Home » » Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Mengapa Kucing Tidak Mau Makan ?


Ada beberapa faktor penyebab kucing tidak mau makan. Kondisi ini sangat berbahaya bila kejadian terus berlanjut. Biasanya nafsu makan merupakan gejala klinis dari suatu penyakit, namun tidak menutup kemungkinan karena faktor perubahan makanan, defisiensi vitamin, cacingan dan stres pada kucing. 

Faktor Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Penyakit Kucing
Penyakit kucing yang menyebabkan nafsu makan menurun biasanya terjadi pada penyakit-penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Sistem pencernaan mulai dari mulut sampai dengan anus. Gangguan pada rongga mulut dan gigi kucing atau adanya benda asing yang tertelan juga dapat menyebabkan kucing tidak mau makan. Kemudian radang lambung atau gastritis, enteritis, pankreatitis, konstipasi usus dan penyakit saluran pencernaan lainnya juga penyebab kucing tidak mau makan. Disamping itu penyakit metabolisme dan penyakit ginjal ( nefritis intertitialis kronis atau akut, medulo nefritis) juga bisa menyebabkan kucing tidak mau makan.

Perubahan Makanan Kucing
Perubahan menu makanan kucing sering menjadi penyebab nafsu makan menurun. Kucing lain dengan manusia yang sering gonta-ganti makanan. Kebanyakan hewan 9termasuk kucing) jika makanannya di ganti menyebabkan hewan tersebut beradaptasi dan mencoba untuk mengenal kembali makanan yang baru, bahkan terkadang hewan tersebut tidak mau makan sama sekali dengan makanan baru yang kita berikan. Jika kita bermaksud menganti makanan kucing dengan menu yang baru dan memperkecil resiko kucing tidak mau makan, maka lakukanlah secara bertahap dengan mencampur menu yang lama dengan yang baru dengan perbandingan 8 : 2, satu atau dua minggu kemudian diturunkan lagi 6 : 4, kemudian diturunkan lagi 4 : 6, lakukan penurunan perbandingan menu makanan yang lama dengan yang baru secara bertahap sampai seluruh makanannya tergantikan dengan menu makanan yang baru.

Defisensi Vitamin.
Dalam sehari-hari kucing pun membutuhkan vitamin dan mineral untuk kelangsungan hidupnya. Kekurangan vitamin  B1-B6-B12 ( B-komplek) pada kucing dapat menyebabkan nafsu makan menurun. Vitamin B1 berfungsi sebagai penambah nafsu makan, B6 berfungsi sebagai penambah sel darah merah dan B12 berguna untuk merawat syaraf, namun vitamin-vitamin tersebut bekerja sama secara sinergis dan saling mendukung.

Cacingan Pada Kucing
Pada banyak kasus cacingan di kucing terutama cacing oxyuris (kasus parah) menyebabkan nafsu makan pada kucing menjadi turun. Hal ini mungkin disebabkan adanya gangguan penyerapan nutrisi termasuk vitamin dan mineral oleh cacing pada usus kucing. 

Stres Pada Kucing
Stres pada kucing biasanya karena adanya perubahan suhu, perubahan lingkungan, mendapat perlakuan kasar dan faktor hormonal. Stres ini pun dapat memicu hilangnya nafsu makan pada kucing. Adanya tekanan tekanan tertentu menyebabkan syaraf pusat makan yang berada di Nukleus Lateral Hipotalamus menjadi terganggu.

Untuk mengobati hilangnya nafsu makan atau kucing tidak mau makan maka periksa dahulu secara detail penyebabnya. Tingkat kesembuhan dari kucing yang mengalami nafsu makan menurun tergantung pada jenis penyakit yang menyerang kucing serta daya tahan kucing tersebut, karena setiap kucing berbeda-beda.
Demikian artikel penyebab kucing tidak mau makan, semoga bermanfaat





73 komentar:

  1. apabila kucing memakan benda asing misalnya kain, trus menyumbat pencernaan, apa yg harus dilakukan supaya benda asing itu bisa keluar??
    #andy

    ReplyDelete
  2. Kasihan sekali kucing tersebut, jika itu terjadi maka jalan satu-satunya adalah pembedahan (operasi), sepertinya tidak ada jalan lain lagi. Hubungi dokter hewan terdekat untuk melakukan operasi tsb... sebelum bertambah fatal penyumbatannya.
    Demikian semoga dpt membantu.

    ReplyDelete
  3. truzz cara agar kucing mau makan lagi gimana ?????

    ReplyDelete
  4. Agar kucing mau makan lagi maka yg harus dilakukan adalah mengobati penyebab utamanya. Jika karena adanya benda asing tsb maka benda tsb harus diambil via operasi, jika karena faktor cacing maka pemberian obat cacing akan membantu memulihkan nafsu makannya, jika karena difisiensi vitamin B-komplek maka suntikan vitamin B-komplek, jika karena adanya pergantian pakan maka gunakan tehnik pencampuran pakan yg baru dengan yg lama dengan komposisi. Contohnya seperti itu... untuk itu diperlukan diagnosa yg tepat.

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya.
    Sudah beberapa minggu ini kucing saya mendadak tidak doyan makan dan berat tubuhnya menurun drastis. Kira-kira vitamin yang cocok apa ya? Mungkin ada rekomendasi tempat untuk membelinya juga di daerah jakarta. Trims.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih kembali saudara said,..
    Semua hewan (kucing,anjing,sapi, monyet dll) termasuk manusia kekurangan vitamin B1 akan menyebabkan nafsu makan menurun, namun pada prakteknya Vitamin B1 dalam sediaan obat sering digabungkan dengan vitamin B6 dan B12. Kombinasi ini sering disebut Vitamin B-Komplek, hal ini digabungkan oleh perusahaan pembuat obat dimaksudkan untuk saling mendukung akibat devisiensi vitamin B. Sebagai ilustrasi :kekurangan Vit B12 akan mengakibatkan anemia sehingga apabila vitamin B1 cukup namun pembawa sari2 makan yg ada didarah kurang maka nafsu makan juga akan menurun. Demikian juga dengan Vit. B6. Termasuk adanya parasit terutama cacing di usus pun akan menyebabkan nafsu makan menurun, akibat adanya hambatan penyerapan vitamin B komplek oleh cacing tsb di usus.
    Langkah yg paling paling tepat adalah pemberian obat cacing terutama golongan albendazol via oral plus injeksi vitamin B Komplek.
    Mohon maaf, mengenai rekomendasi tempat... saya bukanlah penduduk jakarta jadi saya tidak mengetahui tempat2 penjual obat cacing + vitamin tsb. Namun jika anda berkenan akan saya kirim alamat kolega saya yg praktek di jakarta, supaya anda bisa konsultasi langsung 4 mata. Silahkan kirim e-mail anda ke e-mail saya wulantoburhan@yahoo.co.id, demikian semoga ini dapat membantu, terimakasih.

    ReplyDelete
  7. selamat siang, sy punya anak kucing. umurnya kira2 baru 2-3 blnn, sy temukan dia d_dpn rumah sendirian, induknya terlindas kendaraan, krn kasian sy bawa kerumah. dia lucu, sehat, bersih. awal datang dia sll mencari susu induknya, tp sy bingung, akhirnya sy beri makannn nasi pake ikan pindang, alhamdullilah dia mau,., keadaannya terus sehat kira2 selama 2 mingguan, tp sdh 2 hr ini dia tdk mau mkan & minum, sy harus bagaimana, sy takut sekali. apa boleh diberi susu "dancow"? sy sedih, krn bdannya mulai kurus, tp masih tetap aktif, trus, "pup"nya berwarna merah, seperti drah,., sy panik, sy hrs bagaimana ya? apkh ada yg slah dgn makannnya??
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melihat sejarah dan gejala klinisnya, kemungkinan besar kucing anda mengalami enteritis. Enteritis adalah radang pada saluran pencernaan. Radang ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, parasit ataupun kesalahan makanan. Kemampuan usus kucing seusia tersebut untuk mencerna makanan terlalu berat jadi harus diimbangi/diselingi nutrisi dari yang lain seperti susu misalnya.
      Nah, untuk mengobatinya maka langkah awal adalah ganti makanannya dengan makanan yang bebas duri, bisa mengunakan daging ayam yang direbus atau anda bisa beli makanan siap saji untuk kucing seumuran tsb di petshop terdekat.
      Langkah kedua, jika kucing tsb suka susu berilah secukupnya untuk menganti nutrisi sementara, jika menimbulkan diare maka hentikan pemberian susu tsb. Gantilah dengan larutan infus dektrose, berikan lewat mulut.
      Langkah ketiga, carilah obat yang mengandung sulfaqunoxaline, atau amproprim, atau oxytetracycline, atau jika gak ketemu maka segeralah ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pengobatan.
      Demikian semoga dapat membantu. terimakasih.

      Delete
  8. selamat pagi... kucing saya berumur kira2 3-4 bulan, kucing liar yg saya pelihara karena induknya melahirkan dirumah saya.

    sudah3-4hari ini gak doyan makan, badannya menjadi kurus, dan pagi ini muntah2. apa yg harus saya lakukan, dan harus diberi obat apa. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muntah pada kucing merupakan adanya indikasi infeksi saluran pencernaan terutama daerah lambung. Dalam bahasa kedokteran adalah Gastritis ( Radang Lambung), Gastritis ini bisa merupakan gejala klinik dari penyakit seperti panleukopenia, infeksi bakteri atau hanya kesalahan dari pemberian makan contohnya mungkin ada benda-benda asing yg dapat melukai lambung seperti tulang atau duri. Untuk mengatasi muntah akibat panleukopenia maka harus dilakukan oleh dokter hewan, karena ada pemasangan infus sebagai terapi suportnya. Namun jika disebabkan oleh bakteri maka pemberian obat antibiotik secara oral akan sangat membantu, contohnya amoxiline atau oxytetracycline.
      Hal yang paling membahayakan dari keadaan kucing itu adalah dehidrasinya, sehingga kucing akan nampak lemas. Agar nafsu makan meningkat lagi maka penyebabnya harus diobati dahulu. Itu yg dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat.

      Delete
    2. terimakasihhh...sangat bermanfaat... besok pagi aku coba kasih antibiotik... tadi pagi saking paniknya aku kasih oralit+norit... tapi belon ada perubahan...siang tadi ternyata kucing aku juga diare .. kalo bisa sekalian kasih tau berapa dosisnya..untuk kucing berumur kira2 3-4bulan

      Delete
    3. Kirimkan e-mail anda, nanti saya kirim pesan via e-mail mengenai dosis dan cara pembuatan suspensinya.

      Delete
  9. Tolongin dong dirumah aku ada kucing liar yg aku pelihara sejak lahir dan skrg usianya 2-3bln. Sudah 2 hari ini tidak mau makan, hanya diam dan tidur saja. Bangun kalau pup sama pipis aja. Pup jg agak mencret. Waktu itu juga terlihat seperti tersedak mau muntah tapi tidak keluar, dan itu cuma sekali saja. Kira2 sakit atau kenapa yah? Penyebabnya apa? Terus mengobatinya gimana? Tanpa harus ke dokter. Dan sekarang badannya mulai kurus. Kasihan :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kucing umur 2-3 bulan memang rentan dengan penyakit dan sebenarnya kondisi seperti itu harus dilakukan pemeriksaan secara detail mengenai gejala klinisnya, sehingga pengobatan akan efektif dan tidak meraba-raba. Tapi baiklah karena saya hanya mendengar cerita dan tidak bisa melihat langsung, maka diagnosanya pun mungkin tidaklah akurat benar.
      Biasanya penyakit seperti itu adalah adanya infeksi pencernaan. Infeksi pencernaan ini bisa karena parasit (contoh:cacing dsbnya), bakteri, protozoa, maupun virus. Nah untuk menentukan salah satu diantara penyebab infeksi tersebut dibutuhkan keahlian tersendiri, yaitu dengan melihat secara langsung gejala klinisnya jika perlu uji lab. Dalam mendiagnosa, Dokter Hewan membutuhkan signalement, status present, gejala klinik, diagnosa banding serta uji lab (untuk uji ini dilakukan jika tidak ada gejala yg patognomonis yg menciri penyakit tertentu, atau sekedar untuk peneguhan diagnosanya).
      Karena penyebab infeksi pencernaan pada kucing banyak sekali, maka yg bisa saya sarankan yaitu : langkah pertama, pemberian obat cacing dengan mengunakan spektrum luas seperti albendazole. Langkah kedua, berilah antibiotik yang bekerja untuk daerah pencernaan, seperti flumequin, oxytetracikline dll. Langkah selanjutnya adalah pemberian suport terapi dengan mengunakan ruborantia.
      Itu yang dapat saya jelaskan semoga bermanfaat.

      Delete
  10. kucing saya berumur 2-3 bulanan awalnya sih kucing saya nafsu makannya baik-baik saja dok,setelah saya mengadopsi kucing lagi nafsu makannya menurun dan sudah 3hari ini kucing saya tidak doyan makan sama sekali gimana ya cara nyembuhinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya hampir sama dengan yang diatas (sdr.ade choirudin), perlu diketahui bahwa eosinofil dalam tubuh kucing umur 2-3 bulan masih rendah sehingga kemungkinan terserang cacingan sangat tinggi, seperti diketahui bahwa eosinofil berguna untuk daya tahan terhadap parasit cacing pada tubuh hewan termasuk kucing. Walaupun demikian, ada kemungkinan lain yang menyebabkan nafsu makan menurun, seperti infeksi saluran pencernaan atau kurangnya vitamin B-klomplek dalam darah akibat adanya gangguan penyerapan vitamin tersebut atau kwalitas makanan yang kurang vitamin B-Kompleknya.
      Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
  11. Mau tanya donk, kucingku mendadak gak mau jalan" maunya cuma tidur doank. Kira" knp ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, gejala yang lain bagaimana? seperti nafsu makan, minum, suhu tubuh (demam /tidak), muntah/tidak, diare/tidak, daerah kaki baik dipersendian ataupun di kuku ada yang sakit tidak? jika tidak ada keluhan diatas maka hanya masalah kekurangan vitamin saja namun jangan lupa untuk pemberian obat cacing juga secara rutin 2 bulan sekali. Karena cacing didalam tubuh bisa menghambat absorbsi vitamin di usus kucing.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Delete
  12. mo nanya, disekitar mulut kucing saya ada lendir bewarna hitam dan membuat ia sulit membuka mulutnya, dan semua itu membuatnya tidak mau makan & minum.. apakah yg mmbuat itu terjadi, apa obat dan bagaimana memberikan obat tsb padanya? (dtmpat saya tidak ada dokter hewan yg mmbuat saya bingung bagaimana mencari solusinya) jawaban nya sangat berarti bagi saya.. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pro adhar pio,
      Selamat malam,... dalam istilah kedokteran air liur yang berlebih bernama hipersalivasi, banyak sekali faktor penyebabnya bisa kerena sistem nervus (syaraf), bisa juga karena adanya infeksi pada rongga mulut ( radang gusi, lidah ataupun pada langit-langit mulut kucing) atau penyebab yang lain seperti sakit gigi dsbnya. Coba periksa daerah mulut dengan seksama dengan cara dibuka mulutnya dan perhatikan daerah yang bengkak. Periksa juga daerah rahang bawah (disitu ada kelenjar pertahanan) bengkak atau tidak. Jika bengkak berarti adanya peradangan di rongga mulut. Untuk pengobatannya harus via injeksi dan ini harus dilakukan oleh dokter hewan untuk menentukan dosis dan jenis obatnya. Sekarang ini banyak kog dokter hewan didaerah-daerah. Jika tidak ada cobalah anda ke Dinas/Instansi Pemerintah Daerah yang menangani masalah peternakan, biasanya disana ada PUSKESWAN (Pusat Kesehatan Hewan) daerah disitu pasti ada dokter hewannya. Setiap Kabupaten/Kota di Indonesia pasti ada Puskeswan. Demikian yg bisa saya informasikan semoga dapat membantu.

      Delete
  13. selamat malam..
    saya punya kucing umurnya kira2 3-4 bulan. udah 2 hari ini dia gak mau makan, diare serta nafas dan telapak tangannya panas..
    ada saran? apa yg harus saya lakukan?
    terima kasih

    ReplyDelete
  14. kucing aku matanya berdarah, karena berkelahi... umurnya sekitar 6 bulan... kedua matanya belekan... setiap kali dibersihin masih mengeluarkan darah...gak mau makan, minumpun sedikit...
    oh iyha, dan gak mau bersuara.. apa yg harus saya lakukan...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. (mohon maaf, lama gak buka blog dan komentar)
      Lebih baik di bawa ke dokter hewan terdekat, karena setiap kucing yang habis berkelahi memiliki resiko yang besar dari pada kucing tsb tidak mau makan. Mengapa? karena bahaya dari berkelahi adalah penularan berbagai jenis penyakit, yang paling berbahaya adalah penyakit rabies. Penyakit ini sumber penularan utamanya adalah melalui gigitan dari HPR (Hewan Penular Rabies)ke hewan lain. Kita tidak pernah tahu bagaimana derajat kesehatan dari lawan berkelahi dari kucing kita, apakah sudah bebas dari rabies atau belum. Sehingga ini yang menjadi dasar setiap kucing yang berkelahi harus segera dibawa ke dokter hewan terdekat untuk penanganan lebih lanjut agar tidak berbahaya bagi si kucing dan pemiliknya.
      Demikian, semoga bermanfaat. trims ya...

      Delete
  15. sy punya 1 ank kucing berumur 43 hr. sebnrY dia punya 2 saudara, tp yg 1 mati krn tertindih indukY, yg 1 mati sakit( sy tdk tau knp, tiba tdk mau mkan/ nyusu sama sekali)
    nah! semenjak itu susu indukY mulai mengeras, lalu sdh tdk ada susuY sama sekali ( putingY mulai mengecil) krn sy kawatir dgn anak kucingY tdk bs makan, sya beri susu bubuk yg encer 1x sehri, krn dia peln2 mulai mau mkan daging ayam yg sdh dimsak dgn bumbu, kira2 umur segitu sdh bolh mkan nasi dgn pindang?
    kQ perutY gendhut, tp bdanY tdk gendhut? selma ini tdk ada mslh dgn BAB`Y,.,.
    mohon penjelasnY,. trima kasih,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebutuhan Proteinnya kurang, sehinga perutnya aja yang gendut sedangkan badannya tidak. Susu mengandung protein yang tinggi dan mudah dicerna... sehingga jika anak kucing yg diberi susu (susu apa aja, namun lebih baik susu bubuk)dengan anak kucing yang tidak diberi susu akan terlihat perkembangan tubuhnya. Selain itu susu juga berfungsi sebagai energi tubuh anak kucing dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

      Delete
  16. anak kucing berumur43hr apakh sdh boleh mkan nasi dgn ikan pindang? krn ASI induky sdh tdk kluar, bgaimana dgn susuY, susu apa yg aman utk ank kucing? terima ksh,.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, tapi jangan banyak-banyak.... diutamakan susu ya.. lebih baik susu bubuk yang biasa digunakan untuk anak-anak... namun hati-hati, harus segera habis susunya karena jika sudah diencerkan dan tidak segera habis, akan cepat menjadi basi serta bisa menyebabkan mencret pada anak kucing anda. Lebih baik buatkan susu sedikit-sedikit tapi sering dalam satu harinya.

      Delete
  17. Selamat malam.saya baru punya kucing seumuran 3 bulan.krn bru dpt sya check kesehatanya kedoktor hewan.ktane dy cnderung kena cacing..trus akhir'e dy dsuntik u/ obatnya..tpi stelah itu saya lihat nfsu mkanny mlah brkurang dn 'pup' ny ada cacing ny..mohon solusiny,khawatir . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam... cacingnya keluar ya...itu bagus..., berarti sekarang tubuh kucing anda sudah bebas dari cacing. kucing dibawah umur 1 tahun memang sering menderita cacing, karena eosinofilnya masih sedikit sehingga parasit cacing mudah berkemabang biak di tubuh kucing.
      Nafsu makan berkurang karena faktor stess aja, akibat suntikan tersebut... gak apa2 itu, nanti juga nafsu makannya akan bertambah. Jangan khawatir ya...

      Delete
  18. slamat siang, maaf sy mau bertanya lg, sy punya kucing, hmm kira2 umurY 1,5 th. bdanY gemuk, sehat, lincah, paling aktif diantara kucing sy yg lain. Tp kok tiba2 dia tdk mau mkan ini sdh hr ke3 dia susah mkan, sekalinya mkan cm sedikit. Dia pling suka susu, tp sy kasih susu jg sm sj, diminum cm sedikit, sy kwatir sekli, bdany mulai kurus. bdanY agak panas.
    terakhir sy tau dia sring bertemu kucing asing yg sering dtang kerumah ( naksir adekY) kalau bertemu mreka psti brtengkar. nah! sejak itu dia mulai mlas mkan. kira2 dia knp ? sy hrs beri dia vitamin? sy hrs ngapain, sy bingung.
    Terima kasih bnyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang juga...., begini pak/bu, adanya demam pada kucing mengindikasikan adanya infeksi bakteri, sehingga mempengaruhi dan menurunkan nafsu makan pada kucing anda. Walaupun diberi makanan dan susu kesukaannya sekalipun, dia tidak akan mau....kira-kira hampir sama jika kita sakit. Gak enak makan juga kan?
      Untuk memulihkan nafsu makannya maka yang perlu dilakukan adalah pemberian amoxilline 500 dengan dosis 1/20 ( digerus dan encerkan ya.. gunakan spuit syringe tanpa jarum untuk memasukan kedalam mulut kucing), berikan pagi dan sore hari. Berikan paling lama 5 hari berturut-turut. Kemudian pemberian vitamin B-Komplek juga sangat disarankan.
      Jika tidak ada diare, pemberian susu bisa terus diberikan, namun jika diare stop dulu ya....

      Delete
  19. selamat malam...

    Saya bingung, gimana cara mengeluarkan duri ikan dari mulut kucing saya ?

    Di daerah saya tidak ada dokter hewan ?

    Saya kasian sekali melihat kucing saya, mohon bantuannya

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kucing anda mudah di handle dan sangat jinak, maka lakukan hal berikut. Pertama buka mulut kucing dengan cara menekan rahang dari sebelah bawah, setelah di mulut kucing terbuka ambil duri yang ada dimulut kucing dengan mengunakan pinset. (hati-hati terhadap kuku kucing, karena bisa saja dia mencakar anda)
      Tapi jika kucing terlalu agresif, maka jalan satu-satunya untuk memudahkan pembukaan mulut kucing adalah pambiusan dengan xylazin dan ketamin. Ini dilakukan agar tidak ada resiko pada saat pengambilan duri tersebut.

      Delete
  20. salam
    mau tanya,,,,kucing saya ni beneran sakit.....gak tau dh harus gmn
    dia dah hampir beberapa hari ni gak mau makan....
    awalnya dia emang sedang mengandung,,,,,lalau tiba2 aja gak mau makan,,,
    dan kemarin malam,,,,tiba2 dia melahirkan anaknya blm pada waktunya,,,
    darah berikut cairan dmn2...
    anaknya mati semua,,,,karena memang blm jadi anak,,,,(blm berbentuk)
    sekarang dia hanya tidur2an dan berpindah2 tidurannya....dan setiap itu ada darah yang keluar dari lubang belakangnya,,,,setiap itu pun saya bersihkan....
    dan tetap dia blm mau makan....
    kira2 knp kucing saya ini dan bagaimana penanggulangannya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darah itu akibat rahim kucing yang masih kotor dan belum bersih semua akibat keguguran tersebut, untuk itu perlu di flusing / digelontor. Untuk penanggulangannya silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul "Penanganan Keguguran Pada Kucing".
      Terimakasih, semoga bermanfaat.

      Delete
  21. kucing saya engak mau makan udah dua hari ini terus gmna cara mengatasinya? padahal makanannya enggak perna ganti-ganti??
    mohon sarannya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba periksa keadaan mulut dan gigi, keadaan tinjanya, kemudian kucing muntah atau tidak, demam tidak dsb. Ada banyak penyebab kucing tidak mau makan.
      Untuk langkah pertama berikan obat cacing terlebih dahulu. Namun jika tetap tidak mau makan, maka kemungkinan besar adalah adanya infeksi di saluran pencernaannya.
      Kami menyediakan diagnosa penyakit hewan online yang berada di menu atas, silahkan isi gejala klinis penyakit kucing anda dengan detail, lengkap dan benar. Jawaban akan kami kirim ke e mail anda.
      Terimakasih, semoga ini dapat membantu.

      Delete
  22. Salam,kucing saya sdah 3 hari ini tidak mau makan dan minum,dia lebih banyak tidur,,selain itu suaranya juga serak,,kira kira obatnya apa ya?karena didesa saya tidak ada dokter hewan,,trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengetahui diagnosanya maka kita harus tahu gejala klinik yang lain selain tidak mau makan dan minum tersebut, ini untuk penentuan obatnya . Silahkan kirimkan gejala kliniknya di Diagnosa Online ya... Insya Allah saya bantu. Yg penting alamat E-mail nya benar dan jelas. Jika tidak jelas maka jawabanpun tidak akan sampai.

      Delete
  23. Kucing saya sudah 1 minggu lebih ga mau makan, N kotorannya jg encer sperti air untungnya ga berdarah sampai dia lemes ga aktif lagi maux tidur terus... padahal makanannya tidak pernah ganti2... tolong beri tau obat apa yg diperlukan kucing saya itu? Dan terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu penyakit Enteritis atau radang usus. Pengunaan antibiotika yang bekerja di saluran cerna sangat dianjurkan. Seperti sulfa group, oxytertaciclin, dsbnya.
      Untuk pencegahan agar menjaga hygenitas makanan, susu stop dahulu.

      Delete
  24. kucing ku usia nya bru 4 bulan. udah 3 hari ini dy gk mau makan. awalnya dy muntah/batuk (gk ngerti juga) cairan warna kuning dengan konsistensi kenyal. tapi dari muntahan nya itu gk ada sisa2 makanan. trus kuciing ku itu sempat BAB cair. klo menu makanan nya selama ini gk pernah ganti-ganti kok. kira2 kucing ku kenapa y? mohon infonya! Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama penyakit tersebut gastritis..., kog pakai namanya anonim... malu ya....hehehe...

      Delete
  25. Saya punya 4 ekor kitten, salah satu kitten saya tidak sengaja tertelan ujung karet pentil botol susunya. Saya perhatikan beberapa hari kemudian dia tetap sehat2 aja. Kemarin karena kehabisan stok makanan kitten (makanan instan basah), saya beli makanan basah untuk kucing dewasa. keempat kucing saya makan makanan itu, tapi pada malamnya semua muntah2. Pada pagi harinya saya ganti lagi pakai makanan kitten. Kucing saya yang lain jadi normal kembali, tapi yang satu justru jadi tidak nafsu makan dan lemas (kucing yang menelan karet pentil botol susu). Apa penyebab kucing saya yg 1 ekor jadi begitu (apa karena makanan kucing dewasa atau karena tertelan benda asing?apa yg harus saya lakukan untuk menolong kucing saya?kalau harus dioperasi mengeluarkan benda asing kira2 biayanya berapa ya? trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk operasi yang mahal adalah anastesinya atau obat biusnya... kira-kira biaya operasi kucing untuk masalah penyumbatan di lambung dan di usus 500 ribu rupiah.. itu belum termasuk perawatan pasca operasi.
      Sebenarnya kalau benda itu kecil, nanti akan keluar dengan sendirinya, yang berbahaya kan jika benda asing itu besar dan terjadi penyumbatan (obstruksi)di lambung atau diusus... Gini aja coba anda datang ke dokter hewan terdekat, minta diperiksa dengan teliti... mudah-mudahan penyembuhannya tidak dengan operasi.

      Delete
  26. Malam, ak mau tanya, kucing ku sakit, tapi ga tau skit ap, dia muntah seperti ludah, putih agak sedikit brbuih, lalu pup nya spti ada wijen/beras, dan kucing ku menyendiri, bahkan udh 3 hari tdk makn kcing ku, hnya minum itu jugaaa sdikit, penyakit apa ini? Daan. Bagaaiaamana menyembuhkan nya ? :( thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam juga, penyakit pada kucing anda menunjukkan adanya infeksi di saluran pencernaan. Infeksi Saluran pencernaan itu bisa di lambung ataupun di usus kecil / besar.
      Kondisi seperti itu menyebabkan kucing tidak mau makan, demam, lesu dan tidak bergairah.
      Infeksi saluran cerna pada kucing bisa disebabkan oleh virus, bakteri ataupun parasit. Untuk mengetahui jenis infeksinya maka yang harus dilakukan adalah pemeriksaan mendalam oleh dokter hewan, baik itu pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan darah, serum, dan feses / kotoran kucing melalui laboratorium sebagai pendukung diagnosa.
      Jika penyebab utamanya adalah parasit ( cacing misalnya) maka untuk menghentikannya harus menggunakan obat cacing, namun jika sudah terjadi infeksi sekunder oleh bakteri maka pengobatannya harus menggunakan antibiotik. Sedangkan untuk pengobatan karena virus maka prinsip pengobatannya adalah meningkatkan stamina kucing dengan obat suport terapi, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi dokter hewan terdekat.
      Namun untuk pengobatan awal anda bisa mengunakan atau menerapkan :
      1. Pemberian obat renitidin
      2. Pemberian sulfadiazine atau bisa juga mengunakan amoxicillin sirup 0,5 ml tiga kali sehari
      3. Pemberian obat cacing, bisa mengunakan albendazole, piperazine atau mebendazole.

      mungkin itu yang bisa kami jelaskan semoga dapat membantu, trims.

      Delete
  27. Permisi sy mau tanya. Sekitar 2 minggu yg lalu kata dokter kucing sy sakit radang gusi( kata dokter dikarenankan cuaca yg berubah trs) lalu diberi obat oleh dokternya dn sudah disuntik. Sempat sembuh 2 hari dia bisa makan. Dan saya kurang tau persis, kata keluarga dia sempat berbagi makanan dengan kucing sy yang satu lagi dan yang sakit ini makan bagian ekor ikan. Besoknya kok tiba2 dia gak mau mkn sampai sekarang(kira2 sudah 5-6 hari) lalu sy telateni dgn minum sisa obat yg diberikan dokternya dn suapan kuning telur+air gula(saran dr dokternya). Lalu karena nafasnya berat mirip orang asma,sy bawa lg ke dktr yg berbeda dn katanya dia hny dehidrasi dn tidak ada penyakit apa2. Dia sempat diberi infus untuk cairan ditubuh dn disarankan memang untuk trs coba mkn kuning telur+madu+air gula. Kira2 apa kucing dg kondisi seperti ini bisa dikatakan sakit atau tdk? Dn bagaimana solusi selanjutnya. Saya kasian kalau liat dia bernafas, keliatan berat bgt.
    Trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diagnosa itu berdasarkan dari gejala klinis, mungkin pada saat di bawa ke dokter hewan yang ke dua, kucing anda menunjukkan gejala dehidrasi namun tidak menunjukan peningkatan suhu tubuh sehingga drh tersebut mengatakan tidak ada penyakit apa2. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apa penyebab dehidrasi itu ..? atau Mengapa kucing kekurangan cairan, apakah dehidrasi itu akibat kucing tidak mau makan dan minum, jika penyebabnya maka sekarang adalah cari penyebab mengapa kucing tidak mau makan dan minum...? Mengapa nafas kucing menjadi berat..? pertanyaan itu yang harus dicari penyebabnya, sehingga pengobatannya bisa tepat.

      Untuk telur, madu dan air gula adalah bahan makanan yang mengandung sumber energi sedangankan telur sumber protein yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai penganti akibat kucing tidak mau makan... dan menurut saya, itu perlu dilanjutkan.

      Mengenai sesak nafas, perlu dipertimbangkan pemakaian antihistamin, analgesik, antiradang seperti dexametason karena ada kemungkinan adanya alergi terhadap zat atau bahan makanan tertentu yang menyebabkan adanya penyempitan pada saluran pernafasan dan bisa juga menyebabkan kucing tidak mau makan, disamping itu pemberian antibiotik juga perlu diterapkan untuk pencegahan infeksi sekunder oleh bakteri.
      Namun sebelum itu dilakukan, coba anda konsultasikan lagi dg dokter hewan anda dan tanyalah sedetail mungkin tentang penyakit pada kucing anda ini.
      Saran saya adalah cari penyebab penyakitnya.
      Mungkin itu yang bisa kami jelaskan semoga ini dapat membantu. trims.

      Delete
  28. salam..
    Q mau tanya dong, dok..
    Kmarin kucing q ngelahirin yg ke2, dgn jarak antra kelahiran yg sblm na 6 bln..
    Wktu ngelahirin anak yg ke4, q tinggal sbntar, & trnyta dia nyariin q dgn anak yg masi menggantung di kelamin na. Q bawa dia tduran lg, q elus2 smpe dia ngeluarin plasenta, tp yg trakhr ni rada susah & g cpot2 gtu. Dia kan ngedenin trus tuh. Trus pas q lyat koo bntuk na beda & lbh gede dr sblm na. Q pegang pke kain brsih & q coba cpot & trnyta plasenta na udh kluar smua, & yg bentuk na beda td itu trnyta mulut rahim kucing q yg kluar dr kelamin na, panjang yg keluar kira2 1 ruas jari jempol org dewasa. Q nangis, bingung mesti gmn kalo kucing. Akhrna q masukin pelan2 & q tahan mpe bbrp jam. Takut keluar lg. Trus q tngguin dy, smbil q elus2 trus. Alhamdulillah dia bsa tdur smpe pg & g keluar lg dok. Tp smpe skrng kelamin na bengkak & masi aj ngeluarin darah, tp sedikit. Q hrus gmn yaa, & klo ad obat yg hrs q kasi, ap obat na dok,,?
    Makasi yaa dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus penyakit itu disebut prolapsus uteri, memang penanganannya adalah dimasukkan lagi, tapi sebelum itu dibersihkan dengan rivanol agar tidak ada kuman yang ikut masuk, jika uterusnya masih keluar maka yang harus dilakukan adalah penjahitan. Setelah uterus di reposisi ke dalam rahim, langkah selanjutnya adalah memasukkan antibiotik kedalam rahim kucing tersebut agar tidak ada infeksi.
      Kemudian mengenai darah, itu hal yang wajar, nanti juga akan berhenti dengan sendirinya. Yang terpenting adalah mempercepat pemulihan tenaga induk kucing pasca melahirkan dengan memberikan makanan yang berkwalitas.
      Mungkin itu yang bisa kami jelaskan, semoga dapat membantu.

      Delete
  29. dok saya mw nny dok, kucing saya umur 3 bln gk mw mkn mlu dari kmaren, tapi agak aktif dikit, tapi klama lamaan dy agak lemes, udh saya kasih susu kentel, sarden, ayam smua nya dia gk mau. tp dia mau minum air putih. trs pas saya kasih makan paksa krna sy takut di engga makan mulu dan takut nya mati. ps dia mengunyah kaya ada suara kkreekk kkreekk di gigi nya. pas saya lihat rahang nya agak beda dengan kucing saya yang satu umur 1 thn lebih memang agak sedikit berbeda rahang nya di belakang nya agak bengkak di badgian gusi nya. sedangkan kucing saya 1 nya luru rahang blakang nya. pup nya mencret. tp udh saya kasih susu kentel tapi dia muntah dok, sya bingung hrs ngasih mkanan apa. sya kasih vit C, obat cacing untuk manusia apakah aman?? saya bingung apakah dia kena cacingan atau karna gusi nya. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing anda tersebut mengalami radang gusi, untuk pengobatannya maka perlu pengunaan antibiotik via injeksi serta pemberian analgesik seperti glukortin.
      Mohon jangan diberi vitamin C dalam bentuk tunggal dan dalam waktu yg lama, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan dalam lambung kucing.
      Mungkin itu yang bisa kami jelaskan, semoga dapat membantu. Terimakasih.

      Delete
  30. Pagi dok.
    Saya punya kucing umur 2 tahun. Waktu itu dia sedang hamil 1,5 bulan, awalnya dia baikbaik saja. Sampai akhirnya suatu hari ia muntah sampai 8x berwarna putih seperti ludah manusia. Sudah dibawa kedokter dan disuntik. Ini sudah 5hari namun ia masih tidak mau makan sama sekali. Badannya skrg kurus dan lemas. Apalagi yg bisa saya lakukan dok? Sehari 2x saya suapi makanan + obat kapsul pemberian dokter hewan dkt rumah. Terima kasih. Tolong direspon asap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi juga...
      Mba' Kireina... seharusnya dengan waktu 5 hari kucing anda sudah sembuh. Namun jika belum maka anda harus tahu dahulu penyebab muntah dan tidak mau makan pada kucing anda itu apa, apakah karena virus atau bakteri atau penyebab yg lain...??, baru kita tahu pengobatannya. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan uji sel dan kimia darah. Mohon diperiksakan pada dokter hewan tersebut atau dokter hewan yg lain.
      Dan untuk sementara, pertolongan yg harus dilakukan sesegera mungkin adalah pemberian infus dextrose dan lactat ringer (tergantung kondisi), hal ini berguna untuk menganti energi dan cairan dalam tubuh kucing yang hilang akibat muntah dan tidak mau makan selama 5 hari tsb.
      Mungkin itu yg bisa dijelaskan semoga dapat membantu, terimakasih.

      Delete
  31. Slamat siang dok..saya mau tanya..kucing saya umurnya 2 bulanan..2 hari yg lalu ga tau knapa tiba2 kakinya luka di bagian sela2 jarinya...malem itu lukanya hanya kecil dan berdarah sedikit, tapi besok paginya lukanya membesar spt lobang dan berair. Sejak itu nafsu makannya menurun drastis..beratnya dr 550 gram menjadi 482 gram..dan dia jd pendiam...kira2 kenapa lukanya membesar dok? Dan untuk pertolongan dirumah sblm dibawa ke drh, kira2 apa yg harus saya lakukan untuk mengobati lukanya dok? trimakasih sebelumnya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luka yg berlubang pada sela kaki itu dimungkinkan karena adanya garukan dengan mengunakan kuku yg tajam. Hal ini akibat dari rasa gatal yg angat sangat. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh jenis tungau.
      Untuk mengobati hal tersebut maka ada 2 pekerjaan yg harus dilakukan yaitu :
      1. Pemberian obat anti tungau, bisa menggunakan asumtol atau bisa juga mengunakan ivermectine.
      2. Pengobatan luka dengan mengunakan PK (Kalium Permanganat), cuci luka tersebut dengan larutan PK. Hati-hati ini akan sangat perih.

      Akan tetapi lebih baik segera di bawa ke dokter hewan terdekat agar segera di obati.

      Delete
  32. dok mau tanya, kucing saya umur sekitar 6 bulanan. sama sekali gak mau makan ,mata nya sayu, lalu lebih sering tidur dgn posisi duduk, tapi masih lincah. kira kira itu kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda berikan dahulu obat cacing, umur kucing 6 bulan sangat rentan terhadap cacing, dan itu juga sangat berpengaruh terhadap nafsu makan kucing. Kucing yang cacingan biasanya nafsu makan menurun akibat adanya hambatan vitamin B di usus.

      Delete
  33. Thx ya dok..kucing saya lukanya sudah sembuh...sekarang giliran sodaranya nie dok, td saya liat ada benjolan ukurannya sdkt lebih kecil dr biji salak di bawah paha dan aga sedikit kenyal..dan di benjolannya ada sedikit luka yg terbuka dan seperti berair..itu kenapa ya dok? Apa mungkin kena bisul? Ciri2 kucing bisul itu spt apa ya dok? Trimakasih banyak ya dok.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bawah paha..? gambaranya kurang jelas, bawah paha itu ada kelenjar pertahanan /lgl/ limphoglandula. Lgl itu akan membengkak jika di daerah tersebut ada infeksi, Pengobatannya ya disembuhkan dahulu infeksinya.
      Namun bisa juga itu bisul. Jika itu bisul maka pemberian ictiol sangat disarankan.

      Delete
  34. Siang dok,mhn bantuannya..
    Hampir 2minggu kucing sy makannya sedikit,tp pup normal dan dia masih aktif+bawel kayak biasanya.selama itu sy kasih dia telor+madu pengganti makannya yang sedikit..
    4hari yg lalu akhirnya sy bawa dia ke drh karena kondisinya semakin lemas.menurut drh itu kucing sy demam,makanya gak mau makan.kucing sy disuntik dan diberi obat lytamin dan omemox amoxicilin.untuk makanan masih sy kasih telor+madu ditambah makanan a/d..
    Tapi sampai sekarang knp kondisinya belum membaik ya??masih tetap lemas,masih blm mau makan..
    Kucing sy knp ya dok??
    Tlg dijawab,thx..
    Oiya,satu lg,pemberian propolis bisa membantu gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing anda lemas karena asupan energi atau tenaganya kurang, kemungkinan besar adanya hambatan pada penyerapan vitamin B-Komplek ( B1, B6 dan B12) sehingga nafsu makannya menurun. Hambatan tersebut bisa karena gangguan pada alat pencernaannya, bisa karena bakteri ataupun parasit (parasit itu bisa karena adanya cacing).
      Untuk itu untuk mengatasi masalah nafsu makan pada kucing anda sudah maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu :
      1. Antibiotik yang diberikan oleh dokter hewan tsb, terus dilanjutkan.
      2. Pemberian vitamin B-Komplek sangat dianjurkan.
      3. Pemberian obat cacing juga sangat disarankan.
      4. Madu dan telur serta susu juga tetap diberikan.
      5. Coba ganti makanan dengan makanan yang disukai oleh kucing anda, bisa mengunakan metode coba-coba / try and error.
      Mudah-mudahan dengan cara tersebut diatas bisa membantu.

      Delete
    2. Mau tanya lagi dok..
      Untuk dosis obat cacing dan vitamin b-komplek perhari berapa ya??
      Kucing sy umur 1 tahun 3 bulan, berat sekitar 3kg..
      Terima kasih..

      Delete
    3. Untuk obat cacing dengan kandungan obat albendazole 100 mg dapat anda gunakan dosis 0,3 ml. Kemudian untuk vitamin B komplek (dengan kandungan vit. B1 10 mg, vit. B6 5 mg dan vit. B 12 20 mg)dapat diberikan 0,5 ml.

      Delete
    4. Oke..
      Terima kasih banyak dok..
      Semoga sukses..

      Delete
  35. malam dok.. mohon bantuannya..
    kucing saya baru berumur sekitar 7 bulanan.. 2 minggu yang lalu, kucing saya itu bersin2 dan ingusan.. sampai2 ingusnya itu berwarna keabu-abuan dan sesekali berdarah.. awalnya dia mau makan, tapi akhir2 ini udah gak mau makan lagi,cuma minum aja dan sekarang badannya itu udah sangat kurus..ada yang bilang, kalau kucing saya itu mungkin memakan sejenis belalang yang diperutnya itu ada parasit berwarna hitam dan keras seperti kawat.. parasit yg biasa menyebabkan sapi kurus.. saya gak tau lagi harus gimana dok.. kira2 kucing saya tersebut kenapa ya dok? bagaimana cara obatinya? kalau dibawa ke dokter hewan, kira2 pengobatan dan biayanya kisaran berapa dok? karena pengeluaran saya sekarang besar dok.. kelinci saya juga mau disuntik scabis.. makasi atas bantuannya ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing anda mengalami infeksi pada saluran pernafasan, dan sudah menunjukkan adanya bakteri pada infeksi tersebut, karena dalam kondisi sakit.. tentunya nafsu makannya hilang alias tidak mau makan. Untuk mengatasi hal tersebut maka pengunaan antibiotik dan multivitmin sangat dianjurkan untuk pengobatan empiris. Untuk antibiotik yang bisa dipakai adalah eritromicin, spiramicin, tylosin atau antibiotik lain yang bekerja pada area pernafasan.
      Untuk biaya satu kali pengobatan berbeda-beda setiap dokter hewan, selama ini belum ada keseragaman untuk biaya tersebut. Untuk gambaran,..biaya pengobatan kucing yang mengalami penyakit tersebut berkisar 50.000 s/d 100.000, tergantung dari obat yang akan digunakan oleh dokter hewan anda.
      Mudah-mudahan ini dapat membantu. Trims.

      Delete
  36. mw tanya donk saia ada induk kucing umur 1tahun dah 2x melahirkan

    dia punya 4 anak

    setelah 2 hari anaknya lahir dia jadi pendiam total

    da semingguan lah anaknya lahir dia mendadah dak mw makan makanan bisannya

    sekarangpun saia gorengkan 3 ekor macam ikan juga dak mw makan

    gimana ya cara menanggulanginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing anda tidak mau makan bisa disebabkan karena :
      1. Adanya infeksi paska kelahiran di uterus / rahim, ini disebabkan karena proses persalinannya tidak bersih atau masih ada kotoran pada rahim kucing, sehingga bakteri masuk dan menginfeksi uterus kucing.
      2. Pada beberapa kasus, kondisi stress pasca kelahiran juga dapat mempengaruhi nafsu makan kucing sehingga kucing nampak tidak mau makan.

      Untuk mengatasi hal tersebut maka yang dilakukan adalah flusing yang menggunakan hormon PGF2 Alfa atau yang bisa disebut prostaglandin. Selain itu pemberian antibiotik via injeksi dan multivitamin sangat dianjurkan.

      Demikian semoga ini dapat membantu.

      Delete
  37. Malam..
    Saya mau konsultasi mengenai kucing saya.. Saya punya kucing umur 2tahunan,dia habis melahirkan anakny sktr 2bln yg lalu,tp sudah 2hr ini kucing saya tdk mau makan,pdhl makanan tdk dganti. Td saya perhatikan kakiny jg lemas smpe ga kuat utk jalan. Jd kucing saya hnya berbaring saja. Td dia mau makan sdkt n mnum air putih,tp saya khwatir akan tjd hal buruk krn bdnny kurus bgt hingga tulang perutny kliatan. Dia memang kurus dr dl cm skrg jauh lbh kurus. Apa mgkn kucing saya sdg hamil? Saya bingung. Mohon informasinya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lemas itu karena tidak ada energi yang berasal dari makanan, coba anda berikan obat cacing dan vitamin B Komplek dahulu, kalau bisa berikan madu.
      Sebenarnya untuk kondisi seperti itu harus dilakukan pemasangan infus dektros, untuk menganti nutrisi makanan kucing.
      Mudah-mudahan itu dapat membantu. trims.

      Delete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger