cara disupin untuk membantu pemenuhan gizi kucing tersebut.
      Obat tersebut diatas merupakan obat infeksi saluran pernafasan dan mata karena bakteri. Jika disebabkan oleh virus maka penyakit tersebut tidak akan sembuh dengan obat tersebut diatas.
      demikian semoga bisa bermanfaat.

      Delete
    4. Terima kasih dok atas resep nya.
      akan sy beli dan sy terapkan. tp kan dok, si anak kucing susah banget buka mulutnya. pas mau masukin obatnya, giginya dikatup gt. ditambah badannya yg semakin lemah dan kurus kering. dokter bisa kasi cara memegang kucingnya saat memasukkan obat ke mulutnya....
      btw, terima kasih sudah memberikan konsultasi gratis... hanya Allah yang bisa membalas kebaikan Anda...

      Delete
    5. Tugas dokter hewan adalah membantu hewan di muka bumi agar selalu sehat dan bisa berguna bagi kelangsungan hidup semua hewan yang menguntungkan bagi hidupan manusia. Bukankan setiap mahluk hidup (termasuk hewan) diciptakan oleh Allah untuk dimanfaatkan dan dipergunakan untuk kebutuhan manusia serta pasti ada gunanya bagi kita. Untuk itu kita wajib menjaga anugerah Allah tsb, dimanapun kita berada.
      Berkaitan dengan cara membuka mulut kucing tersebut adalah pertama tekan rahang kucing (untuk mengobati minimal harus dua orang, satu orang memegang kucing kemudian yang seorang lagi menekan rahang dan memasukan obat), kemudian untuk memasukan obat harus memakai syringe 3 ml (alat suntik) yang dilepas jarumnya. Sedot obatnya dgn syringe tsb sesuai dosis, lalu masukan ke dalam mulut dengan mengunakan tangan kanan, tangan kiri menekan rahang agar mulutnya membuka. Lama kelamaan akan ketemu cara yang mudah untuk mengobatinya.
      Demikian semoga bisa dipraktekan. Terimakasih

      Delete
  37. selamat pagi,,, :) sudah 2 bulan ini saya merawat kucing jalanan yang saya temukan.kira -kira usianya 3-4 bulan dan sejak awal saya menemukannya matanya sudah belekan, dan 3hari belakangan saya mendapati kucing tersebut selain belekan dari pinggir mulutnya berrair kadang berbusa tapi tidak banyak. dan tidak doyan makan tapi eyang eyong terus kemana mana saya di ikuti kadang kalo saya tinggal juga cuma tiduran nunggu saya pulang didepan pintu. bagaimana cara menyembuhkannya ya? soalnya jauh dari dokter hewan juga. terimakasih,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi juga eyah.....Mengenai obat belekan pada kucing, bisa mengunakan tetes mata atau salep yang mengandung antibiotik berikan 3-4 kali sehari. Sedangkan untuk air liur yang berlebih dan berbusa itu harus ada pemeriksaan lebih lanjut lagi. Karena banyak faktor yg menyebabkan seperti itu, seperti radang gusi, gigi, lidah, tenggorokan atau keracunan dan yg paling ditakutkan adalah penyakit Rabies. Jadi pastikan penyebab air liur yang berlebih (hypersalivasi) tsb ke dokter hewan, agar diperiksa dengan seksama.
      Demikian yg bisa saya informasikan semoga dapat membantu. Terimakasih.

      Delete
  38. Selamat malam... sudah 2 hari kucing saya matanya merah dan berair, sprtinya kucing saya abis berantem dgn kucing liar belakang rumah, selaput matanya sy liat ada yg sobek, jdi berair trus menutupi matanya yg sblah kiri, dan skrg agak bengkak sehingga kucing saya sulit utk membuka matanya, mohon bantuannya untuk bgaimana pengobatannya agar mata kucing saya kembali normal, terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam juga sdr achmad fanhmi....
      Cara untuk mengobati luka pada mata yang terkena trauma seperti luka cakar pada kucing adalah :
      -cuci dengan air hangat yang bersih dicampur dengan rivanol (gunakan kapas/kain untuk mengelap dan membersihkannya) lakukan hal ini 3 kali sehari.
      -Menaburkan antibiotik di mata dengan mengunakan ampicillin/amoxiciline juga harus dilakukan setelah pencucian mata tsb.
      -pemberian antibiotik via injeksi sangat dianjurkan.
      -(untuk mengingatkan kembali)pemberian vaksinasi rabies mutlak harus dilakukan, karena rabies bisa menular lewat gigitan pada kucing yang berantem/berkelahi dengan anjing/kucing lain (ditakutkan kucing tetangga sebelah, apalagi kucing liar bisa mengandung virus rabies lebih besar kemungkinannya) sehingga sangat berbahaya bagi si kucing dan pemiliknya. Penyakit rabies ini bisa menular ke manusia dan sampai saat ini termasuk penyakit yang paling berbahaya dan ditakuti oleh para dokter hewan dan pecinta pet animal.
      Demikian semoga dapat membantu, dan saya juga mengucapkan terimakasih banyak...

      Delete
  39. selamat malam dokter...dokter, kucing saya matanya buta membengkak, awalnya dari belekan trus parah dan akhirnya buta/ketutupan. kejadian ini brlangsung ketika saya lgi gak dirumah, jdi kucing itu sya titipkn sama saudra. dan kemaren matanya mngkin kecakar sama kucing besar, pecah dan mngeluarkan darah...apa yng harus saya lakukan ya dokter... kemaren sudah dibawa ke dokter hewan peternakan, tapi katanya dia gak punya antibiotik dosis rendah utk kucing, adanya untuk sapi...atas bantuan dokter saya ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah penanganan kondisi seperti itu adalah :
      1. Pembiusan kucing agar mudah dalam menanganinya dan agar kucing tidak merasa kesakitan.
      2. Pembersihan luka mata dari darah dan kotoran dengan mengunakan air hangat dan dilanjutkan dengan antiseptik sampai bersih.
      3. Pemberian antibiotik pada mata.
      4. Jika luka sobek besar maka perlu adanya penjahitan, selesai penjahitan berikan yodium tinctur.
      5. Tutup dengan perban, untuk menghindari lalat dan infeksi bakteri lanjutan.
      6. Penyuntikan antibiotik via Intramuscular.
      Perawatan :
      -Setiap hari harus dikontrol luka pada mata kucing tersebut dan di taburi antibiotik minimal 2 x sehari.

      Dasar2nya seperti itu, semoga dapat membantu.

      Delete
  40. oya dokter mau nanya satu lagi...kucing saya dirumah pada kena distemper..muntah2 sampe lemas,gakmau makan, trus mninggal. besoknya beberapa ekor sakit juga....apa obat nya ya dokter. saya sangat sedih sekali klu kucing saya ada yng meninggal, apalagi brturut2.. mohon bantuannya ya dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucingnya banyak sekali dirumah ya....? Penanganan untuk distemper kucing atau lebih dikenal penyakit panleukopenia (pada anjing lazimnya distemper, sedang kucing panleukopenia) pada dasarnya adalah suportif, artinya kita hanya bisa memberikan zat yang mampu meningkatkan daya dahan tubuh, contohnya multivitamin (ATP+), cairan infus (bisa intravena atau subcutan, vitamin B-komplek. Selain itu pemberian anti muntah dan antibiotik via intramuscular sangat dianjurkan. Jika kita mempunyai serum antipanleukopenia yang di ambil dari darah kucing yang kebal atau kucing yang memiliki titer antibodi yang tinggi terhadap panleukopenia, itu sangat membantu.
      Sedangkan untuk Pencegahan yang harus dilakukan adalah :
      1. Usahakan kucing satu dengan yg lain tidak berhubungan (hindari kontak langsung)atau pengkandangan satu2 lebih baik. Biasanya jika dalam waktu 5-7 hari kucing tahan terhadap serangan panleukopenia, maka dia akan tetap hidup.
      2. Kandang harus dibersihkan setiap hari dengan desinfektan atau bisa juga menggunakan lysol dengan dosis 1 : 32 (lysol:air), mangkuk tempat makan dan temapat minum juga harus dibersihkan.
      3. Jika kita ingin memasukkan kucing kelingkungan tersebut maka kucing tersebut harus sudah divaksin panleukopenia minimal.
      4. Pemberian nutrisi yang baik dan vitamin per oral, akan sangat membantu.

      Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
  41. Iya dokter drumah saya bnyak kucing, yang satu sakit mata bengkak infeksi, yng lainnya kena panleu.... Td udh k dokter hewan, kata dokternya harus dioperasi matanya krn sudah parah.... Dokter terimaksih bnyak ya atas kesedianya berbagi ilmu dan berbagi waktu mnjawab smw prtanyaan dr kami, smoga Allah mbalas semua kbaikan dokter..

    ReplyDelete
  42. postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang penyakit mata pada kucing.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang mendapat kunjungan dari anda, semoga kita bisa berbagi terhadap sesama ya... trims.

      Delete
  43. selaput mata kucing saya tu kaya ga bisa kebuka jadi mata setengah bagian mata kucing saya ketutup selaput putih matanya kira kira itu penyakit apa ya dan bisa disembuhkan dengan cara apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisanya keadaan seperti itu disebut dengan keratitis. Keratitis adalah peradangan pada kornea dengan ditandai adannya selaput putih yang menutup kornea mata. Keratitis dibagi menjadi dua yaitu keratitis epitelia atau interstinal dan keratitis ulserativa. Keratitis bisa disebabkan oleh pengaruh fisik, kimia maupun mikroorganisme. Yang paling sering diamati adalah keratitis ulserativa, dan disebabkan karena trauma ( benturan dengan benda keras atau tercakar dsb), kekeringan pada bola mata, atau adanya infeksi oleh bakteri atau virus. Peranan bakteri atau virus maupun jamur merupakan bertindak sebagai oportunis. Penyakit keratitis pada kucing sering dijumpai pada penyakit calicivirus dan feline herpesvirus. Namun bukan berarti bahwa keratitis pada kucing selalu dihubungkan dengan calicivirus atau herpesvirus, itu hanyalah salah satu gejala klinis. Untuk lebih tepat dalam mendiagnosa maka pemeriksaan secara laboratorium sangat dianjurkan.
      Untuk sementara hal yang perlu dilakukan dengan kondisi seperti itu adalah menjaga agar mata kucing tidak terlalu kering dengan cara menambahkan tetes mata yang isotonis dan pemberian antibiotik pada mata (bisa salep atau cairan) untuk pengobatan karena bakteri. Demikian semoga dapat membantu. Terimakasih

      Delete
  44. wah, benar2 hebat sekali blog ini
    kagum dengan infromasi yang diberikan, sangat terperinci dan juga membantu yang lain. Semoga saja blog saya juga dapat melakukan hal yang sama pula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan terlalu memuji, blog anda juga bagus...semoga kita bisa berbagi kepada yang membutuhkan. amien....

      Delete
  45. Dok, saya mempunyai kucing yg belum berumur 2bulan, kucing biasa.
    Beberapa minggu yg lalu kucing saya menderita bersin2 hingga akhirnya matanya trs berair dan membengkak sgt besar. Mata kirinya tertutup selaput yg sgt tebal seperti mau pecah. Namun nafsu makannya masih tetap tinggi, kira2 kucing saya kenapa ya dok? Apa boleh saya mengirimkan foto mata kucing saya? Terima kasih bnyk sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kirim gambar atau fotonya via e-mail ke burhanwulanto@yahoo.co.id, mudah2an saya bisa membantu. Kalau bisa di perbesar daerah matanya baik kiri atau kanan... terus mohon informasi mengenai frekwensi nafas, suhu tubuh, denyut nadi, nafsu makan, nafsu minum, pup (diare atau tidak), obat yang pernah diberikan, dan sejarah vaksinasi induk kucing tersebut. Via e-mail aja ya..

      Delete
  46. malam dokter, mohon bantuannya lagi ya :(
    mungkin salah tempat, tapi saya belum tau mau posting dimana lagi >.<

    jadi ada kucing saya yang sekarang ini posisinya sedang menyusui,
    nah dibagian bawah perutnya itu membesar seperti ada cairannya
    (dan cuma 1 bagian saja) dan kalau dipegang juga keras/kaku.

    untuk makan masih mau, tapi sudah sedikit menurun nafsu makannya, dan sekarang bawannya lemas dan lesu, nafas juga agak sulit sepertinya.

    apakah ada indikasi tumor?
    tadi saya searching di google mirip2 seperti tumor
    tapi informasinya masih belum jelas

    mohon bantuannya ya dokter, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam juga....,
      Ada beberapa kemungkinan tentang penyakit kucing anda, yaitu :
      1. Kemungkinan memang benar itu tumor, namun itu harus dibuktikan dengan adanya pemeriksaan sitologi eksfoliatif atau biopsi. Secara garis besar ada 2 jenis tumor (ganas dan jinak), jika ganas dan sudah metastasis maka tidak mungkin untuk ditolong lagi, namun jika jinak maka itu tidak berbahaya, dengan teknik operasi tumor jinak dapat ditangani dengan mudah.
      2. Kemungkinan yang lain adalah penyakit mastitis, pada kucing yang menyusui memiliki resiko terkena mastitis. Mastitis adalah peradangan pada kelenjar ambing susu akibat adanya infeksi bakteri.
      3. Kemungkinan lain lagi adalah, daerah tersebut dekat dengan ambing susu kucing yang sedang hamil atau menyusui banyak sekali kelenjar pertahanan. Dan pembengkakan ini sering terjadi, dapat pula merembet ke kelenjar susu yang lain. Jika menurut saya kondisi kucing anda kemungkinan besar adalah adanya pembengkakkan kelenjar pertahanan tersebut. Jadi jangan terlalu khawatir, dengan pengobatan antibiotik + antiradang mudah2an kondisinya akan membaik.
      Namun, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi dokter hewan terdekat untuk mendiagnosanya dengan teliti.

      Satu lagi, Ada kemungkinan yang lain yaitu asites, asites adalah keluarnya cairan dari pembuluh darah menuju rongga perut akibat ketidak seimbangan tekanan difusi-osmosis pembuluh darah. (tapi sepertinya ini jauh dari kondisi kucing anda berdasarkan gejala klinis yg anda ceritakan).
      Demikian penjelasan saya, semoga mendapat gambaran dan bisa bermanfaat.
      Terimakasih kembali....

      Delete
  47. sore dok,
    kucing saya ras himalaya, umur 4bulanan, belum divaksin. nah tadi saya dikabari orang rumah (kebetulan saya lagi ke luar kota), katanya kucing saya mencret, masih ada ampasnya sih fesesnya, trus juga perutnya bunyi2 gitu, kayak orang kalo lagi diare. kemaren baru dikasih tambahan makanan berupa whiskas hairball, sebelumnya hanya whiskas yg biasa. kira2 penyebab dari kucing saya diare kenapa ya dok. saya khawatir :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pergantian pakan ya....? memang seperti itu, jika pergantian pakan 100 % (walaupun dari produsen yang sama)maka untuk kucing2 yg sensitif masalah pencernaan akan mengalami diare. Tidak semua kucing akan mengalami hal itu, hanya yang sensitif aja. Hal itu terjadi karena adanya perbedaan komposisi/kandungan pakan terutama kadar protein yang berbeda antara produk yg satu dengan yang lain. Diare itu dapat berkelanjutan menjadi parah dan berkembang menjadi berbahaya jika ada infeksi ikutannya, biasanya infeksi sekunder oleh bakteri. Namun jika tidak ada infeksi, maka kucing tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk mengatasi hal tersebut maka yang harus dilakukan adalah :
      1. Buatlah perbandingan pakan kucing baru dengan pakan yang lama (1:4), setelah 1-2 minggu rubah lagi perbandingan dengan 1:2, setelah 1-2 minggu rubah lagi 1:1, Baru setelah itu pemberian pakan bisa 100 % pakan baru.
      2. Jika kondisi diare maka, untuk sementara hindari minuman susu.
      3. Untuk pemeberian antibiotik untuk sementara belum perlu, namun jika diare terus berlanjut maka pengobatan dengan antibiotik via oral sangat diharuskan, contohnya OTC, Furazolidone, Sulfa Grup (sulfadiazine, sulfaquinoksaline dsb)atau flumequine.
      Demikian yg bisa saya sampaikan semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.
      NB : Mohon maaf ya..., untuk komentar atau konsultasi sepertinya lebih baik disesuaikan dengan judul artikelnya... ini saran aja lho.....hehehehe.. trims.

      Delete
  48. ass ..
    aku punya kucing aku menemukan nya di depan rumah waktu hujan gede kata kaka ku keliatan nya kucing itu baru 2bln.. saya mau tanya akhir* ini kucing saya sering belekan, mata nya bengkak dan memerah aku bingung cara ngobatin nya gimana ..
    karna kau masih pelajar dan aku takut jika biaya berobat ke dokter hewan mahal ..
    dan aku suka memberinya makan dan sring aku kasih susu tapi aneh nya kenapa dia kgga pernah BAB aku takut terjadi apa* pada nya ..
    mohon saran nya makasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf beribu maaf..., saya baru buka blog ini karena habis liburan panjang tahun baru kemarin...
      Untuk mata kucing yang belekan, berarti sudah ada infeksi sekunder oleh bakteri, untuk itu perlu di beri obat tetes mata yang mengandung chlorampenikol atau gentamicin. Mengenai harganya ada yang murah sampai yang mahal. Sebagai informasi obat tetes mata yang murah adalah dengan merk dagang genoint, kira2 Rp 10.000,-.
      Mengenai kucing yang tidak mau BAB biasanya karena faktor makanan yang memiliki serat kasar rendah. Namun sebelum itu perlu di yakinkan dahulu, Apakah kucing anda tidak mau Bab atau Bab nya tidak terpantau oleh anda. Untuk itu mohon periksa atau pegang bagian perutnya, keras, kembung dan membesar atau tidak? jika tidak maka kemungkinan tidak terpantau. Kucing biasanya Buang air besar di lahan yang berumput atau yang banyak pasirnya, coba cek daerah tersebut.
      Selama nafsu makan dan minum tidak mengalami masalah, suhu tubuh normal, pulsus normal, laju pernafasan normal maka kucing anda bisa dikatakan sehat-sehat saja.
      Mungkin itu yg bisa saya informasikan, semoga dapat membantu. Terimakasih.

      Delete
  49. iya kgga papa ..
    makasih yah dok :)

    ReplyDelete
  50. slamat malam :) saya punya kucing umurnya sekitar 1 tahun, akhir akhir ini saya lihat dua matanya ada selaput putih yang hampir nutupin matanya :'( saya kasihan sx pasti kucing saya sangat tidak nyaman karna penglihatannya terhalang oleh selaput putih itu. slaputnya udah setengah mas :'( dan akhir akhir ini kucing saya juga suka ngeong2 keseringan atau bisa dibilang jadi sangat aktif dan cerewet mas biasanya tidak , biasanya dy bakalan cerewet nnti lapar, tapi ini dy selalu ngeong2 trs seperti berseru2 panjang gitu ,, kucing saya kenapa yah mas ??? mohon bantuannya ,, dan apa obatnya :) makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara di coba dulu obat cendo xytrol, dapat dibeli di apotik terdekat. Gunakan 2-3 kali sehari satu tetes. Semoga ada perubahan.

      Delete
  51. selamat pagi,mau tanya anak kucing saya 1 bulan lebih. kelopak matanya agak bengkak kemerahan. minta solusinya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara pakai dahulu obat genoint, bisa beli di apotik terdekat. gunakan 3 kali sehari, semoga lekas sembuh.

      Delete
  52. Slmt malam, sy pnya kuc persia dewasa umur 1 thn lbh, 1mggu yg lalu kuc sy itu mata kirinya bengkak, ada belekan yg byk skli sampai 'ndlewer' ke pipi, sgt kental, tebal & lengket skli dg konjunctiva shg sulit dibersihkan, krn bgtu digoyang/dtarik sdikit sj, kuc sy sdh sgt ksakitan smpai mau menggigit & mencakar, tp matanya msh bs terbuka lebar, jd kalo bola matanya bergerak, belekan tsb ikut bergerak ke kanan ke kiri. Suhu tubuhnya jg panas & jadi ga mau makan. Mata kanan tetap normal & bersih. Bs sampai sgtu byknya belekan tsb awalny krn sy tinggal kluar kota 3hr, cm diurus sm pembantu, mgkn krg perhatian. Sdh sy minumkan antibiotik & beri obat tetes mata yg mengandung antibiotik 4x sehari dg harapan belekan tsb dpt berkurang/jadi lbh encer shg lbh mudah dibersihkan tp kliatannya blm ada perubahan smpai skrg. Sbenarnya kuc sy ini sakit apa ya? Apakah pengobatannya ada yg salah/kurang? Apakah kuc sy ini hrs dioperasi (dibius,dll) utk membersihkan belekannya? apakah bs merusak konjunctivanya? Terima kasih atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakit mata pada kucing anda itu merupakan gejala sakit, ada beberapa penyakit yang menyebabkan hal tersebut, maka dengan obat tetes mata yang mengandung antibiotik belum dapat membantu, apalagi kondisi tubuhnya demam, berarti ada masalah infeksi yang sudah menjalar ke tubuh. Untuk itu diperlukan pemeriksaan dan terapi lanjutan oleh dokter hewan.
      Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pengobatan dan advisnya.

      Delete
  53. malam, kucing saya udah seminggu kelopak matanya yg bawah bengkak, merah, dan matanya sering berair dan belekan. saya sering bersihkan dengan air hangat. kira2 kenapa ya dan pengobatan apa yg cocok? trm kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembersihan mata sudah bagus dan lanjutkan terus, hanya yang perlu dilakukan lagi adalah pemberian obat tetes atau salep mata yang mengandung antibiotik. Untuk sementara gunakan obat yang kandungan antibiotiknya gentamicin. Cari di Apotik manusia ya.
      Semoga dapat membantu dan cepat sembuh. Terimakasih.

      Delete
  54. selamat malam.
    saya mo tanya obat untuk kucing yg matanya keluar seperti mata kepiting. gmn cara mengobatinya? dari sebelum matanya keluar, awalnya dari belekan dan saya setiap hari membersihkannya dan meneteskan tetes mata. tetapi lama kelamaan matanya keluar. saya khawatir dg keadaan kucing kecil saya yg baru berumur 2bln. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam juga, mata kucing anda mengalami glaukoma. Glaukoma adalah adanya peningkatan tekanan pada bola mata sehingga menyebabkan bola mata terdorong keluar. Jika melihat sejarah kejadian penyakit pada kucing anda tersebut, kemungkinan glaukoma itu terjadi karena adanya infeksi pada mata kucing atau karena obat itu sendiri yang mampu meningkatkan tekanan pada bola mata. Untuk sementara stop obat tersebut ganti dengan yang salep (termasuk jenis kandungan obatnya juga harus ganti). Pembersihan mata kucing harus tetap dilakukan, gunakan boorwater ya.. Anda juga bisa mengunakan dexametason, untuk mengurangi peradangan pada mata kucing.
      Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
  55. met sore om/tante dokter..

    mau tanya soal penyakit kucingku dan cara pengobatannya. kucingku umurnya kira2 3 bulan, masih menyusui dengan induknya. kira2 3 minggu yang lalu mulanya mata kucingku belekan. tiap bangun tidur berair/belekan warna hijau kental. tp cm tiap bangun tidur beleknya ada, seharian main cm belek dikit. lama kelamaan selaput kelopak mata dalamnya memerah n bengkak. skrg matanya sebelah kanan tertutup. aku pikir itu matanya yg keluar krn ada gelembung ditengahnya n mengeluarkan cairan. pinggirannya ada daging merah. 2 hari yang lalu masih nafsu makan, makannya banyak, malah masih lari2. persis kmrn cm diam aja, sembunyi di gudang. aku bawa ke rumah biar lbh aman.

    ortuku dokter anestesi dan dokter bedah, kebetulan kmrn baru beli stok obat erlamycetin. mgkn terlambat ya baru ngasih salep matanya kmrn pas sakitnya parah. ga tau ga cocok sm obatnya atau apa, yg menutupi matanya berubah merah n sebagian menghitam.

    tadi aku kasih amoxycilin 1/2 ml. tp merknya kemosilin kaplet 500 mg, dihaluskan n dibagi 20. skrg kucingnya tidur. sebelum minum obat makan wet foodnya lumayan banyak. T.T ngasih obatnya pake semprit.

    mohon bantuannya. makasih T.T

    ReplyDelete
  56. kucingku ga ada tanda bersin2 atau flu. baik2 aja kok sebelumnya. kmrn baru parah banget. malah semangat bgt makannya, emaknya punya anak angkat, mungut ga tau kucing siapa. jd adik angkatnya itu skrg jg sakit mata :( belum terlalu parah sih. tp udah aku obatin matanya biar ga semakin parah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutkan aja pengobatannya memakai amoxycillin, dan perlu penambahan multivitamin, dosisnya sama.
      kemudian mengenai obat mata, coba ganti memakai gentamicyn.. tanya dengan ortu obat mata yang mengandung gentamicyn apa, nanti akan diberi nama merk obatnya ama beliau.

      Delete
    2. ok. skrg mata kucingku udah mengering, tp dibagian kelopaknya masih ada bengkak. kira2 daging atau jaringan yang menutupi mata kucingku itu bisa hilang ga? makasih.. maaf ya kalo banyak nanya :(

      Delete
    3. itu hanya sisa peradangan pada mata, nanti juga akan sembuh jika terus diobati.

      Delete
  57. assalamualaikum. alhamdulillah saya menemukan artikel ini. saya mau bertanya dok, kitten saya berumur 1 bulan, 2 kitten saya matanya sakit, ciri2 nya matanya hanya terbuka sedikit, bola matanya pucat hampir berwarna putih dan disekeliling matanya ada daging yg berwarna merah muda (pink), bola matanya seperti teleng ke samping, itu penyakit apa ya dok? pertolongan yg sedang saya jalani memakai obat salet erlamycetin chloramphenicol dan sebelum dipakekan salep saya cuci dengan air sirih. apakah yang saya lakukan sudah benar? saya sangat sayang sama kucing2 saya dan takut hal2 yg tidak diiinginkan terjadi pada matanya. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumsalam mas Yudi, senang sekali bisa kenalan dengan anda.
      Begini mas Yudi, penyakit mata pada kucing umur 1-6 bulan memang sering terjadi. Penyebabnya juga bisa bermacam-macam, bisa karena virus, parasit, bakteri, atau karena alergi.
      Pengobatan yang anda lakukan sudah tepat jika penyakit mata pada kucing anda karena bakteri, dan akan segera sembuh. Namun jika penyakit itu disebabkan karena alergi, virus atau parasit maka pengobatan tersebut kurang efektif. Harus ada pengobatan utamanya, hal ini tergantung dari penyebabnya.
      Mungkin itu yang bisa saya informasikan kepada Anda, semoga cepat sembuh ya... trims.

      Delete
  58. saya mengirimkan masalah pada kucing saya ke burhanwulanto@yahoo.co.id
    mohon di cek, terimakasih

    ReplyDelete
  59. Met malam...
    Saya mau tanya nih min,saya punya kucing.umurnya sekitar 2,5 bulan.Jadi waktu ditemukan matanya sebelah udh sakit dan akhirnya buta...akan tetapi mata yg buta tersebut tetap mengeluarkan caairan yg berwarna agak kemerah2an.jadi kl biasany belekan kucing warna hitam ini agak kemerah2an...kira2 itu kenapa ya dok?dan obatnya bagusnya gimana. O iya..kucing saya dari dipungut sampai sekarang flu terus gak hilang2.udh pernah ngobati flunya..tp balik lagi.skrg kuxingnya udh silakukan vaksin rhinotracheitis..calcuvirus..panleukopenia dan chlamydia. Mohon bantunnya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam juga...
      Peradangan matanya sudah lumayan parah.... bisa menyebabkan sepsis... lebih baik diangkat aja... Bisa jadi flu kucing berasal dari peradangan pada matanya. Itu kan terdapat saluran penghubung antara sinus hidung dan mata. Pengobatan dengan mengunakan kombinasi antibiotik via injeksi dan topikal sangat disarankan.
      Jika sudah divaksin lengkap maka itu akan sangat membantu proses penyembuhannya.

      Delete
    2. Dok, sy punya kucing di rumah..kebetulan sy tdk drmh, orgtua sy juga kebetulan dinas di luar kota, seblm pergi dinas kondisi kucing sangat sehat, tp bbrp hari setelah ortua sy dan sy plg ke rumah kondisi mukanya sebelah kanan pnuh cairan dr mata dan ingus, mata d mulutny membengkak, sy coba bersihkan dgn air hangat dy tampak kesakitan dan tdk mau mkan suaranya serak serta keluar cairan d sekitar bag "blkg". krg lbh 5 hri dy tdk mau mkn, sy d ibu sy mencoba beri asupan milk memakai pipet tp keluar lg dr mulutnya.sy d ibu sy berniat mmbwa kedokter tp tdk jd krna jarak yg jauh d kondisi kcg sy yg tdk memungkinkan (ada cairan kental keluar dan mnimbulkan bau mnyengat)kami obat mata pd matanya spy agak baikan tp ttp kluar cairan bhkn mata kiri jg mulai terinfeksi. kami coba kasi dosis kecil obat pilek d alhmdulillah pilekny berkurang. kata bibi5 hari kucing sy ini tdk mau mkn. hri ke 6 juga tdk mau mkn, bauny semakin menyengat bahkan dekat hidung seperti berlubang,kami mngetahui kondisinya telat d bibi tdk berani mmberikan obat apapun selama kami tdk dirumah. Hari ke 7 baunya pun tdk hilang..tp pileknya sembuh, cuma matanya d lubang dkt hidung berwarna merah, hr ke 8 lalat sudah mengelilinginya, deket saluran, maaf pembuangan sy lihat ada cacing yg keluar..kami ttp mncoba memberikan susu, kucing kami baru sekali jilatan dy berhenti. Yg jadi pertanyaan ini jenis penyakit apa yah pak/ibu? Apakah menular kpd kucing yg lain atau manusia?
      -terimaksih-

      Delete
    3. mohon di lihat e-mailnya...jawaban sudah saya kirim via e-mail.

      Delete
  60. met malam, mau tanya nih..kucing sy usianya kira2 5 bulan. udah 2 hari, matanya berair trus belekan, sy tiap wktu bersihin pake kapas dan air anget tapi tetep aja kluar dan sekarang jadi sipit sebelah,,kata tmen sy, coba kasih "wonder eyes" im organic, tapi setelah saya baca, di peringatannya harus kucing yang usianya lebih dari 7 bulan. sy bingung, gmn cara ngobatinnya, sdgkn dr.h d skitar daerah tempat tinggal sy, ngga ada sama sekali. apa saya kasih "wonder eyes" aja, tapi sy takut dampaknya malah makin parah...mohon petunjuknya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon dilihat emailnya ya...sudah saya balas, terimaksih atas kunjungannya.

      Delete
  61. Selamat sore permisih mau numpang tanya nih kucingbsaya beeumur 2,5bulan dia matanya belekan serta sedikit menyipit kira kira itu boleh dikasih obat mata manusia g sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore juga.... boleh... gak apa.. yang penting obat tersebut isotonis.

      Delete
  62. Maaf min mau tnya kucing sya berumur 2 blh mengalami pembengkakan pda bola matanya pas sya liat2 ternyata pda bola mata terdapat selaput putih seperti orng jatarak gitu jd ap solusi sya dan cara pengobatannya•trmksih

    ReplyDelete
  63. Malam. Saya mau tanya,anak kucing saya umurnya baru 6 hari. Sekitar 7-8 jam yang lalu matanya masih normal (masih belum terbuka), tapi setelahnya mata kanannya mulai bengkak cukup besar. Penyebabnya apa dan bagaimana penanganannya? Mohon dibantu. Trims

    ReplyDelete
  64. selamat sore, saya mau tanya kucing saya tiba-tiba pupil matanya kecil sebelah waktu baru bangun tadi (yang kiri), dan dia bersin-bersin, suaranya juga serak, kucing saya sakit apa ya dok? bgmn cara mengobatinya, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pupil mata kucing yang mengecil tersebut tidak berdiri sendiri, adanya perasaan sakit si kucing menyebabkan pupil mengecil hal itu akibat adanya infeksi saluran pernafasan. Infeksi bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri.
      Untuk infeksi virus biasanya adalah herves virus atau calicivirus, namun jika kucing anda sudah pernah divaksin herves dan calicivirus maka kemungkinan kecil terserang ke dua virus tersebut (walaupun kemungkinan itu masih tetap ada, tergantung titer antibodi kucing).
      Sedangkan untuk infeksi bakteri, yang paling sering dengan gejala klinik kucing sering bersin, adanya peradangan mata, suara kucing serak, kucing mengalami demam, nafsu makan menurun adalah bakteri bordetella bronchoseptica atau bisa juga oleh pasteurela.
      Sehingga untuk memperjelas penyebabnya dibutuhkan pemeriksaan phisik lebih detail. Untuk itu segeralah di bawa ke dokter hewan terdekat.
      Untuk pengobatan yang dilakukan pada prinsipnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, terapi empiris serta terapi simtomatis.
      Semoga ini dapat membantu. terimakasih.

      Delete
  65. Halo saya punya kucing selaput putih matanya menutup hingga tinggal seperempat bola matanya.saya ad fotonya...dmana saya bisa attach ya? Saya ga tau dia sakit apa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda kunjungi artikel kami di http://www.penyakithewan.com/2013/02/selaput-putih-pada-mata-kucing.html
      Judul artikel tersebut adalah Cara Mengobati Munculnya Selaput Putih Pada Mata Kucing
      Jika belum jelas, silahkan ajukan pertanyaan kembali. Trims.

      Delete
    2. Terimakasih atas sarannya..saya sudah coba menggunakan larutan isotonis..ga lama sesudah saya tetesin matanya lgsg balik seperti semula lg ... terimakasih ya..^^


      Delete
    3. Sama-sama, senang bisa membantu anda... semoga kucingnya sehat selalu. terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  66. ass dok,,,senang sekali saya bisa nemu blog ini. saya lagi khawatir ngeliat ke 6 anak kucing saya yg baru berumur 7 minggu.
    awalnya induk kucing seperti mengalami flu,bersin2 lalu mata bengkak sebelah.lalu satu persatu anak kucing tersebut mengalami hal yg sama. dikarenakan induk kucing sering bersin2 dan menjilati ank kucing tersebut. saya tidak bisa memisahkan mereka (induk dan anak kucing) karena masih menyusui,namun pada akhirnya induk kucing sembuh dg sendirinya,namun anak kucing malah sebaliknya.semakin hari bengkak di mata makin parah,merah dan mengeluarkan kotoran berwarna hijau.dan hidung mereka terus mengeluarkan cairan dan masih sering bersin2. skrg sudah hampir 2 minggu.saya mulai kuatir karna mereka jadi semakin kurus meskipun masih sering saya lihat mereka lari2 seperti kcg sehat dan makan seperti biasa..
    obat apa yg harus saya berikan dok..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'allaikumsalam mba Mia, senang juga mendapat kunjungan dari anda.
      Penyakit pada kucing anda itu biasa disebut cat flu, yang bisa disebabkan oleh hervesvirus, calicivirus, bordetella bronchoseptica, atau bisa juga oleh clamydia dan jamur. Untuk mengetahui secara pasti penyebabnya silahkan kunjungi dokter hewan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan secara fisik.
      Namun berdasarkan apa yang anda ceritakan, dapat saya katakan bahwa cat flu pada anak kucing anda tsb telah terjadi infeksi sekunder oleh bakteri. Sedangkan untuk kucing dewasa yang telah memiliki daya tahan tubuh lebih kuat, cat flu tersebut akan sembuh sendiri sebelum terjadi infeksi sekunder. Namun jika suatu saat kondisi tubuh kucing menurun maka tidak menutup kemungkinan akan kambuh lagi.
      Kemudian untuk mengobati penyakit kucing anda tersebut, pada intinya adalah bagaimana menciptakan kondisi tubuh kucing menjadi lebih kuat atau dengan kata lain meningkatkan kekebalan tubuh kucing itu sendiri.
      Untuk meningkatkan tubuh kucing maka yang harus dilakukan adalah :
      1. Memberikan makanan yang berkualitas dengan kadar protein diatas 26 %.
      2. Memberikan suplemen per oral pada kucing tersebut, seperti multivitamin setiap harinya.
      3. Pemberian madu sangat disarankan, untuk menambah asupan energi dan sebagai bahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing.
      4. Pengunaan obat eritromycin, gentamicin, tylosin ataupun spiramycin via muskular (injeksi)sangat membantu untuk mengobati infeksi sekunder dari cat flu. Sayangnya obat-obat ini tidak di jual bebas diapotik sehingga anda harus ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan obat tsb.
      5. Pengunaan obat salep atau obat tetes mata dapat diaplikasikan untuk pengobatan topikal lansung pada mata kucing. Obat itu harus mengandung antibiotik jenis gentamicin ataupun cloramphenicol.
      6. Pengunaan lysin sangat disarankan termasuk antivirus.

      Jika pada poin 4 dan 6 sulit anda lakukan, maka coba dahulu poin 1,2,3,dan 5.
      Mungkin itu yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu.

      Delete
  67. Selamat malam ... benar rasanya senang dengan adanya blog ini... jujur saya panik harus bagaimana , keluarga saya sangat menyukai kucing , rasanya terkadang cape, sehabis musim hujan kemarin banyak kucing saya yang sakit , sudah says bawa kedokter tapi tetap tidak tertolong , meninggal 5 , istri saya benar2 sedih, benar2 kewalahan banyak yang sakit , biaya dokter mahal banget juga , jadi bingung ... mau di lepas takut ga bisa makan , dan udah terlanjur sayang... hehe jadi curhat... kalau boleh saya mohon bertanya ,
    1. Kucing saya demam ,sebaiknya obatnya apa ?
    2.yang parah sekarang sebelah mata kucing saya umur 3 bulanan , bengkak dan tertutup , oertama sama mengeluarkan seperti lendir hijau.. kemudian sekarang daging atau selaput matanya keluar
    Seperti daging kerang dara yg ada di seafood2... kenapa dan apa obatnya ya... terimakasih banyak mohon dibalas massage saya...maaf lagi panik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing yang demam menunjukan adanya infeksi, baik itu bakteri ataupun virus. Hampir semua bakteri ataupun virus akan bereaksi terhadap kekebalan tubuh kucing sehingga menimbulkan demam. Demam sendiri dapat diartikan suatu efek atau gejala klinis munculnya pertahanan tubuh. Dan itu sebagai petunjuk adanya mikroorganisme patogen dalam tubuh kucing.
      Untuk menurunkan demam pada kucing tidak disarankan mengunakan parasetamol ataupun asetaminopen karena zat tersebut (pada beberapa kucing) sangat beracun. Sehingga solusinya adalah mengobati langsung pada penyebabnya (menghilangkan virus atau bakteri tersebut). Disinilah letak diagnosa seorang doter hewan untuk menentukan apakan kucing anda terserang virus atau bakteri, sehingga aplikasi obatnya akan tepat.
      Kemudian untuk pertolongan pertama pada kasus kucing anda tersebut adalah :
      1. Berikan obat amoxicillin
      2. Berikan obat tetes mata genoint
      3. Berikan multivitamin yang mengandung ATP
      4. Dan berilah makanan yang berkwalitas

      Jika dalam 3-4 hari tidak menunjukan perubahan segeralah ke dokter hewan terdekat.
      Mungkin itu yang bisa saya jelaskan, semoga dapat membantu. trims

      Delete
  68. Selamat siang... langsung saja ya dok... kucing saya hari jumat minggu kemarin tertabrak (tidak tahu oleh motor/mobil, atau dipukul orang saya juga tidak tahu), tau2 ketahuan paginya ditemukan di jalan komplek sedang sekarat dan mengeluarkan darah dari hidung dan mulut serta wajahnya bengkak. beberapa hari sampai hari ini saya rawat dan bersihkan sendiri tidak dikasih obat apa2 hanya dikasih minum melalui suntikan tanpa jarum, tadinya saya kira umur kucing saya ga akan lama...tapi ajaibnya kucing saya masih diberi umur sampai hari ini.(awalnya pas ketahuan tertabrak mata kanannya hanya pupilnya saja yang tidak mau mengecil, dan wajah disekitar mata membengkak), eh tau2 mata yang sebelah kanan membengkak (sepertiknya kena benturan), sampai hari ini mata kanan nya sepertinya tertutup oleh semacam lapisan putih (bukan lapisan tipis yang biasa ada pada mata kucing, kalau lapisan putih yang itu warnanya jadi memerah seperti memar gitu), jadi matanya bengkak dan tidak bisa menutup rapat... akibatnya ditutupi oleh akumulasi air mata kucing yang mengeras (ga tau nanah) mungkinkah mata kanan kucing saya buta? soalnya mata yang sebelah kirinyapun pupilnya (yang hitamnya) besar terus ga mengecil2 kalau disinari tapi mata kirinya keadaannya jernih seperti biasa. nafsu makan lahap seperti biasa (awalnya saya tidak tahu kalau mulut & giginya sehat2 saja habisnya mengeluarkan darah dimulutnya, jadi saya tidak memberi makan selama 4 hari karena dia tidur terus sambil ngorok karena idungnya mampet akibat darah yang membeku disekitar lubang hidungnya). taunya, semalam pas disodorin daging ayam dia ternyata mau makan.. sampai abis ayam dua potong... huh syukurlah..

    oh ia, kucing saya sekarang jalannya jadi sering memutar, mau belok kiri/kanan pun dia memutar dulu beberapa kali... kasihan kucing saya... saya mau bawa ke dokter disini tidak ada dokter hewan, mau di obatin ga tau obat apa yang harus dikasih.??

    oh ia satu lagi kenapa kucing saya di bulunya jadi muncul bintik2 gitu seperti pasir?? apakah itu kotoran kutu? soalnya sudah sekitar 5 hari dia ga jilatin bulu2nya, mau dimandiin takut tambah sakit nantinya. tolong saya dok, obat apa yang harus saya berikan untuk mata (berupa salep mata atau obat tetes) untuk mengempiskan bengkak dan memar pada mata kucing saya... dan juga obat untuk supaya jalannya lurus lagi... ga muter2 (apa muter2nya itu karena matanya ga melihat ya dok? apa emang ada luka dalam dikepalanya "gegar otak" mungkin?). tapi sekarang dia menerima rangsangan sentuhan dengan baik (jika dielus2 punggungnya dia menggeliat2, begitu pula jika dielus kepala dan wajahnya, beberapa hari yg lalu tadinya dia tidak merespon apa2, hanya tertidur tak begerak seperti koma). terimakasih sebelumnya... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang perlu anda lakukan adalah :
      1. Pemberian antiradang seperti dexametason atau phenilbutazone.. tapi saran saya gunakan yang dexamethason 2 mg dengan dosis 0,25 ml tiap 3 hari sekali, obat tersebut akan mengobati radang pada tubuh kucing termasuk bengkak pada persendian maupun bengkak pada mata akibat benturan benda keras (trauma). Jika perlu penambahan antibiotik seperti penstrep sangat dianjurkan, ini berguna untuk mencegah infeksi sekunder oleh bakteri.

      2. Gunakan kompres air hangat pada bagian tubuh yang bengkak, ini berguna agar daerah tubuh yang bengkak teraliri darah (memperlancar pembuluh darah akibat adanya dilatasi pembuluh darah, sehingga sel-sel yang rusak akan segera pulih).

      3. Bagian tubuh yang luka sebaiknya dibersihkan dengan rivanol dan diberi yodium tinktur, perlu pengawasan terhadap lalat karena bisa menimbulkan belatung didalam luka tersebut, ini bisa dicegah dengan obat lymoxin-25 spray.

      4. Untuk menentukan apakah mata kucing masih bisa melihat, maka lakukan uji dengan mengunakan tangan dengan tiba-tiba dan lihat apakah kucing terkejut atau tidak, ini untuk melihat respon dari kucing anda.

      5. Untuk kutu, harus segera diobati karena ini bisa menimbulkan stress dan bisa menurunkan tingkat kekebalan tubuh kucing dari serangan penyakit.

      6. Berilah makan yang berkwalitas, jika memang kucing anda suka susu maka berilah.... ini berguna untuk mempercepat penyembuhan.

      Mungkin itu yang bisa kami sampaikan, semoga dapat membantu, trims dan semoga lekas sembuh.

      Delete
    2. wah terimakasih sudah ditanggapi dok. cuma saya masih bingung, dexamenthason2 mg itu bisa didapat di apotik untuk manusia kan dok? bentuknya tablet? cara pemberiannya di larutkan pakai air lalu diminumkan ?

      nah terus untuk mengobati matanya gimana dok? boleh saya upload foto mata kucing saya ke email anda supaya lebih jelas?

      sekali lagi terimakasih dok atas informasinya, semoga tuhan membalas kebaikan dokter.

      Delete
    3. Di apotik ada, tinggal disesuaikan aja dosisnya.

      Untuk mata kucing bisa menggunakan salep mata yang mengandung hidrocortison (namun hati-hati mengunakan obat ini bisa menimbulkan alergi dan tidak bagus jika mata terinfeksi bakteri) Baca petunjuknya dengan seksama.
      Trims.

      Delete
    4. Ass.wr.wb....dok saya ingin tanya ? saya mempunyai kucing , kucing saya sedang sakit tetapi saya tidak tahu penyakitnya apa ? gejalannya adalah matanya berair lalu muncul salaput putih dimatanya sehingga hampir menutupi sebagian matanya beberapa hari yang lalu juga mengalami bersin-bersin kondisinya terkadang lemah lesu. Kira-kira penyakitnya apa ? dan bagaimana cara penyembuhannya ? . trimakasih

      Delete
    5. Selaput putih yang muncul pada kucing menunjukkan bahwa kucing sedang mengalami depresi, dan rasa yang tidak mengenakan pada tubuhnya akibat penyakit yg dideritanya. Berdasarkan apa yg anda ceritakan, penyakit mata pada kucing anda bukan penyakit mata biasa, melainkan ada suatu penyebab lain. Penyebab lain itu bisa karena adanya herpes virus, calicivirus, Chlamydophila felis, reovirus, bordetella bronchiseptica, pasteurella spp, dan mycoplasmosis.
      Yang kesemuanya itu biasa disebut penyebab Cat Flu.
      Untuk mengatasi masalah tersebut, maka yg harus dilakukan adalah peningkatan daya tahan tubuh melalui nutrisi yang berkwalitas, pemberian madu, susu, biosalamin, hematopan dan pemberian antibiotik yg bekerja di daerah pernafasan.
      Namun menurut saya, lebih baik dibawa ke dokter hewan terdekat untuk mendeteksi lebih lanjut terhadap penyakit kucing anda.
      Demikian semoga dapat membantu, trims.

      Delete
  69. assalamu'alaikum dok. kucing saya si olive sudah 3 hari ini mengalami sakit mata pada bagian kirinya. Awalnya 3 hari yg lalu ketika saya hendak solat subuh melihat mata si olve yang sebelah kiri tidak terbuka dan terdapat belek, untuk yang sebelah kanan tidak bengkak cuman mengeluarkan belek tidak sebanyak yang sebelah kiri. kemudian saya ambil tindakan membersihkan bagian mata dengan air hangat dengan sedikit propolis. trus siangnya saya beri obat mata tetes genta gentamicin 0.3% dan saya beri obat amoxicylin 1/4bagian. saya amati pada bagian mata yang sakit seperti kelopak matanyanya bagian atas dan bawah membengkak. sehingga terlihat pipi dan bagian mata lebih besar dari sebelah kanannya. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab sakit ini dan bagaimana cara pengobatannya.untuk sementara si olive saya jauhnkan dari kucing2 yang lain sejak mengalami sakit mata tersebut. namun ini tadi saya juga melihat si ciby kucing saya yang lainnya juga tampak matanya berair dan terlihat sayu trus saya beri obat tetes yang sama dengan si olive. apakah kira2 penyakit itu dapat menyebar ke kucing2 yg lainnya? mengingat si ciby jg mempunyai anak 4 usia 7 minggu dan ada juga kucing saya yang lainnya yg jg 2 minggu kawin. terima kasih. wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum....
      Infeksi pada mata dapat disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, ataupun parasit. Infeksi tersebut dapat mengenai seluruh bagian mata, mulai dari kelopak mata hingga lensa. Infeksi pada mata dapat menyebabkan mata merah dengan penglihatan yang menurun maupun tidak. Pada penglihatan yang menurun, infeksi terjadi pada media refraksi mata, seperti pada kornea dan lensa.
      Bakteri yang sering menginfeksi adalah Bakteri StaphylococcuS aureus, Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, Neisseria meningitidis, Neisseria gonorrhoeae, Chlamydia trachomatis.

      Penyakit Mata ini sangat menular dari kucing satu ke kucing yang lain, sehingga mengisolasi kucing yang sakit adalah tindakan yang tepat.

      Kemudian untuk pengobatan, teteskan gentamicin tersebut 4 kali dalam sehari pagi, siang, sore dan malam. Lihat perkembangannya selama 3-5 hari.

      Demikian semoga dapat membantu. wassalam.

      Delete
  70. iya dok, ini tadi saya belikan gentamicin yang salep, karena jika saya beri yang tetes mesti dia menolak. trus apa boleh juga jika dalam membersihkannya menggunakan air sirih hangat. untuk si cibi karena masih menyusui apa sebaiknya anak-anaknya saya pisahkan dari induknya agar tidak ikut tertular juga. Memang sekarang cuaca d kota malang sangat ekstrem dinginnya mencapai 20 derajat jadi banyak kondisi kucing yang kurang sehat. satu lagi dok pertanyaan saya untuk menjaga agar daya tahan tubuhnya selama musim dingin ini vitamin atau suplemen apa yang baiknya saya berikan untuk kucing-kucing saya? apa air minumnya diberi madu atau propolis? terima kasih dok. Wassalamu'alaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh pakai air sirih hangat, tapi itu agak perih... pakai boorwater aja gak apa2... daun sirih itu sudah tergantikan dengan gentamicin, tapi kalau mau dipakai daun sirih juga gak masalah.
      Untuk mengatasi suhu yang dingin maka harus di buatkan box atau ruangan dengan diberi lampu bohlam yg cukup sehingga pada saat malam hari kucing tidak kedinginan dan terasa hangat serta nyaman. Sedangkan untuk multivitamin, bisa digunakan multivitamin untuk anak (diapotik banyak baik dalam bentuk sirup ataupun tablet), dan yang terpenting adalah makanan harus ada setiap saat. Karena dengan suhu yang dingin, metabolisme tubuh akan meningkat untuk menghasilkan panas sehingga membutuhkan energi dari makanan tersebut.
      Lalu untuk minum, lebih baik memakai madu murni aja, jika kucing anda senang susu maka berikanlah.
      Demikian, semoga ini dapat membantu. Trims

      Delete
  71. Terima kasih banyak dok atas semua sarannya, saya beruntung bisa menemukan website ini sehingga saya bisa tahu bagaimana dalam menangani kucing2 saya. Semoga Allah memberikan rahmat dan barokah atas ilmu dan nasehat yang sudah dokter berikan kepada kita semua.
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien, terimakasih banyak atas doanya. Semoga semuanya diberi kemudahan dan kesembuhan oleh Allah SWT, amien ya robal alamin.

      Delete
  72. Assalamu'alaikum Dok.
    maaf dok saya mau tanya lagi, setelah 1 minggu kucing saya yang mengalami bengkak matanya dan saya obatin menggunakan gentamicin blm jg sembuh. saya lihat ada pembengkakan dibagian kepala pipi sebelah kirinya. kira2 pengobatan oral yang bisa saya berikan apa ya dok? apa juga harus saya ganti jenis obat yang lain untuk obat matanya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, untuk menyembuhkan penyakit mata tersebut, hal yg paling utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh, kita tahu bahwa penyakit mata bukan hanya karena bakteri namun bisa juga karena adanya parasit atau bisa juga karena virus. Dan untuk menentukan penyebabnya itu maka harus di periksa secara fisik oleh dokter hewan.
      Jika karena bakteri maka, dengan pengobatan gentamicin tersebut maka penyakit matanya akan sembuh, namun jika karena parasit seperti cacing ataupun virus maka pemberian gentamicin hanya berguna untuk mencegah adanya infeksi sekunder pada mata.
      Saran: Coba di periksakan ke dokter hewan terdekat agar pengobatannya lebih efektif.

      Delete
  73. Alhamdulillah dok, sekarang sudah mulai membaik si olive. setiap hari saya kompres menggunakan air hangat dengan sedikit revanol kadang dengan air sirih. trus saya beri salep mata teramycin. Alhamdulillah sekarang sudah mulai kempes dan matanya sudah mulai membuka lagi. untuk saat ini perawatan air hangat dan salep tetap tapi hanya pagi saja dan makannya saya beri campuran makanan wet agar nafsu makannya lebih tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur alhamdulilah, semoga cepat sembuh...Amien.

      Delete
    2. Assalamu'alaikum dok
      Kucing saya berumur 1 tahun 9 bulan. beberapa hari ini, matanya seperti tertutup selaput, sudah seperempatnya. saya takut akan terus berlanjut hingga menutup matanya. Apa yang harus saya lakukan?
      Lalu kucing saya sering diserang kucing lain sehingga menyebabkan luka, jika diberi betadin malah membuat dia gatal dan menggaruknya kembali, sehingga menjadi lebih parah. Lalu apa yang harus saya berikan dok?
      Mohon petunjuknya dan terimakasih atas bantuannya

      Delete
    3. Kucing anda dalam keadaan stres atau dalam keadaan tertekan, bisa karena penyakit atau karena lingkungan yg tidak sesuai, seperti seringnya terjadi perkelahian.
      Untuk sementara coba anda pisahkan dahulu dengan kucing yang lain, dan berikan madu untuk daya tahan tubuhnya.
      Untuk luka, bukan betadine yang membuat gatal tapi memang luka tersebut yg membuat gatal. Untuk mengobati lukanya bersihkan dengan alkohol 70 % (gunakan kapas), setelah itu berikan obat sulfanilamid atau anda bisa menggunakan limoxin-25 Spray untuk mengobati luka tersebut. Semprotkan limoxin-25 spray pada luka kucing dengan jarak 10-15 cm dari luka, lakukan 4 kali sehari.
      Semoga ini bisa membantu, terimakasih.

      Delete
  74. Siang dok, sy mo tny, beberapa minggu lalu sy menemukan seekor kucing dewasa, awalny kucing ny malas kluar rumah kec untuk buang air, tp akhir2 ini sering kluar rumah dan beantem dgn kucing lain smpai suatu hari sebelah mata ny berair dan belekan, dan bag atas hidung bengak entah krn luka atw terbentur, krn kucing slalu menghidar untuk d periksa luka pd dahi ny, yg ingin sy tny kan bagmn cr mengobati mata ny, seperti ny ad bekas luka pd area sekitar mata sebelah atas. Mohon balasan secepat ny, kl bisa tlg d emai sj biar sy bs langsung membaca ny, terima kasih ( dra9onfly_tyas@yahoo.com )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing anda telah tertular penyakit dari kucing liar, untuk pengobatan mata kucing yang belekan maka diperlukan obat mata yang mengandung antibiotik, gunakan yang ringan dahulu dengan kandungan gentamicin. Namun pengobatan tersebut juga harus didukung pengobatan via injeksi menggunakan antibiotik, bisa mengunakan penstrep, atau bisa juga dengan oksitetraciklin.
      Untuk luka pada kucing, bersihkan dengan air hangat + Rivanol , bilas dengan alkohol 70 %, berikan yodium tinktur (obat merah).
      Mudah-mudahan itu dapat membantu.

      Delete
  75. pagi min...
    kucingku matany tiba2 ketutup selaput putih..udah hampir setengah bola matany...pdahal awalny jg gk knapa2..knpa ya min,,mohon pencerahannya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucing anda dalam keadaan tertekan atau stres, bisa karena penyakit atau keadaan yang tidak mengenakkan. Coba anda cari penyebab utama kondisi tersebut.
      Untuk mengatasi tertutupnya mata kucing bisa mengunakan insto atau cairan isotonis lain yang sesuai dengan cairan mata. Biasanya setelah pemberian cairan isotonis tersebut, maka mata kucing akan nampak sembuh atau normal kembali, namun jika penyebab utamanya tidak diketemukan maka, selaput putih itu akan muncul kembali.

      Delete
  76. Assallamualaikum ..
    Alhamdulilah bisa menemukan blog ini. sekitar 5 hari yang lalu, kucing saya yg berumur skitar 4 bln lumpuh. Alhamdulillah sehari kmudian bisa jln kembali. namun stelah itu, kucing cenderung tidur, lemas meski sudah bs berjalan. lalu stelah bisa berjalan disusul kmudian kucing saya mengeluarkan cairan di mata kirinya atau belekan. matanya cendrung susah di tutup. makan jg nggak begitu mau, tidak bersemangat sprti biasanya. namun hanya minum air susu dari induknya. kira2 pengobatan seperti apa yg hrs saya lakukan? mnggunakan obat tetes mata kah atau obat yg seprti apa? mohon pencerahannya. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengobati kucing anda yang sakit adalah pemberian obat cacing albendazole, kemudian belilah antibiotik amoxicillin 125 mg syrup dengan dosis 0,25 ml berilah dua kali sehari (pagi dan sore).
      Untuk pengobatan mata bisa mengunakan obat tetes mata jenis genoint atau obat tetes mata yang mengandung gentamicin, berikan 3 kali sehari.
      Jika anda mempunyai madu, boleh diberikan dan itu sangat bagus.
      Mudah-mudahan ini bisa membantu. trims.

      Delete
    2. Terima kasih banyak dok atas sarannya :)

      Delete
  77. Pak Dokter, saya sudah kirim email beserta foto kitten saya, mohon bantuannya.

    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  78. assalamu'alaikum pak dokter...selamat malam....pak dokter saya memiliki kucing yang sedang sakit mata di kedua belah matanya mengeluarkan cairan lendir seperti ingus (pada manusia yang sedang terkena pilek)....saya sudah mencoba mengobatinya dengan obat mata biasa namun hingga kini tidak ada angsurannya....bahkan kini dia pun terbaring lemah di tempat tidur dan tidak dapat membuka matanya....makannya pun tidak ada nafsu, badannya pun kurus kini dia pak...saya mohon masukan dari bapak dokter untuk langkah yang harus saya ambil dalam mengobati kucing saya...karena saya sangat sayang sekali kepada kucing saya tersebut...saya ingin mengobatinya ke dokter hewan, tapi di tempat saya tinggal tidak ada dokter hewan...mungkin dengan jalan ini saya dapat menolong kucing saya...saya mohon masukannya pak...terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam Pak Boy, begini pak... melihat apa yang anda ceritakan, kemungkinan besar bahwa kucing anda menderita cat flu. Kemudian penyebab cat flu tersebut bisa disebabkan oleh virus atapun oleh bakteri. Untuk mengetahui secara pasti penyebabnya maka harus dilakukan oleh seorang dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan secara fisik dan laboratoris.
      Namun untuk pertolongan pertama pengobatan penyakit kucing anda, bisa anda lakukan sebagai berikut :
      1. Berilah madu untuk mengganti asupan makanan, melalui cekok mulut. Namun bila masih mau makan, maka berilah makanan dengan nilai gizi yang tinggi termasuk kadar proteinnya.
      2. Pemberian multivitamin syirup juga sangat disarankan sebanyak 3 kali sehari.
      3. Pemberian obat tetes mata seperti cendo xitrol 3 kali sehari.
      4. Pemberian antibiotik via cekok dengan amoxicillin syirup sangat dianjurkan, 3 kali sehari.
      Jika hal tersebut tidak membawa perubahan 3-5 hari maka saran saya cepat untuk dibawa ke dokter hewan terdekat, atau keadaan yang sudah sangat darurat sebelum 3-5 hari dapat anda bawa ke dokter hewan.
      Mudah-mudahan ini bisa membantu. trims, wasalam.

      Delete
  79. met pagi dok..alhamdulillah,sng skali bs menemukan blog ini
    begini dok...smgg yg lalu,kucing sy yg berumur kira2 4 bln sakit mata,tertular anak kucing liar lain. (sy suka ngasih makan anak2 kcg liar yg ditinggal induknya, eh..ga taunya malah nularin penyakit ke kcg ksygn sy)
    awalnya cuma mata kanan saja, tp kmdn mata kiri ikut kena jg.gejalanya, belekan terus menerus, dan pinggiran matanya merah.sy coba kasih salep mata erlamycetin chloramphenicol, alhamdulillah pinggiran matanya yg tadinya merah berangsur membaik dan akhirnya sembuh. setiap sy kasih salep kan si pus selalu menjilati matanya, krn takut malah keracunan akibat makan salep,stlh pinggiran matanya tdk merah lagi, sy hentikan pemakaian salep tsbt. tapi kok walopun matanya sdh tdk merah, si pus masih belekan terus? apa obat yg sy berikan keliru? ato pemakaian salepnya perlu dilanjutkan? kalo iya sampai kapan?
    trmksh byk atas perhatiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengobatannya belum tuntas, itu tidak akan menyebabkan keracunan atau bisa juga diganti dengan obat tetes mata yang mengandung gentamicin.
      Mudah-mudahan ini bisa membantu.

      Delete
  80. trmksh atas jawabannya dok..
    saya mau tanya2 lbh lanjut ya...dan smg dokter tdk bosan mjwb krn mgkn di komen sblmx sdh ada yg btanya, tp lebih aman kalo dokter sdri yg mjwb, jd sy tdk ngawur dlm mberi obat.
    dok, selain belekan kucing sy jg batuk dan bersin2...tp nafsu makan dan nafsu mainnya tetap tinggi serta tdk mencret..jadi saya tdk menganggapnya sbg penyakit..
    untuk saat ini, selain salep mata saya hanya memberi multivitamin biolysin dg dosis 1 ml sehari sekali.
    nah dok...apa kcg sy kena cat flu?lalu apa yg bisa sy lakukan untuk menyembuhkan kcg sy.
    kcg sy memang hanya kcg kampung..tapi sy sdh merawatnya sejak dia msh kecil sekali tanpa induknya ( ga tau induknya pergi kemana)
    sebelumnya si pus tdk pernah keluar rumah...tapi sejak beberapa mgg yg lalu dia jadi suka keluar rumah..bergulung2 di halaman rumah..mengejar kecoak, belalang, kupu2 dsb. apa hal ini berpengaruh dok? tp kasihan jg kalo harus dikurung drmh, sy aja bosan kalo drmh terus.
    sebagai tambahan informasi(entah ada hubungannya ato tidak), kucing sy pernah mengalami panleu..tertular kucing tetangga sebelah..tapi alhamdulillah masih bs bertahan dan sehat kembali.
    selain itu, ketika mudik hr raya kemaren..sy menitipkan si pus di rumah mertua yg punya 7 ekor kucing...nah saat itu kucing sy sempat sakit entah sakit apa dan setelah sembuh suaranya jadi serak dan sering batuk2 sampai sekarang.wkt itu sy berikan mucos ambroxol hcl ( obat batuk keponakan saya) dg dosis 4 tetes sehari...sempat reda.amankah obat ini untuk kucing?
    kucing sy jg belum pernah di vaksinasi..karena sy kesulitan menemukan dokter hewan disini.
    beribu terima kasih atas jawabannya dok..hanya Allah yg mampu membalas semua kebaikan dokter.
    nb. kalo bolrh tau..dokter praktek dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf ya baru bisa menjawab...., lanjutkan saja pemberian biolysin nya gak apa-apa, itu bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing anda, termasuk salah satu cara untuk menghadapi cat flu. Perlu diketahui bahwa cat flu itu adalah flu pada kucing yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus. Untuk pengobatan cat flu karena bakteri, maka yang harus dilakukan adalah pengobatan empiris seperti pemberian antibiotik dan suport terapi yaitu pemberian multivitamin. Sedangkan untuk pengobatan cat flu karena virus, pada dasarnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh melalui pemenuhan gizi, vitamin, mineral yang cukup untuk pembuatan antibodi atau zat kebal, dengan demikian pemberian biolysin seperti yang anda lakukan sudah tepat. Jika tidak ada infeksi sekunder seperti demam, tidak mau makan, diare dll maka pemberian antibiotik tidak diperlukan, namun jika hal tersebut muncul maka pemberian antibiotik akan sangat membantu proses penyebuhan.
      Kemudian untuk obat mucos ambroxol bagi kucing tidak masalah, silahkan saja selama kucing anda tidak mengalami alergi atau hipersensitif.

      Delete
  81. ass.wr.wb, pagi dok, saya punya masalah tentang penyakit ini, saya 3 hari yang lalu menemukan kucing kecil kira-kira usia >1 bln, terus matanya bengkak, merah,dan belekan, apa penyakit itu sama kayak yang di bahas di atas?? tapi kucing saya itu juga kadang bersin sama muntah (tapi cuma 2x muntahnya). cara pengobatannya gimana ya dok?? soalnya rumah saya jauh daro dokter hewan dan keluarga gak terlalu peduli soal kucing...:(
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  82. met pagi dok, saya senang bisa menemukan blod ini XD
    saya punya kucing yang umurnya masih >1 bulan, pas saya temuin konisinya matanya sakit yang kiri merah dan ada cairannya, terus sering bersin juga...tapi makannya banyak dan masih suka main meski gak lama...sudah saya kasih amoxilin sama obat tetes mata, apa cara pengobatannya udah benar dok? soalnya tempat saya jauh dari dokter, dan mama saya gak terlalu suka sama kucing penyakitan, minta dibuang terus. kan kasihan...mohon nasihatnya dok makasih :(

    ReplyDelete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger